Membunuh Rindu | Misteri Sang Ksatria Cinta Part – 4

60 188

Membunuh Rindu: Alberta baru tahu kalau Santi berada dalam posisi yang sama seperti dirinya. Santi bukan hanya sekedar mencintainya, tetapi, mengalungkan hasyrat yang demikian besar kepada dirinya. Santi menyimpan tulisannya di loker khusus Mihrab cinta mereka dengan menyatakan bahwa:  “Sungguh, betapa beratnya bathinku berpaut denganmu Alberta. Aku ingin selalu mengatakan kepadamu, maafkan aku dan maafkan atas segala rasa yang kumiliki. Aku takut hal ini menjadi beban bagimu.

Alberta terbelalak membaca kalimat dimaksud. Ia berulang-ulang membacanya. Tetesan air matapun mengalir dengan pelan. Ia membayangkan mengapa dia memiliki rasa yang sama. Aku, kata bathin Alberta, sesujurnya ingin mengtakan kata yang sama. Yakni maafkanlah barangkali cintaku menjadi beban bagimu Santi.

Sejujurnya harus kukatakan, saat di mana aku mengirimkan Short Film itu, hatiku sebenarnya sedang kambuh akan semua rasa cinta yang kumiliki. Aku sangat takut kau meninggalkan aku. Hatiku bergolak dan perasaanku kembali kacau. Perasaan itu, persis seperti dulu yang membuat aku seperti menjadi manusia yang linglung. Hal pernah beberapa kali kurasakan, termasuk saat ini. Di saat seperti itu terjadi, aku jujur kacau. Kukirimkan gambar-gambar itu, sejujurnya aku merasa sedang berada dalam kesendirian dan takut kau pergi meninggalkan aku.

Inilah pengalaman ruhani beraransemen cinta. Bagaimana tidak! Short Message yang kukirimkan tidak kau balas, apalagi dengan sejumlah keinginanku untuk mendengar suaramu. Sejak itulah, pikiranku terus melayang dan hanya mampu memikirkanmu dan nasib cinta kita berdua.

Tuhan menjadi Curahan Rindu

Dalam keadaan seperti itu, aku berusaha menenangkan diri. Kala hati dan pikiranku tak mampu membendung semua rasa, jujur aku sangat resah. Aku hanya mampu mengalihkannya dengan meyebut asma-asma Allah. Aku sempat mengambil air wudlu meski aku ragu akan efentivitasnya. Aku ingin menghapus bayangan wajahmu yang selalu berada di pelupuk mataku.

Aku menghadap Tuhanku dengan cara berdzikir dan membaca ratusan ayat al Quran. Tetapi ternyata, gambaran dirimu dari alam khayalku sangat sulit kulepaskan. Kuhapus air mata kerinduanku kepadamu dengan air mata pengharapan kepada Allah. Tetapi, bayangan wajahmu tetap menggodaku. Alberta, malam itu aku berdoa. Apakah kau ingin tahu bagaimana do’aku.

“Ya ..  Allah, di kerajaan langit-Mu, mungkin namaku telah Engkau tulis dalam barisan hambaMu yangg banyak dosa. Engkau mungkin telah mempersiapkan neraka yang menjadi tempat kembaliku di sisiMu. Biarlah Kau masukkan aku ke dalamnya, meski aku berharap, Kau tetap mencintaiku. Kau telah mencatat segala amal dan perbuatanku. Aku yakin keburukan tak sebanding dengan kebaikan-Mu kepadku. Aku sadar betapa rendah dan hinanya aku di hadapanMu. Tetapi, ya Allh, Tuhanku, aku mencintainya, aku mencintainya ya Allah. Tolonglah aku, janganlah Kau uji aku dengan sejumlah perasaan seperti ini. Ampuni aku ya Allah. Aku tak sanggup karena rasa cinta ini, sering telah membuat aku abai akan cintaMu. Meski demikian, aku berharap cinta-Mu ya rabb, tetap besar, serendahnya sebandingkan cintaku kepada kekasihku”

Kau tahu ya Tuhanku, sekedar sms tak terbalas saja, betapa risaunya aku. Hanya Engkau yang mengatur segalanya. Hanya Engkau yang dapat memberi solusi terbaik bagi kami. Yang pasti, hanya Engkau yang tahu bahwa dialah sosok yang selama ini aku cari dalam hidupku. Dialah yang menentramkan jiwaku dan mendamaikan hatiku.

