Memiliki Rumah Sendiri Sebelum Menikah

0 728

Belum menikah sudah mempunyai rumah sendiri adalah capaian luar biasa, dalam konteks manusia biasa. Seiring dengan perubahan zaman, trend memiliki rumah, memang mulai berkembang di kalangan anak muda Indonesia. Dulu, kepemilikan rumah identik dengan mereka yang sudah berumah tangga. Namun, perubahan waktu dan paradigma hidup masyarakat saat ini, pikiran tadi mulai luntur bahkan hilang. Hal ini terlihat dengan mulai banyaknya kaula muda yang memiliki rumah sendiri meskipun mereka belum menikah. Memiliki rumah sendiri sebelum menikah, karena itu, telah menjadi harapan setiap orang.

Memiliki Rumah Sendiri Sebelum Menikah

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa sebelum menikah harus memiliki rumah sendiri, dari beberpa sumber berikut ini alasanya:

  • Kehawatiran mulai sempitnya ketersediaan lahan. Pertumbuhan penduduk yang terus meingkat memicu semakin berkurangnya ketresediaan lahan untuk membangun rumah. Apa lagi bagi kalangan yang bedomisili dikota, untuk memenuhi kebutuhan primer ini sangat minim dan sulit. Hal ini yang mendorong kalangan muda berlomba memiliki rumah sendiri, tidak hanya itu para orang tua yang khawatir dan tidak ingin jauh dari anaknya ikut berperan dan membantu dalam pembiayayaan kepemilika rumah untuk anak-anaknya.
  • Mulai meroketnya harga-harga property. Bayangkan saja untuk memiliki rumah di wilayah kota tak kurang dari Rp. 200 juta biaya yang harus dieluarkan untuk sekedar memiliki rumah dengan type 36 dan dengan lahan yang sangat sempit. Setiap tahunya harga property naik terus, bias dibayangkan jika sepuluh tahun kedepan, berapa jumlah uang yang harus kita keluarkan untuk memiliki sebuah rumah.
  • Lebih mandiri dan bertanggungjawab. Dengan tinggal dirumah sendiri otomatis menjadi kepala rumah tangga. Semua kebutuhan rumah tangga, kebutuhan hidup, kebersihan dan kerapihan rumah menjadi tanggung jawab sendiri, dampaknya sangat positif . bisa dibandingkan pemuda yang sudah memiliki rumah sendiri dan yang belum memiliki rumah dari sisi kepribadian tanggungjawabnya, cara berpikir dan cara memecahkan masalah pemuda yang sudah memiliki rumah sendiri lebih unggul

Sisi Positif Rumah Sendiri

Memiliki rumah sendiri memang tidak mudah, perlu mempersiapkannya sedini mungkin, bisa dengan menabung atau membeli rumah dengan cara KPR (kredit Pembiayaaan Rumah). Beberapa sisi positive punya rumah sendiri Pra-nikah:

  • Wujud Menabung atau Berinvestasi. bagi yang sudah punya penghasilan sendiri. Melalui kepemilikan rumah, kita selalu dituntut menyisihkan sebagian penghasilanbesar
  • Wujud kematangan dalam perencanaan berkeluarga. Jika kita sudah punya rumah sendiri, maka beberapa kebutuhan ketika kita berumah tangga mulai berkurang. Tidak perlu lagi memikirkan di mana akan tinggal bersama pasangan.

Cara memiliki Rumah Sebelum Menikah

Rumah adalah tempat peristiraharan terakhir kita setalah lelah beraktifitas seharian, tinngal di rumah yang yaman adalah impian semua orang. Untuk mempermudah kita agar cepat memiliki rumah di usia muda, berikut tips dan triknya:

Mengatur manajem keuangan pribadi anda. Mempunyai tabungan sejak muda memang sangat jarang bisa dilakukan, karena tuntutan gaya hidup dan egoisme anak muda. Untuk itu, setidaknya harus mulai menabung, atau meyisihkan sebagian uang untuk biaya kepemilikan rumah.

  1. Jadikan sebuah prioritas, jika sudah memiliki tabungan jangan pernah mau mengganggu uang tersebut untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, konsisiten menabung, dan tentukan kriteria rumah sesuai idaman kita.
  2. Gunakan setiap kesempatan, semakin muda anda memiliki rumah maka kesempatan untuk mengubah rumah sesuai yang dinginkan semakin terbuka lebar
  3. Berangkat dari rumah yang sederhana dahulu Jika rumah baru terlalu sulit maka rumah second bisa dijadikan alternative dengan harga yang relative lebih murah dari rumah baru
  4. Gunakan KPR bersubsidi dari pemerintah. Dengan adanya subsidi dari pemerintah untuk pembiayaannya, ini membuat semakin mudah anda memiliki rumah di usia muda. Selain cicilanya yang ringan tenor pemijaman yang cukup panjang dan Down Payment yang hanya 10% dari harga rumah

Kunci utama untuk untuk memiliki rumah, jangan dijadikan beban dan juga jangan malu, karena memilih alternatif kredit atau karena membeli rumah second, menyesuaikan dengan kekuatan ekonomi pribadi anda adalah pilihan bijak. Ali Alamsyah

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.