Membangun Tim Yang Solid

0 39

Membangun tim yang solid bukanlah persoalan yang mudah. Tak jarang juga sebuah divisi baru menemukan kekompakan mereka setelah menghitung tahun bekerja bersama. Bagi Anda yang menginginkan untuk meningkatkan kerjasama tim kantor, profesor J Richard Hackman dari Universitas Harvard mendapatkan beberapa kuncinya. Inilah lima caranya seperti dikutip dari BBC:

Kondisi Kerja yang Stabil

Saat perusahaan sedang mengalami masalah atau status kerja yang tidak jelas, tak jarang kerja tim menjadi sedikit berantakan. Hal tersebut dapat dikarenakan para anggotanya yang tengah merasa tertekan. Maka kondisi kerja yang stabil juga dibutuhkan di situasi ini. Dengan begitu, para karyawan dapat lebih tenang dalam menyelesaikan tugas harian dan target kerja mereka bisa cepat tercapai.

Perintah yang Jelas

Teruntuk divisi yang kedatangan anak baru, berikanlah perintah dengan jelas untuk mereka. Kemudian sampaikan juga berbagai hal yang seharusnya mereka capai. Hal ini diperbuat agar anak baru ini cepat mengerti dan beradaptasi dengan job desk baru untuk tercapainya tim yang cepat solid. Selain itu, disarankan juga agar para manajer memberi gambaran tentang kekuatan serta kelebihan tim lainnya sehingga antar tim dapat saling bekerjasama untuk membantu satu sama lain.

Pelatihan dari Atasan

Selain informasi yang diberikan jelas, para anak baru ini disarankan agar mendapat coaching atau pelatihan dari para manajer atau senior perusahaan. Karena bimbingan ini akan menjadi bekal bagi mereka untuk semakin paham dan mengenal pekerjaan baru. ‘Mentransfer ilmu’ juga dapat semakin mempererat hubungan antara karyawan baru dengan karyawan lama.

Organisasi Tim yang Terstruktur

Perusahaan yang memiliki struktur organisasi yang jelas juga membuat kerja tim jadi lebih solid. Karena dengan begitu, para karyawan akan terfokus kepada pengembangan dan penyelesaian job desk masing-masing. Jika ada beberapa karyawan yang kerjanya merangkap bisa jadi suatu waktu akan timbul permasalahan.

Perusahaan yang Mendukung

Untuk menciptakan kerjasama tim yang solid, tak dapat hanya mengandalkan para anggotanya saja yang mengusahakan. Pihak perusahaan juga harus ikut andil. Perusahaan bisa membangun kekompakan para karyawan melalui kebijakan-kebijakan yang mereka keluarkan. Misalnya dengan memberi liburan atau outing bersama satu sampai dua kali setahun. (dhirga)

Komentar
Memuat...