Cinta Santi dalam Harapan

Masih dalam tulisan yang disusun Santi, ia kembali menulis: “untukmu Alberta, aku hanya bisa berkata, jika engkau benar-benar mencintai aku, marilah kita serahkan kepada takdir, apakah cinta ini akan mampu menyatukan kita dalam mihrab nyata yang mengkonseptualisasi suatu gagasan bayty jannaty. Aku dan kamu, mungkin sudah waktunya untuk tidak lagi bermain-main atas nama cinta. Jika Allah menghendaki, kita bertemu dalam jiwa di tempat yang sama, tentu kita tidak akan bisa lari darinya. Namun jika Allah mentakdirkan untuk tidak bertemu dalam satu jiwa yang sama, kitapun harus menerima takdir yang demikian ini dengan ikhlash dan penuh rasa bangga.

Alberta, sungguh kadang aku tidak kuat menerima keagungan cintamu. Pada waktu engkau menyatakan rahasia jiwamu dalam mihrab itu, barangkali hatimu sedang berpaling atas cita-cita cintamu yang sebenarnya. Dan tanpa kau sadari, kau telah menjatuhkan cinta itu kepda diriku. Seandainya hatimu benar seperti itu, maka, aku berdoa kepada Allah semoga hatimu tidak lagi berpaling dan engkau akan menemukan wanita yang layak dan pantas untuk dicintai. Dan jika itu aku, betapa bahagianya aku.

Tak terasa air mengalir, berlinang di pipi kiri kanan Alberta. Dia terus menerus membaca surat Santi dan tanpa disadari, dia berkata Amiin jika wanita itu ternyata dirimu Santi. Charli Siera

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. Lisa febriyanti berkata

    Cinta memang sulit untuk di jelaskan, baik dengan sikap maupun bahasa lisan.. Namun cinta misteri itu sangat bikin gelisah

  2. Lisa febriyanti berkata

    Cinta misterius itu sangat menguras hati dan airmata

  3. Mawaddahfairuz berkata

    Sebesar dan sehebat apapun rasa rindu yang mereka rasakan, sebaik-baiknya penyampaiannya yaitu melalui doa yang kita panjatkan kepada Tuhan. Tuhan akan mendengar segala keluh kesah, kerinduan, dan rasa cinta yang membelenggu di hati kita. Bahkan semesta pun ikut mengetahuinya.

  4. Ikha Solekha MPI-A/3 berkata

    Memendam rasa rindu itu tidak mengenakan hati.
    Manusia hanya bisa merencanakan, selebihnya pasrahkan kepada Allah.

  5. Nenis Nursona Jamil berkata

    Nyatanya, cinta membuat seseorang menjadi hilang arah Ketika apa yang sudah didapatkan diharapakan dan diperjuangkan hilang begitu saja. Karena sosok yang dicari ternyata bukanlah jawaban yang selama ini dicari. Pastinya dalam perjalanan cinta, ada saja yang pahit kita dapatkan ketika cinta menghampiri, karena pahit belum tentu menyakitkan dan yang menyakitkan sudah tentu itu pahit. Maka, adukanlah semua keluh kesah hati yang ada pada diri kita kepada Allah SWT karena Dialah yang maha tahu.

  6. Dea yusrun hasanah berkata

    Alberta baru mengetahui bahwa santi memiliki perasan yg sama dengannya sama memiliki rindu yg berat. Rindu memang perasaan yg rebat yg membuat hati dan pikiran kita menjadi tak karuan dan kita hanya bisa berserah diri pada yang maha kuasa

  7. Nisrina Aulia berkata

    Pesan Santi untuk Alberta yang dituliskannya dalam Mihrab. Ungkapan bahwa Santi juga memiliki perasaan yang sama untuk Alberta yaitu saling mencintai dan saling ingin memiliki namun Santi hanya bisa memasrahkan semua nya kepada Allah SWT. dan meyakini bahwa jika dia memang berjodoh dengan Alberta pasti akan di satukan, tetapi jika tidak maka harus di ikhlaskan. Karna cinta yang sejati ialah cinta yang berlandaskan dengan keikhlasan.

  8. Siti Haryanti berkata

    Mereka berdua yang memiliki cinta yang begitu kuat menyerahkan segala pengharapannya kepada Allah, semoga Allah menyatukan mereka dalam ikatan yang halal . Ketika rindu melanda hanya Allah lah tujuan untuk mencurahkan segala isi hati ketika rasa rindu yang kita punya tak dapat tersampaikan kepada seseorang, berat memang ketika hal itu tak tersampaikan tapi jika memendamnya adalah yang terbaik kita tak bisa apa-apa.

  9. Bayu Hermawan berkata

    Alberta baru menyadari bahwa Santi pun merasakan hal yang sama,
    Mereka adalah dua insan yang sama sama mencintai hanya saja keadaan memaksa mereka untuk tidak dapat berbuat banyak dengan apa yang mereka rasakan, mereka tersiksa oleh rasa rindu yang tak bisa terobati, karena hanya dengan bertemulah rindu dapat terobati.
    Hanya dalam do’a rasa rindu mereka tercurahkan,saat hati dan perasaan yang pilu,rindu,tidak karuan Alberta hanya bisa berdiam diri dan terus berzikir dan membaca ayat-ayat al-Qur’an hingga hantinya merasa lebih tenang.

  10. Rizka mawadah Apriliani berkata

    cinta santi dalam harapan, membuat alberta merasa semakin rumit memikirkannya karena dikala dulu saat alberta mengirimkan film pendek pada santi ,pada saat itu cinta dan hatinya sedang kambuh. santi pun demikian menulis surat kepada alberta agar dia kuat dalam mempertahankan cintanya. santi merasa bahwa dia tidak pantas dicintai oleh alberta, seseorang seperti santi berdoa kepada allah agar di berikan solusi perihal cinta nya yang misterius dan karena faktor agama cintanya tidak akan pernah jadi miliknya.

  11. Fakhira Alifatunnisa berkata

    Di dalam keadaan cinta yang masih belum dapat dipersatukan yang menjadikan mereka hanyut dalam kegelisahan tentang nasib dari cinta mereka berdua. Santi pun menjadi lupa akan segalanya, ia lupa bahwa rasa cintanya kepada sesama makhluk melebihi rasa cintanya kepada Tuhan pemilik cinta yang seutuhnya. Yang pada akhirnya Santi memohon pengampunan atas segala dosanya dan ia berdoa agar cintanya dengan Alberta dapat dipersatukan

  12. Rudi permana berkata

    Ketika kedua insan saling mencintai tetapi belum dipersatukan keadaan, mereka hanya bisa tersiksa oleh kerinduan amat hebat. Iya rindu, rindu merupakan perasaan dimana hanya terobati dengan bertemu. Walau ada sebagian orang berkata bahwa sering bertemu akan bosan, saya tidak setuju dengan pernyataan tersebut, karena jika sepasang kekasih sering bertemu sudah bosan apalagi nanti ketika sudah hidup bersama apakah bilangnya menyesal??? Jadi..jika kamu mencintai seseorang, pasti kamu ingin selalu berada disampingnya

  13. malikul arzak berkata

    hidup memang tak selalu seperti yang mereka inginkan. mereka hanya bisa pasra kepada allah swt karena allah swt lah yang maha menguasai segalah nya

  14. Fathurrakhman Aji berkata

    Albertapun mengetahui bahwa Santi memiliki rasa yang sama dengannya, saat hati dan perasaan yang kalut dan tidak karuan Alberta hanya bisa berdiam diri terus berzikir dan membaca ayat-ayat al-Qur’an yang membuat hatiya merasa lebih tenang, memang Allah SWT lah tempat kita berserah diri dalam keadaan apapun dan hanya Ayat-ayat al-Qur’an lah yang membuat hati tenang karena Al-Qur’an adalah obat bagi jiwa yang paling ampuh.

  15. Putri Alfaniyah berkata

    Alberta selalu menunggu dan berharap agar santi menjadi miliknya. Jangan mencintai makhluk lebih dari kecintaan kita pada Allah karena cinta Allah lah yang hakiki.
    Allah sebaik-baiknya tempat curhat. Kadang lebih baik diam daripada menceritakan masalah kepada orang lain karena kita tau sebagian orang hanya penasaran bukan peduli. Dalam menyikapi rasa tidak boleh berlebihan biarkan tenang seluruhnya lalu bersemi berdasar ridha-nya.

  16. ELOK ALFAIN LUTHFIE berkata

    Merindu memang tak enak rasanya apalagi merindu pada orang yang jauh dan lama tak berjumpa, alberta sendiri baru tahu bahwasannya ternyata santi juga merasakan hal yang sama seperti alberta, santi juga merindukan alberta untuk menghapus rasa rindu tersebut alberta bertemu dengan santi dan jalan cerita mereka penuh dengan berbagai rintangan.

  17. dadan handriansyah berkata

    sungguh keren kisah cintannya, mereka menaruhkan rasa cintanya, ungkapannya, semua yang ada di hati mereka, mereka pasrahkan kepada sang maha cinta, dan akhrirnya maha cinta (ALLAH SWT) memberi tahukan kepda meraka masing masing. itu semua patut kita tiru sebagai seorang siswa agar tidak trburu-buru dalam mengungkapkan cinta.
    terimakasih

  18. Ummie Habibah (T.IPS A/1) berkata

    Assalamualaikum,
    Sungguh indah sekali, mereka berdua sebenarnya memiliki perasaan yang sama. Akan tetapi mereka lebih menyimpan doanya kelangit dan menyerahkan semua hasrat memilikinya itu kepada sang Maha Kuasa, karena sesungguhnya hanya kepada-nya lah kami kembali
    Terimakasih.
    Wassalamualaikum

  19. Khaeron berkata

    Cinta yang kita harapkan terkadang akan menimbulkan rasa rindau ya g amat sangat besar, dimana rasa rindu itu akan membuat kita merasa sedih dan risau hal itu karena kita telah merasa nyaman dengan seseoranf yang kita rindukan, maka dari itu k8ta harus senantiasa menanamkan keribduan dalam pendidikan agar kita bisa merasakan kenyamanan dalam pendidikan tersebut…

  20. Khaeron berkata

    kita terkadang berharap bahwa apa yang kita ibginkan pada cinta itu kita dapat memilikinya dan kita pun berdoa pada Allah agar kita bisa bersatu dengan orang ya g kita cintai dan kita hrus selalu berdoa untuk pendidikan kita agar pendidikan kita seperti apa yng kita inginkan…. dan kita

  21. Khaeron berkata

    kita terkadang berharap bahwa apa yang kita ibginkan pada cinta itu kita dapat memilikinya dan kita pun berdoa pada Allah agar kita bisa bersatu dengan orang ya g kita cintai dan kita hrus selalu berdoa untuk pendidikan kita agar pendidikan kita seperti apa yng kita inginkan….

  22. Evi selviyana puspitasari berkata

    Segala apa yang dijalankan oleh manusia pada hakikatnya sama, yaitu kembali kepada tuhan yang menentukan skenario nya.
    Sejauh mana manusia bertindak, manusia berusaha, jikalau tuhan tidak meridhoinya maka tidak akan ada ke berkahan di dalamnya..
    Maka dari itu kita sebagai manusia janganlah pernah merasa puas dan berhenti memohon kepada tuhan yang maha esa.

  23. siti a'isyah berkata

    Sungguh, Dunia tak seindah yang kita harapkan. Tidak semua yang kita inginkan akan terwujud. Tidak semua yang kita harapkan akan terjadi seperti harapan. Bahkan seringkali, kita dihadapkan dengan hal yang berlawanan dengan harapan kita. Bukan karena Allah tak sayang. Melainkan kasih sayang allah yang teramat besar sehingga ujian terus mengalir. Agar kita menjadi pribadi yang semakin hari semakin terpaut pada sang pencipta.

  24. Arini berkata

    Dua duanya mempunyai perasaan yang sama yang amat besar satu sama lainnya tetapi masih belum bisa bersatu dan alfabeta menyerahkan segalannya kepada allah swt karena allah swt maha segalannya tetapi alfabeta masih sangat berharap dan menginginkan bersama dengan santi dalam ikatan yang halal dengan dapat ridho allah swt sama dengan halnya pendidikan apapun yang kita lakukan harus karena allah swt agar apa yang kita lakukan dan kita inginkan dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan dimudahkan segalannya

  25. Nurmila Herdianty / T. IPS A Semester 1 berkata

    Assalamualaikum…
    Menurut pendapat saya, hubungan cinta alberta dan santi sangatlah kuat. Yang dimana mereka saling merindukan satu sama lain. Merindukan seseorang adalah hal terberat dan menyiksa. Namun alberta mempasrahkan perasaannya kepada yang maha kuasa walaupun dari tadi tidak bisa menghilangkan bayang-bayang wajah pujaan hatinya. Alberta pun berusaha untuk tidak terus membayangakan wajah santi dengan ia melaksanakan ibadah dan berdo’a kepada Yang maha kuasa. Yang dimana ia berdo’a dengan penuh harapan meminta kepada yang maha kuasa agar dia bisa dipersatukan. Walaupun begitu kita hanya bisa menunggu jawaban dari yang maha kuasa jika memang dia jodoh kita pasti tuhan akan mendekatkannya, jika memang dia bukan jodoh kita pasti ada pengganti yang lebih baik darinya. Jadi, jangan terlalu lama berlarut dalam kesedihan karena itu tidak baik, Percayalah Tuhan akan memberikan yang terbaik buat kita, maupun itu dalam hal jodoh.
    Terima kasih.
    Wassamualaikum wr. wb.

  26. Mukhammad Hasanudin(T.Ips A)Semester 1 berkata

    Cinta mereka berdua sangatlah kuat dan abadi tapi takdir lah yang menentukan mereka bedua kita hanya bisa bedoa dan berusaha akan cintanya untuk di satuhkan ketika kita sudah berusaha dan berjuang maka allah yang akan menentukan kedepanya,tersulah berjuang meski tak akan menimbulakan hasil sekiranya mereka berdua sudah berjuang akan cintanya.dari kejadian ini kita bisa mangambil kesimpulan jangan putus asa dari berbagai hal teruslah berjuang karena yang menentukan itu allah.

  27. Elin Yulianingsih berkata

    Merindu memang berat, meskipun bukan penyakit namun bisa membuat sakit si perindu terlebih jika rindu itu tak kunjung terobati.. hanya do’a yang menjadi saksi si perindu mengadu kepada sang maha cinta beraharap yang dirindukan membalas rindunya.

    1. Cecep Sumarna berkata

      Kayaknya anda pernah berada dalam suasana kerinduan ya mba elin

  28. Sri Anisah berkata

    Semua masalah yang dihadapi pada dunia ini hanya menjadi rahasia_Nya .. semua usaha dan kerja keras bisa menjadi kegagalan . Namun Rencana Allah swt di balik semua cobaan itu lebih indah dari apa yang kita inginkan.

    1. Cecep Sumarna berkata

      Karena itu pandai2lah menyembunyikan rahasia. Sebab Tuhan sendiri sangat pandai menyembunyikan diri-Nya

      1. Sri Anisah berkata

        Insyaallah . . . Terkadang saya berfikir mulut saya adalah racun yang bisa membuat saya terjatuh dan juga bisa membuat saya menjadi sesuatu yang berguna.

        1. Cecep Sumarna berkata

          he he he hebatlah ya

  29. Elin Yulianingsih berkata

    Rindu bukan penyakit tapi seringkali membuat kesakitan bagi si perindu, namun sebuah kisah tak terasa manis tanpa adanya rindu.

    1. Cecep Sumarna berkata

      jadi bagaimana … apakah anda ingin dirindukan atau merindukan

  30. Elin Yulianingsih berkata

    Rindu memang perasaan yang sangat berat. Bukan sebuah penyakit tapi terasa menyakitkan. Namun, sebuah kisah cinta tak terasa manis jika tanpa dibumbui rindu.

    1. Cecep Sumarna berkata

      apakah anda pernah merindukan sesuatu

  31. Sri Anisah berkata

    Semua masalah yang dihadapi pada dunia ini hanya menjadi rahasia_Nya .. semua usaha dan kerja keras bisa menjadi kegagalan . Namun Rencana Allah swt di balik semua cobaan itu lebih indah dari apa yang kita inginkan.

  32. Toto WIjaksana - PAI-A/III berkata

    Alberta tahu benar cara membunuh waktu meski harus mengalihkan pandangannya pada Sang Khalik.

  33. Aldi Nircahya berkata

    Meski hubungan mereka berada dalam keadaan menyakitkan, tapi mereka sadar dan sabar dalam melakoni semua itu.
    Life is strugle.. hkdup adalah perjuangan, dan perjuangan yang paling indah adalah memperjuangkan apa yang kita cintai *ceuk abdi

    Nikmati saja setiap step nya, step by step for succes…

  34. M. Heriyanto (PAI A/I) berkata

    Alberta segera mungkin tuk mengambil keputusannya dlm brcinta

  35. Sopian Asep Nugraha - PAI - A berkata

    derasnya cinta mereka, besarnya harapan mereka atas keagungan cinta ang mereka rasakan. cinta alberta yang dsimboliskan dengan dvoa kepada tuhannya, mampu menerang batin sinta yang takut kehilangan belahan jiwanya. akhir dari sebuah penantian yang panang atas geolak cinta ang mereka rasakan terbungkus dalam bait-bait puisi hingga mmereka saling berharap agar kelak disatukan dalam bahtera cinta yang utuh. inilah kesaaran cinta yang membuat mereka sadar van akin atas raja dari raa cinta sesungguhnya, hingga ia serahkan sepenuhnyya cinta yg suci itu kepada sang pemiliknya

  36. Badruzzaman PAI-A Semester 1 berkata

    Bukti cinta sejatinya Santi terhadap Alberta, dia (Santi) menyerahkan keputusanya kepada yang Maha empunya cinta (Allah), meski Santi sangat berharap dia bisa menyatukan cintanya dengan Alberta.

  37. AM. Praja Kusuma / PAI-B / 1 berkata

    berdo’a selalu supaya kalian dapat menciptakan perubahan dalam hubungan kalian di masa yang akan datang, karena manusia selalu membutuhkan anugerah dari tuhan

  38. Nama : Aah Murtofa'ah dan M. Nawawi, NIM. 14166310002 dan 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

    Cinta membuat Santi menjadi linglung dan lupa segalanya. Dia lupa bahwa cinta kepada pasangan mestinya menjadi perantara cinta kepada pencipta cinta.
    Dalam perkembangannya dia akhirnya menyebut Asma Allah, dia menyebut asma Allah ketika hatinya resah dan gundah.
    (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.(QS.13:28)

    Baca Selengkapnya https://www.lyceum.id/membunuh-rindu-misteri-sang-ksatria-cinta/

  39. Rifqoh Khasanah (PAI-A) Semester 1 berkata

    Pasrahkan takdir cinta kita kepada Sang Maha memberi rasa cinta. Tetap berusaha dan berdoa, dan pasrahkan hasilnya kepada yang Maha Kuasa. Namun jangan jadikan cinta kepada manusia melebihi cinta kita kepada Sang pemilik alam semesta.

  40. Alfin Bisma Herda Pai B berkata

    Benar-benar maha cinta, yang keduanya menyerahkan hasilnya kepada sang pemilik-Nya. Penasaran..

  41. Nuri Rizki Maulani rihaningsih Hidayat 14166310027 berkata

    alberta mengapa kau putuskan mihrab itu? padahal jawaban atas penantian itu ada di dalam mihrab itu. betapa tidak sakitnya jika penantian santi kau balas dengan sebuah kepastian. maka bersatulah demi kekokohan sang dewi cinta, mungin dengan itu air mata penantian diantara kalian akan saling kalia usap dengan kebahagian.

  42. Nama : M. Nawawi, NIM. 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

    Cinta membuat Santi menjadi linglung dan lupa segalanya. Dia lupa bahwa cinta kepada pasangan mestinya menjadi perantara cinta kepada pencipta cinta.
    Dalam perkembangannya dia akhirnya menyebut Asma Allah, dia menyebut asma Allah ketika hatinya resah dan gundah.
    (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.(QS.13:28)

  43. NURUL KHIKAM (PAI B Semester I) 14166310027 berkata

    Dari sepenggalan kisah cinta santi dan alberta, walaupun Cinta dan harapan santi besar terhadap Alberta namun santi sadar keputusan ada pada alberta dan diserahkan semuanya kepada sang pencipta jagat raya kalu memang takdir sudah menetukan akan berlabu di bahtera yang namanya rumah tangga

  44. seberapa dalam nya cinta kita pada seseorang, tetaplah takdir yang menentukan akan dimana cinta itu berlabuh.
    semoga alberta dan santi di pertemukan dalam satu ikatan suci akad pernikahan.

  45. suhadi 14166310029 (PAI-B) berkata

    Berfikiran baik lebih utama akan mendatangkan energi yang positif “Red.PC” dan pemikiran itu tetap ada yang mengarahkan untuk itulah manusia diberi akal supaya berfikir-berfikir dan berfikir untuk merubah suatu perasaan

  46. Lupita Fitriana M. berkata

    Ketika rasa itu harus di pasrahkan dengan yg memberi rasa..

  47. Didi Tarsidi 14166310005 (PAI-A) semester 1 berkata

    Dari sepenggalan kisah cinta di atas ada satu hal yang menarik. Ketika salah satu di antara mereka berdo’a, meminta ketenangan dan petunjuk. Datanglah dan mengadulah pada yang menciptakan cinta karena yang tau solusinya hanyalah Dia.

  48. Mei Yani Rahayu (PAI-B) berkata

    Santi mulai meminta kepastian dan berharap Alberta segera bertindak atas cinta mereka… penasaran kira-kira Alberta ngelamar ga ya?

  49. Yeti Ernawati berkata

    Ya sudah sebaiknya d serahkan kepada Allah.Karena Allah maha tahu,belum tentu yg baik menurut kita juga baik menurut Allah.So Alberta n santi hrs tetap berdoa n berjuang(pai-a smstr 1)

  50. Saefullah (PAI-A) Semester 1 berkata

    Wanita sholehah akan menyerahkan semuanya kepada Allah sang penguasa cinta, apapun yang ia dapat itulah yang terbaik menurut tuhan untuknya. mudah-mudahan Ia memperoleh apa yang Ia inginkan

  51. Mahbub (PAI-B) Semester I berkata

    Sungguh……..hebat…..Serahkan segalanya pada Yang Maha menguasai cinta,baik dan buruk pasti ada titik kebaikan dibalik semuanya………..Jangan menyerah……Jangan menyerah…..Kta aramada, berusahalah positive thinking pada Yang Maha menguasai cinta.

  52. Syarifah berkata

    Allaaahhh… cinta keduanyaaaa mengalun indah dg butiran doa2 yg di panjatkan pd Allaah SWT..
    *Bersatukah mrk dalam bahtera cinta indah-Nya??
    *inilah cinta,yg hanya kepada Allah keduanya mengadu memohon untuk di satukan dalam Ridho Qodho Allah Ta’alaa..

  53. Neng Lia Y berkata

    Keputusan ada di alberta ..
    Smga alberta bisa semangat brusha mnyatukn cintanya..

    Lanjutt…. ?

  54. Ipih hidawati berkata

    Uwaaaah….. Bgm yaa selanjutnya…. Berharap mereka memiliki keberanian utk memutuskan bersatu dalam pernikahan….

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.