Membangun Kesadaran Berlalu Lintas

0 1.615

Melihat fenomena jalanan akhir- akhir ini, banyak sekali pemberitaan berkaitan kecelakaan lalu lintas, terutama ketika musim libur panjang. Dalam pandangan penulis, kiranya semua itu merupakan akibat dari tidak tertibnya para pengguna jalan dalam berlalu lintas. Kesadaran untuk mematuhi segala peraturan berlalu lintas menjadi sangat penting untuk di dorong dan di budayakan di kalangan masyarakat. Mengapa? karena musibah terjadi bukan hanya bagi mereka yang secara ekonomi berada pada posisi ekonomi menengah ke bawah tetapi juga bagai mereka yang secara ekonomi bisa disebut mampu. Musibah, khususnya di jalanan, akan menghinggapi tanpa memilah- milah suku, ras, golongan maupun adat dan budaya tertentu.

Masih segar dalam ingatan kita, tentang kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan seorang anak menteri di Indonesia. Atau, kasus kecelakaan lalu lintas yang menimpa anak seorang artis. Mungkin masih banyak pula kasus- kasus sejenis yang juga menimpa masyarakat di pedesaan yang juga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa secara sia-sia.

Undang- Undang Lalu Lintas

Lalu lintas dan angkutan jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung upaya pembangunan bangsa sebagaimana di amatkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Hal ini termaktub dalam penjelasan Undang- Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Kesadaran berlalu lintas, sebagai bagian dari sistem trasportasi nasional, harus di kembangkan potensi dan perannya untuk mewujudkan keamanan, kesejahteraan, ketertiban berlalu lintas jalan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, otonomi daerah, serta akuntabilitas penyelenggaraan Negara.

Cara Meningkatkan Kesadaran Tertib Lalu Lintas

Lalu lintas seperti yang diamanatkan UUD RI No. 22  tahun 2009, selain mempunyai peran strategis, juga sebagai pendukung pembangunan negeri. Kita sebagai masyarakat dan Warga Negara Indonesia wajib ikut serta dalam upaya membangun kesadaran dimaksud agar tujuan sebagaimana diamanatkan dalam Undang- Undang dapat terealisasi dengan baik. Adapun cara- cara yang bisa dilakukan dalam rangka membangun kesadaran tertib lalu lintas adalah sebagai berikut:

  1. Memahami peraturan dan simbol- simbol lalu lintas lewat membaca buku.
  2. Sering- sering membaca berita tentang lalu lintas di berbagai media.
  3. Ikut serta mempraktikkan apa yang telah kita ketahui dan pahami berkaitan dengan tertib berlalu lintas.

Dengan cara- cara demikianlah kiranya mampu menumbuhkan kesadaran kita akan pentingnya tertib lalu lintas, sehingga kita pun menjadi bagian dari warga negara yang termasuk dalam kategori baik dengan ikut serta menjalankan peraturan.

Oleh: Kiki Ahmad Bulkini

Komentar
Memuat...