Menanamkan Rasa Entrepreneur Sejati Kepada Remaja

0 45

Menanamkan Rasa Entrepreneur Sejati Kepada Remaja – Remaja dipercaya sebagai generasi yang sulit untuk merasa puas. Mereka adalah generasi yang terus mencari dan siap berkreasi. Oleh karenanya, guru dituntut untuk selalu kreatif dan berhenti berfikir bahwa mengajar adalah sekedar proses penyampaian ilmu dari guru ke siswa. Guru harus selalu melibatkan siswa pada proses belajar, sehingga mereka tahu betul apa yang sedang mereka kerjakan beserta manfaatnya.

Untuk memaksimalkan potensi mereka, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengajar generasi ini. Menurut dari Gary Anderson, pakar dari Cambridge University, remaja selalu ingin terlihat up-to-date. Jadi gunakanlah topik-topik yang sedang digemari, seperti teknologi, olahraga, hiburan, apapun, yang masih relevan dengan pembelajaran.

Dalam kondisinya yang labil, remaja mulai mencari identitas mereka, sehingga kadang mereka terlihat memiliki identitas yang ganda. Gunakan kegiatan yang memberi mereka akses untuk beralih peran yang memberi mereka kesempatan untuk dapat mengekspresikan beragam perasaan. Guru dituntut untuk memberikan otonomi dan juga kesempatan untuk membuat pilihan. Semua itu untuk menumbuhkan kedewasaan dan rasa bertanggung jawab.

Dalam pelajaran, beri kesempatan mereka untuk beraktivitas serta bergerak. Segala aktivitas yang bersifat permainan bagus untuk digunakan di kelas karena dengan begitu, remaja dapat belajar digunakan di kelas karena dengan begitu, remaja dapat belajar berinteraksi dan berkompetisi.

Mendorong Minat Remaja Secara Personal

Sediakan kesempatan menggunakan bakat yang dimiliki untuk mengerjakan tugas yang menarik serta mendorong minat remaja secara personal. Hasil dari kegiatan ini dapat dipamerkan. Ijinkan mereka menggunakan pengetahuan serta ketertarikan ini dalam proses belajar di kelas karena remaja sering memiliki pengetahuan luar biasa mengenai bidang tertentu.

Karena sekarang bukan jaman dimana gelar dari sekolah memberi jaminan dalam mendapat pekerjaan. Guru juga ditantang untuk memberikan bekal bagi siswa untuk menciptakan lowongan pekerjaan untuk dirinya sendiri. Banyak hal yang guru bisa dan juga harus lakukan untuk mengembangkan potensi remaja dan membentuknya menjadi individu yang mandiri dan juga berkualitas.

Salah satu yang dapat dilakukan guru adalah mengembangkan karakter entrepreneur sejati dalam diri siswa. Sebagai orang-orang yang mengendalikan masa depannya sendiri, entrepreneur sudah selayaknya menjadi tujuan ke mana guru itu membawa muridnya. Di samping itu, kualitas yang dimiliki oleh entrepreneur sejati juga menjadi kualitas yang wajib dimiliki oleh para remaja mengingat semakin banyaknya tantangan yang harus mereka hadapi di masa depan.

Untuk menanamkan karakter entrepreneurship, ajari mereka untuk dapat menghargai uang dan cermat dalam mengaturnya. Hampir semua entrepreneur menghasilkan uang dari sejak mereka ini masih remaja.

Bangun jiwa kompetitif pada diri mereka. Banyak dari entrepreneur aktif dalam kegiatan olahraga atau juga kegiatan sejenis yang membangkitkan semangat kompetitif mereka, bahkan sejak dari sekolah. Bentuk kegiatan kompetitif lainnya biasanya berhubungan dengan berbagai hal positif, seperti: kompetisi untuk meraih nilai tinggi, mendapat penghargaan dari orang tua serta guru atau juga mencapai tujuan-tujuan tertentu dalam hidup.

Kembangkan sikap berani mengambil resiko pada mereka. Hal ini dapat dimulai dengan hal-hal kecil seperti berani membuat iklan produk untuk disebarkan pada masyarakat. Biarkan mereka mengembangkan berbagai ide yang ada dalam kepala mereka. Ajarkan untuk untuk tidak takut mencoba ide-ide baru. Dalam segi sikap, ajarilah mereka untuk menjadi orang yang bisa dipercaya karena bisnis dilakukan dengan dasar kepercayaan dan etika bekerja sama.

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan pemahaman akan pentingnya sebuah keluarga. Menikmati pekerjaan memang penting, namun meluangkan waktu bersama keluarga tetap harus mendapat prioritas.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.