Inspirasi Tanpa Batas

Memanfaatkan Kekayaan Laut Indonesia | Manfaat Minyak Ikan Part-1

Dilihat dari sumber kekayaan Indonesia yang memiliki Lautan yang begitu luas dengan kandungan ikan yang didalamnya begitu banyak. Oleh sebab itu perlu adanya informasi bagi masyarakat luas untuk merasa yakin bahwa minyak ikan memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan manusia.

0 17

Konten Sponsor

Kekayaan Laut Indonesia – Negara Indonesia adalah negara kepulauan, diamana sebagian besar wilayahnya itu terdiri dari lautan. Sehingga banyak sekali kekayaan alam Indonesia terutama kekayaan laut yang belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakatnya. Salah satu kekayaan sumber laut itu adalah ikan. Sekarang ini masyarakat Indonesia baru bisa memanfaatkan ikan tersebut hanya pada konsumsi daging yang dijadikan lauk pauk bagi pemenuhan konsumsi manusia.

Sebetulnya selain daging ikan yang mengandung protein tinggi, ikan juga mengandung minyak yang banyak. Manfaat dari minyak ikan bagi kesehatan, salah satunya adalah mereka yang banyak makan ikan memiliki lebih kecil resiko terkena masalah mata. Hal ini pada dua penelitian yang dilakukan peneliti National Eye Institute, John Paul SanGiovanni, ScD dan rekannya dimana minyak ikan mencegah dua masalah mata serius.

Dari segi gizi, minyak/lemak ikan merupakan sumber vitamin A dan vitamin D, yaitu berturut-turut 10-55 IU per gram dan 20-100 IU per gram. Di samping itu, minyak ikan juga merupakan sumber mineral seperti kalsium, fosfor, iodin dan selenium.

Bila dibandingkan dengan minyak nabati dan minyak hewani lainnya, minyak ikan mengandung asam lemak essensial atau asam lemak tidak jenuh. Minyak ikan mengandung asam lemak tidak jenuh yang berkonfigurasi Omega 3. Kadar Omega 3 minyak ikan khususnya minyak ikan sardin, dapat bervariasi tetapi berkisar antara 4,48% sampai dengan 11,80%. Kandungan Omega 3, tergantung jenis, umur tersedianya makanan dan daerah penangkapan.

Dari hasil penelitian, bagian tubuh ikan memiliki minyak dengan komposisi Omega 3 yang berbeda-beda. Bagian kepala sekira 12%, tubuh bagian dada 28%, daging permukaan 31,2% dan isi rongga perut 42,1% (berdasarkan berat kering).

Ikan dan mamalia laut mengandung jumlah substansi asam lemak rantai panjang pada jenis Omega 3. Penggunaan Omega 3 telah dihububungkan dengan kecenderungan penurunan terhadap pembentukan gumpalan darah. Mengurangi tingkat trigliserida darah, mengurangi pertumbuhan tumor, menurunkan tekanan darah, anti radang.

Pada umumnya, lemak ikan terdiri dari berbagai jenis trigliserida, suatu molekul yang tersusun dari gliserol dan asam lemak. Rantai asam lemak yang terdapat dalam minyak ikan memunyai jumlah lebih dari 18, serta memiliki lima atau enam ikatan rangkap. Di samping itu, kandungan asam lemak esensialnya tinggi, yang meliputi asam linoleat, linolenat dan arakhidonat.

Hal ini berarti asam lemak esensial itu disebut asam lemak tak jenuh, banyak mengandung ikatan rangkap (85%), sedangkan 15% sisanya terdiri atas asam lemak yang jenuh. Rendahnya kandungan ikatan jenuh menyebabkan kolesterol rendah dan risiko penyempitan pembuluh darah juga rendah.

Namun karena ketidak tahuan dari komponen masyarakat, maka masyarakat belum secara maksimal dalam pemanfaatan minyak ikan tersebut bagi kesehatan.

Masyarak Indonesia Butuh Informasi Lebih Jauh Tentang Manfaat Minyak Ikan

Dilihat dari sumber kekayaan Indonesia yang memiliki Lautan yang begitu luas dengan kandungan ikan yang didalamnya begitu banyak. Oleh sebab itu perlu adanya informasi bagi masyarakat luas untuk merasa yakin bahwa minyak ikan memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan manusia.

Penelitian pertama terhadap masalah kemorosotan penglihatan yang diakibatkan usia. Masalah ini terjadi akibat gangguan pada pusat retina, syaraf mata bagian belakang yang dapat menyebabkan kebutaan.

Mengapa minyak ikan dapat mencegah penurunan penglihatan yang disebabkan usia? Satu komponen yang terdapat dalam minyak ikan yang dikenal docosahexaenoic atau yang lebih dikenal dengan nama DHA adalah satu dari asam lemak omega 3 yang juga memiliki keuntungan bagi kesehatan lain.

Seberapa besar manfaat dari minyak ikan dan ikan jenis apa saja yang paling dominan yang mengandung minyak ikan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia akan dipaparkan dalam artikel selanjutnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar