Inspirasi Tanpa Batas

Memahami Sejarah Untuk Mengetahui Betapa Pentingnya Sejarah Bagi Suatu Kehidupan

1 41

Konten Sponsor

Mengingat seluruh manusia yang ada dimuka bumi ini tidak akan pernah lepas dari sejarah, maka sangat perlu mengetahui tentang betapa pentingnya sejarah bagi suatu kehidupan. Pentingnya memahami sejarah bisa kita jumpai ketika telah memahami pengertian sejarah itu sendiri.

Pengertian Sejarah

1. Segi Etimologi

Dalam pengertian bahasa atau etimologi. Sejarah diambil dari kata bahasa arab yakni “Syajarotun” yang berarti pohon. Sebagaimana mestinya pohon, sejarah menyimpan makna suatu pertumbuhan. Pertumbuhan yang diawali oleh akar. Akar yang penulis ibaratkan sebagai masa lampau. Dimana dari akar, akan menghasilkan suatu kejadian atau peristiwa yang diibaratkan sebagai batang. Dari batang, akan menghasilkan sebuah presepsi atau pemikiran tentang baik dan buruk suatu peristiwa masa lampau, yang penulis ibaratkan sebagai buah. Dari buah yang disuguhkan melalui pohon tersebut, manusia layak memilih mana yang seharusnya dipetik dan dijadikan sebuah pelajaran untuk masa depan yang lebih baik.

Pendapat lain juga merujuk, bahwa sejarah dikatakan sebagai pohon, karena dahulu sejarah hanya mencakup sebuah pembahasan tentang asal-usul dan geneologi, atau bisa dikatakan sebagai nasab/keturunan. Dimana nasab tersebut, selalu diskemakan layaknya seperti pohon.

2. Segi termonologi

Sedangkan dalam segi termonologi atau istilah, sejarah dipenuhi pendapat dari beberapa pakar. Maka penulis hanya akan memberikan beberapa pandangan dari yang telah penulis temukan dalam buku Metodologi Penelitian sejarah. Diantaranya adalah :

  • Heredotus yang dikenal sebagai bapak sejarah menyatakan bahwa sejarah tidak berkembang kearah depan serta dengan tujuan yang pasti tetapi bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendagnya diakibatkan keadaan manusia, yaitu hibris arau cangkokan dan memesis atau peniruan. Segala peristiwa yang terjadi, menurut Herodotus dipengaruhi perbuatan dewa-dewa atau bergantung pada kemauan dewa-dewa.
  • Ibnu Khaldun dalam muqadimah mendefiniskan sejarah sebgai caatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia. Tentang perubahan yang terjadi dalam masyrakat saat itu.
  • Thomas Carlyle memberikan batasan sejarah sebagai peristiwa masa lalu yang menyangkut biografi orang-orang terkenal, penyelamat pada zamannya, penerangan tanpa bahan bakar di dalamnya. Sedangkan sejarah universal adalah sejarah tentang orang-orang yang ulung di dunia ini. Mereka adalah orang besar yang pernah dicatat sebagai peletak sejarah.

Pentingnya sejarah

Tidak lain bahwa sejarah sangat memberikan kita banyak pelajaran berharga. Kita dapat menempuh kehidupan masa depan yang baik, jika kita mampu mengambil hikmah dari apa yang telah terjadi dimasa lampau, baik kegagalan maupun keberhasilan. Jelas, nampak begitu penting sejarah bagi kehidupan kita.

Kenyataan bahwa sejarah sangat penting dipelajari adalah penulisan sejarah atau historiografi sudah ada sejak masa Yunani Kuno sampai sekarang. Hal ini menunjukan bahwa orang-orang dahulu berfikir mereka menulis sejarahnya karena kemungkinan akan sangat diperlukan bagi masa sesudahnya. Apabila tidak mempelajari, maka sama saja dengan tidak menghargai usaha mereka yang ingin menjadikan kita lebih baik dan membantu dalam perkembangan ilmu-ilmu lainnya.

sumber : Sulasman. 2014. “Metodologi Penelitian Sejarah”. Bandung : Pustaka Setia

  1. M fatkhurizqo MPI B SMT 3 berkata

    Artikel ini sangat bagus perlu di shaer karena apa di zaman now ink banyak orang yang tidak tau akan sejarah berdampak negatif bagi lingkungannya. Contoh yang marak terjadi orang sering mengkhafirkan orang pada hal nabi saja melarang kita itu perbuatan itu. Disisi lain sejarah juga bisa dijadikan tolak ukur suatu bangsa tersebut. Di era sekarang yang saling merebutkan kekuasaan banyak orang yang membelokan sejarah demi kekuasaan yang ingin dimilikinya.
    I like to history

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar