Take a fresh look at your lifestyle.

Menanti Muslim Internasional Meeting di Arafah| Mencari Tuhan di Kaki Ka’bah Part- 20

42 91

Menanti Muslim Internasional Meeting di Arafah. Di pagi hari tanggal 09 Dzulhijjah, gemuruh suara takbir, tahmid dan tasbih berbunyi merdu. Suara menggema dan seolah menggetarkan langit dan bumi. Di sinilah, Crhonos terus berdzikir. Ia membaca berbagai kalimah sakti dan mustajabah menurut ukuran dirinya. Kadang ia merebah dan melamun.

Tidak lama, ia mendekati bapaknya, Shofi, yang badannya menggigil kedinginan. Padahal suhu tubuhnya sangat panas. Tidak banyak bicara. Mereka berdua hanya saling meneteskan air mata. Tetesan air mata di mana Crhonos tahu, betapa bapaknya demikian sakit parah.

Setelah beberapa waktu mendampingi bapaknya, Crhonos pamit minta idzin ke luar tenda. Ia terus menyaksikan langit yang seolah mendekati bumi. Ia mengatakan bahwa, saat inilah trilyunan Malaikat turun ke bumi. Sambil terus berdo’a menurut keinginan dan keyakinannya, Crhonos berjalan ke sana ke mari. Ia mencari suasana baru sambil bolak-balik mencari tempat, di mana kira-kira ia dapat mendengarkan khutbah haji.

Crhonos membayangkan, jutaan manusia dengan pakaian serba putih, duduk di atas batu-batu yang berbukit. Ia membayangkan seluruh jama’ah sedunia  berkumpul mendengarkan sebuah khutbah internasional yang disampaikan imam Ka’bah atau setidaknya pemimpin OKI. Tetapi, ia tidak menemukan tempat semacam itu. Semua titik sudah dipenuhi tenda. Ia heran bagaimana diri dan jama’ah haji dapat mendengarkan khutbah internasional, dan ia akan menganggapnya sebagai kebijakan internasional dunia Islam di tahun itu.

Setelah tidak menemukan tempat untuk melaksanakan khutbah, ia kembali ke tenda. Dilihatnya Shofi yang tubuhnya sudah melemah, lembab dan cenderung kebiru-biruan. Di tempat inilah, Shofi menyampaikan pesan kepadanya dengan kalimat sebagai berikut:

“Anakku, jika kita ditakdirkan dapat kembali pulang ke tanah air, betapa aku sangat bahagia. Di sini dan di tempat ini, aku memintamu, jika Allah memberi rezeki kepadamu, bantulah kyai kamu, namanya Kholid untuk mendaftar ibadah haji. Aku kasian kepadanya. Dulu ketika kamu masih kecil, ia tidak jadi berangkat haji. Ia ketipu karena menggunakan paspor hijau. Bahagia rasanya, jika kamu berkenan memberi sedikit banyak bekal untuk kepergiannya.

Anakku. Aku juga nitip adikku namanya Istiqomah. Dialah putri bapakku atau kakekmu yang hidupnya paling susah. Aku tidak memintamu untuk memberangkatkan haji, tetapi, jika dia membutuhkan sesuatu untuk keberlangsungan hidupnya, bantullah semampu kamu. Jagalah persaudaraan di antara kamu. Tidak boleh bertengkar dan jangan lupa melaksanakan shalat.”

Suara itu sangat pelan dan parau. Shofi semakin menggigil kedinginan. Crhonos demikian takut akan suasana seperti ini. Ia memeluk dan mendekapnya dengan hangat. Ia berdo’a kepada Tuhannya dengan mengatakan: “ya Allah berilah kekuatan untuk bapakku. Aku percaya hanya diri-Mulah yang pantut menjadi penjaga terbaik bagi keberlangsungan hidup bapak-ku.

Shalat dhuhurpun dimulai. Lalu jama’ah di masing-masing maktab melaksanakan shalat secara berjama’ah. Setelah itu ternyata dilangsungkan khutbah oleh salah seorang Ketua rombongan yang paling senior. Cita-cita Crhonos untuk mendengarkan khutbah seperti Nabi pernah melakukannya, yang didengarkan oleh satu khatib, ternyata tidak dapat dia lakukan. Khutbah Nabi yang terakhir kalinya di Arofah itu berkisar tentang.

Menjaga Harta dan Menjauhi Riba

Wahai manusia. Tolong dengarkanlah perkataanku. Tidak tahu, apakah aku akan menjumpaimu di tempat wukuf ini, setelah tahun ini kita lewati.  Dengakanlah, sesungguhnya darah dan harta kamu semua adalah kemuliaan. Haram hukumnya dirusak orang lain. Darah dan hartamu, sama mulianya dengan negeri ini.

Wahai umat manusia. Sejak saat ini, segala bentuk tradisi jahiliyah tidak boleh dipakai lagi. Segala bentuk perbuatan anti kemanusiaan seperti membunuh dan berperilaku dendam, semuanya batal dan tidak boleh berlaku. Pembunuhan balasan atas terbunuhnya Ibnu Rabi’ah bin Harits yang terjadi pada masa jahiliyah, sudah tidak lagi diperlukan.

Sejak hari ini, transaksi riba sudah tidak lagi berlaku. Transaksi semacam ini, pernah dilakukan Abbas bin Abdul Muthalib. Semua transaksi riba batal.

Menjauhi Syeitan dan Menghormati Bulan Suci

Wahai manusia. Syeitan telah putus asa untuk dapat disembah manusia di negeri ini. Namun haruslah diingat, syetan masih terus berusaha (untuk menganggu kamu) dengan cara yang lain. Syeitan baru merasa puas jika kalian melakukan perbuatan tercela. Jagalah agama-mu dengan baik.

Wahai umat manusia. Zaman akan terus berputar. Perputaran ini persis seperti berputarnya pada saat Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun adalah dua belas bulan. Empat bulan diantaranya adalah bulan-bulan suci. Tiga bulan karakternya berturut-turut, yakni: Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah dan Muharram. Berikutnya dalah bulan Rajab yang hadir di antara bulan Jumadil Akhir dan bulan Sya’ban.

Menjaga Wanita

Takutlah kamu semua kepada Allah dan jagalah kaum wanita. Wanita yang kamu jadikan sebagai isteri, mengandung makna amanah Allah. Kehormatan mereka telah dihalalkan bagi kamu semua dengan nama Allah.

Kalian memiliki kewajiban terhadap isteri-isteri kamu. Sama dengan isteri kamu yang mempunyai kewajiban terhadap diri kamu. Kewajiban mereka terhadap kamu di antaranya adalah tidak boleh memberi izin masuk orang yang tidak kamu suka ke dalam rumah kamu. Jika mereka melakukan hal demikian, maka pukullah mereka dengan pukulan yang tidak membahayakan. Sedangkan kewajiban kamu terhadap mereka adalah memberi nafkah, dan pakaian yang baik kepada mereka.

Mengikuti Nash dan Taat kepada Pemimpin

Sungguh, aku telah meninggalkan dua hal bagi kalian. Jika kamu semua berpegang teguh dengan apa yang aku tinggalkan itu, maka kamu tidak akan tersesat selama-lamanya. Itulah Kitab Allah [Al-Quran] dan sunnah nabi-Nya [Al-Hadits].

Wahai umat manusia. Dengarkan dan ta’atlah kamu semua kepada pemimpin kamu. Sekalipun kalian dipimpin seorang hamba sahaya dari negeri Habsyah yang berhidung pesek, selama dia tetap menjalankan ajaran kitabullah (Al- Quran ) kepada kalian semua, maka, wajib hukumnya kalian mengikutinya.

Lakukanlah sikap yang baik terhadap hamba sahaya. Berikanlah makan kepada mereka dengan apa yang kamu makan dan berikanlah pakaian kepada mereka dengan pakaian yang kamu pakai. Jika mereka melakukan sesuatu kesalahan yang tidak dapat kamu ma’afkan, maka juallah hamba sahaya tersebut dan janganlah kamu menyiksa mereka.

Wahai ummatku. Dengarkan dan perhatikanlah perkataanku. Setiap muslim adalah saudara bagi muslim yang lain. Seseorang tidak dibenarkan mengambil hak milik saudara kamu itu, kecuali dia dengan senang hati memberikannya kepadamu. Janganlah kamu menganiaya diri kamu sendiri.

Pesan Kesaksian Kerasulan

Di saat ini, aku ingin menyampaikan pesan khusus kepada kalian semua. Kamu semuanya, ya semuanya akan menemui Allah. Setelah kepergianku nanti, janganlah kamu menjadi sesat seperti sebagian kamu memukul tengkuk sebagian yang lain. Hendaklah mereka yang hadir dan mendengar khutbah ini menyampaikan kepada mereka yang tidak hadir. Mungkin nanti orang yang mendengar berita tentang khutbah ini lebih memahami daripada mereka yang mendengar langsung pada hari ini.

Jika kamu ditanya tentang aku, maka apakah yang akan kamu katakan? Semua yang hadir menjawab: Kami bersaksi bahwa engkau telah menyampaikan tentang kerasulanmu, engkau telah menunaikan amanah, dan telah memberikan nasehat. Sambil menunjuk ke langit, Nabi Muhammad sebagaimana dieiwayatkan Imam Bukhari berkata: “Ya allah, saksikanlah pernyataan mereka ini.. Ya Allah saksikanlah pernyatan mereka ini.. Ya Allah saksikanlah pernyataan mereka ini… Ya Allah saksikanlah pernyatan mereka ini”

Khutbah semacam ini, ternyata tidak diperoleh Crhonos. Ia agak sedikit kecewa. Mengapa bisa begini. Shofi langsung memegang tangan Crhonos dan mengatakan: “Ini bukan zaman Rasul. Ini zaman baru dan era baru. Betawakallah, karena bersikap tawakal adalah modal utama haji”.  Ia kembali diam tidak jadi berbicara. By. Charly Siera –bersambung–

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. Lenny Erdiani Choerun Nissa berkata

    Di part 20 ini keadaan tubuh shofi mulai melemah, ia pun berpesan kepada anaknya chronos agar senantiasa membantu orang yang sulit dan selalu menjaga tali persaudaraan. Khutbah yg terakhir di arafah berkisar tentang.
    1. Mebjaga harta dan menjauhi riba
    2. Menjauhi setan dan menghormati bulan suci
    3. Menjaga wanit
    4. Mengikuti Nash dan taat kepada pemimpin
    5. Pesan kesaksian kerasulan.

  2. Amalia Fitriyanti berkata

    Dalam part 20 ini, terdapat pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya. Bahwasanya sesama umat muslim adalah saudara, apalagi jika itu adalah benar-benar saudara. Maka dengan begitu kita harus saling membantu. Begitupun dengan seorang kyai chronos dan adik dari pak shofi bahkan saudara-saudara pak shofi yang kurang mampu, chronos diminta untuk membantunya. Karena hidup itu harus saling membantu

  3. siti hayyun berkata

    dalam part ini, pesan shofi kepada chronos bisa dapat kita amalkan. bahwa tetaplah menjalin tali silaturahim kepada kerabat kerabat dan guru guru orang tua kita meskipun orang tua kita sudah tiada. dalam part ini juga chronos memiliki cita cita ingin mendengarkan khutbah seperti yang pernah Nabi sampaikan bahwa menjaga harta dan menjauhi riba, menjauhi syetan dan menghormati bula suci, menjaga wanita , mengikuti nash dan taat kepada pemimpin. akan tetapi cita cita itu tidak terwujudkan. khutbah yang di sampaikan oleh sang khotib bukan seperti itu isinya. akan tetapi shofi menguatkan chronos bahwa tetaplah bertawakal kepada Allah, karena tawakal adalah modal utama haji

  4. fajar maulana berkata

    Dalam part 20 ini seolah-olah mengajari kita tentang tolong lah orang lain yang tidak seberuntung kita, cari lah rizki dengan halal dan jauhi lah riba. Hormatilah bulan-bulan suci dan lindungilah wanita. Jauhilah syeitan karena syeitan yang akan membawa kita ketempat yang seburuk buruknya yaitu neraka.

  5. dezidni MPI3 berkata

    part 20 ini mengajarkan kita akan pentingnya menjaga perdamaian dan persaudaraan,saling menasehati satu sama lain,alam ma’ruf nahyi munkar.
    sebagai mana firman alloh dalam Q.S.al-asr 2-3: “sesungguhnya orang orang berada dalam kerugian”kemudian alloh menjutkan dalam ayat ketiga siapakah orang orang yang tidak termasuk orang rugi?? “kecuali orang-orang yamg beriman dan beramal sholeh saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran”
    semoga kita senantiasa istiqomah akan segala apa yang alloh perintah kan dan menjauhi yang alloh larang.

  6. Hasanatun Nadia berkata

    Bismillah..
    Semua umat manusia yang mengimani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam pasti juga ingin mendengarkan khutbah beliau yang mulia itu. Hanya orang-orang terbaik generasi sahabat saja yg beruntung bisa mendengarkan khutbah Rasulullah. Generasi kita sekalipun melalui rekaman pun tak dapat mendengarkan, hanya bisa membaca tulisan yg berisi sirah Nabi saja. Semogaa kita kelak ketika di akhirat bisa berjumpa dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Aamiin.

  7. Siti Hamidah Tadris IPS A / 1 berkata

    Part 20 , Subhanallah para jamaah tidak ada henti-hentinya mengucapkan kalimat talbiyah. Persiapkanlah hati kita sebaik mungkin dan membaca talbiyah selama menunggu prosesi wukuf. Berpegang teguhlah pada Nash Al-Qur’an dan taat pada pemimpin.

  8. Elok Firdausiana berkata

    Pada part 20 ini, dengan keadaan yang semakin melemah, shofi masih sempat untuk memberikan nasehat dan pesan kepada Chornos untuk yetap berbuat baik. Dengan kebaktiannya Chornos kepada orang tuanya, maja chornos rela tidak ikut mendengarkan khutbah yang selama ini ia tunggu-tunggu demi menjaga orang tuanya yang keadaan fisiknya sangat lemah, tetapi dalam hal ini tidak ada kekecewaan sedikitpun dalam diri chornos demi menjaga orang tuanya yang keadaannya semakin melemah

  9. Elok Firdausiana berkata

    Dalam part ini, dengan keadaan yang semakin melemah, Shofi masih sempat memberikan nasehat dan pesan kepada Chronos untuk tetap berbuat baik kepada saudara2nya dan juga harus tetap menjaga hubungan persaudaraannya. Dengan kebaktiannya Chronos kepada orang tuanya, maka Chronos rela untuk tidak mendengarkan khutbah yang selama ini ia tunggu2, ia rela tidak mendengarkan khutbah demi menjaga orang tuanya yang keadaan fisiknya sangat lemah, tetapi dalam hal ini tidak ada kekecewaan sedikitpun pada diriChronos.

  10. Fariz maulana ibrahim tadris ips a/1 berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    Part 20
    Manfaat yang bisa kita ambil adalah kita harus mementingkan nasihat orang tua dibanding apapun,karena orang tua adalah segalanya,meskipun amanat itu bertolak belakang dengan keinginan kita,kita harus tetap tunduk kepada perintahnya.
    Terima kasih
    Wassalamualaikum wr.wb

  11. M. DIDI WAHYUDI berkata

    Setelah beberapa waktu mendampingi bapaknya, Crhonos pamit minta idzin ke luar tenda. Ia terus menyaksikan langit yang seolah mendekati bumi. Ia mengatakan bahwa, saat inilah trilyunan Malaikat turun ke bumi. Sambil terus berdo’a menurut keinginan dan keyakinannya, Crhonos berjalan ke sana ke mari. Ia mencari suasana baru sambil bolak-balik mencari tempat, di mana kira-kira ia dapat mendengarkan khutbah haji.

  12. Isah Siti Khodijah berkata

    Bismilahirahmanirahim
    Asalamualaikum wr wb
    Nasihat yang diberikan Shofi terhadap Chronos untuk menjaga persaudaraan antar manusia dan keluarga dimana kondisi Shofi yang semakin parah. Chronos terus berdoa untuk Bapaknya. Khutbah Nabi yang terakhir kalinya di Arafah adalah:
    1. Menjaga harta & menjauhi riba.
    2. Menjauhi Syeitan & menghormati bulan suci.
    3. Menjaga wanita
    4. Mengikuti nash & taat kepada pemimpin
    5. Pesan kesaksian kerasulan.
    Khutbah semacam ini ternyata tidak diperoleh Chronos. Shofi yang melihat kondisi tersebut langsung memegang tangan Chronos dan mengatakan ” ini bukan zaman rasul, ini zaman baru”, bertakwalah, karena bersikap tawakal adalah modal haji.
    Seorang Ayah harus selalu menenangkan hati seorang anaknya selayaknya seorang Ayah memiliki sikap tenang seperti Shofu.
    Terimakasih
    Wasalamualaikum wr wb

  13. Farrin nurul aina berkata

    Pada part 20 ini dengan keadaan tubuh shofi yang semakin melemah dia tetap saja memperdulikan orang lain, dia menitipkan pesan kepada crhonos untuk memberangkatkan haji kyai kholid dan menyuruh membantu adiknya yaitu istiqomah yang hidupnya cukup susah.
    Pada part 20 ini juga berisi tentang khutbah rasuo yang berisi
    1.menjaga harta dan menjauhi riba
    2. Menjauhi syetan dan menghormati bulan suci yaitu muharam, dzulqadah, dzulhijah dansyaban
    3.menjaga wanita yaitu menjaga kehormatan wanita yang halal bagimu dan berikanlah nafkah dan pakaian yang baik.
    4. Mengikuti Nash yaitu Al-quran dan sunnah rasul dan mengikuti pemimpin selagi pemimpin itu mengarahkan ke jalan yang baik
    5.pesan kesaksian kerasulan

  14. Aida Nur Aisyah berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Bismillahirahmanirahim
    Dalam part 20 ini, saya lagi-lagi kagum pada sosok Shofi. Karena pada saat dirinya membutuhkan perhatian orang lain dan dalam keadaan sakit parah Shofi justru lebih memikirkan orang lain. Shofi sepertinya tidak ingin menyisakan sedikit waktunya tanpa berbuat kebaikan. Semoga saya dapat meniru sikap Shofi yang demikian itu.
    Sekian
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  15. Silmy Awwalunnis
    Silmy Awwalunnis berkata

    Disaat sepenting ini Chronos sanagt kebingungan, ia senang bercampur sedih. disisi lain keadaan shofi semakin arah, ia semakin melemah hingga tad dapat berbuat banyak. denan cekatan chronos memeluk shofi yang kini semakin menggigil dan membiru, di sela sela gigilannya shofi berpesan agar chronos tetap menjaga perdamaian dan menjaga adiknya yaitu Istiqomah juga untuk membantu kiainya berangkat haji.

  16. dhini apriliani berkata

    Asalamualaikum
    Chronos dn rombongan haji lainnya akan mendengarkan khutab, crhonos melihat keadaan shofi yang semakin melemah, semakin kurus, dan badannya kini membiru dan menggigil.melihat keadaan shofi yang seperti itu, hati crhonos terenyuh dan menangis, chronos pun memeluk shofi kemudian shofi memberi nasihat kepada crhonos, salah satunya yaitu untuk menjaga adik dari shofi yaitu istiqomah dan menjaga persaudaraan.

  17. dhini apriliani berkata

    Asalamualaikum
    di arafah, crhonos dan jama’ah haji lainnya akan mendengarkan khutab, crhonos melihat keadaan shofi yang semakin melemah, semakin kurus, dan badannya kini membiru dan menggigil.melihat keadaan shofi yang seperti itu, hati crhonos terenyuh dan menangis, chronos pun memeluk shofi kemudian shofi memberi nasihat kepada crhonos, salah satunya yaitu untuk menjaga adik dari shofi yaitu istiqomah dan menjaga persaudaraan.

  18. Fifit Fitri Nur'aeni/Ips/1B berkata

    Assalamualaikum
    pagi hari tanggal 09 Dzulhijjah, gemuruh suara takbir, tahmid dan tasbih berbunyi merdu. Suara menggema dan seolah menggetarkan langit dan bumi. Charnos pun selalu berdoa dan meminta pertolongan kepada allah untuk menguatkan sofi . Di aitu sofi memberi wasiat kepada charnos untuk memberangkatkan haji teman nya yang sempat tertipu karna pasport palsu dan menjaga adik kake nya .
    Charnos sangat menginginkan mendengarkan khutbah di situ.
    Berikut isi khutbah rasul terakhir di padang arafah:
    1. Menjaga harta dan menjauhi riba
    2. Menjauhi syaitan dan menghormati bulan-bulan suci yaitu bulan muharram, dzulqadah, dzulhijjad dan sya’ban.
    3. Menjaga wanita, yaitu menjaga kehormatan wanita yang halal bagimu dan memberi nafkah dan pakaian yang baik.
    4. Mengikuti nash yaitu al-quran dan sunnah rasul dan menaati pemimpin, selam pemimpin tersebut tetap memenjalankan kitabullah kepada kalian.
    5. Pesan keasksian kerasulan bahwasnnya rasul telah menyampaikan kerasulannya, menyampaikan amanah dan memberikan nasehat.

  19. Muhamad Udin berkata

    Bismillahirrahmaanirrahiim
    pada part ini bnayak sekali pesan saat khutbah rasul terakhir di padang arafah yaitu
    – Menjaga Harta dan Menjauhi Riba
    – Menjauhi syaitan dan menghormati bulan-bulan suci yaitu bulan muharram, dzulqadah, dzulhijjad dan sya’ban.
    – Menjaga wanita, yaitu menjaga kehormatan wanita yang halal bagimu dan memberi nafkah dan pakaian yang baik.
    – Mengikuti nash yaitu al-quran dan sunnah rasul dan menaati pemimpin, selam pemimpin tersebut tetap memenjalankan kitabullah kepada kalian.
    – Pesan keasksian kerasulan bahwasnnya rasul telah menyampaikan kerasulannya, menyampaikan amanah dan memberikan nasehat.

  20. Riana Sri Anisah -MPI/4 berkata

    subhanallah, pada tanggal 09 Dzulhijjah tepatnya pagi hari , gemuruh suara takbir, tahmid dan tasbih berbunyi merdu. Suara menggema dan seolah menggetarkan langit dan bumi. Di sinilah, Crhonos terus berdzikir. Sholat yang disertai khutbah dengan pesan menjaga ketaqwaan kepada Allah dan menjauhi laranganya.

  21. Indah kusumawati (mpi-4) berkata

    Part 20 menanti muslim internasional meeting di arafah. Pada tgl 9 dzulhijah semua manusia dari penjuru dunia berkumpul dani dan mendengarkan khutbah oleh imam ka’bah. Crinos ingin mendengarkan khutbah sperti kbutbahnya rosulullah, tetapi hal tersebut tidak di temuinya. Lalu pak shopi pun berkata kepada anaknya bahwa zaman rosulullah sudah berbeda sekarang sudah zamannya modern jadi tidak dapat disamakan lagi. Pak shopi terlihat tambah parah karna penyakitnya dan ia berpesan kpd cronos untuk memberangkatkan kiyai anaknya itu dan membantu kelangsungan hidup adik pak shopi karena hidupnya susah. Pak shopi berharap bisa pulang kembali ke tanah air. Disitulah mereka bercucuran air mata. Subhanallah

  22. Siti Sutihatin MPI/4 berkata

    Jutaan manusia dari seluruh penjuru dunia berkumpul untuk mendengarkan khutbah haji di Arafah. Adapun isi khutbah haji itu antara lain menjaga harta dan menjauhi riba, menjauhi setan dan menghormati bulan-bulan suci, menjaga wanita, mengikuti nash, dan pesan kesaksian rasul.

  23. Rahmat Maulana (MPI-4) berkata

    Subhanallah, jutaan umat muslim seluruh penjuru dunia semuanya menyeru kepada Allah, begitu pula crhonos yang menantikan akan perkumpulan tersebut ikut menyeru dan berdzikir kepada Allah. Akan tetapi pada saat itu kesehatan shofi menurun. Salah satu pesan yang dapat diambil adalah kita hendaknya senantiasa mensucikan bulan-bulan yang dihormati diantaranya bulan muharram, bulan dzulqaddah, bulan dzulhijjah, dan bulan sya’ban.
    Somoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mengingat kepada Allah SWT.

  24. Muslim yang baik tentu memiliki kewajiban untuk berbakti kepada orang tua, baik ibu maupun ayah. Agama Islam mengajarkan dan mewajibkan anak untuk berbakti dan taat kepada ibu dan ayah. Taat dan berbakti kepada kedua orang tua adalah sikap dan perbuatan yang terpuji. Begitu juga sikap chronosydang rela tidak mendengarkan khotbah demi menjaga sofi ysng terbaring sakit

  25. MAFTUHAH MPI/4 (1415109011) berkata

    di arafah, kemudian crhonos dan jama’ah haji lainnya akan mendengarkan khutab, crhonos mlihat keadaan shofi yang semakin melemah, semakin kurus, dan badannya kini membiru.melihat keadaan shofi yang seperti itu, hati crhonos terenyuh dan menangis, kemudian shofi memberi nasihat kepada crhonos, salah satunya yaitu untuk menjaga adik dari shofi yaitu istiqomah.

  26. siti halimah MPI/4 berkata

    Part 20
    Bismillahirrahmanirahim, ,
    Pada tanggal 20 dzulhijah ini chronos terus berdzikir, dimana saat itu kondisi shopi semakin melemah, beliapun memberikan berbagai wasiat kepada chronos. Saat solat dhuhur tiba cita-cita chronos untuk mendengarkan khutbah seperti nabi pernah melakukanya adapun isi khutbah tersebut mengenai menjaga harta dan menjauhi riba, menjauihi syetan dan menghormati bulan suci, menjaga wanita, menguti nash dan taat kepada pemimpin, dan pesan kesaksian kerasulan. Namun khutbah ini tidak diperoleh oleh chronos karena shopi memegang tangannya dan ia berkata ini jaman baru dan era baru.

  27. Sri Rahayu MPI/4 (1415109025) berkata

    Bismillah…………
    Pada part 20 ini banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil namun yang sangat berkesan pada diri saya ketika Shofi memberi nasihat kepada Chronos yaitu jika kita mampu maka bantulah orang lain, sebagaimana yang diamanahkan Shofi agar bisa membantu keberangkatan Kiyai Kholid, selanjutnya menjaga keluarga yaitu membantu keluarga kita yang dalam keadaan sulit dan membutuhkan kita sebagaimana yang disampaikan Shofi kepada Chronos agar membantu Istiqomah adik dari Shofi. dari dua hal ini saya sadar bahwa harta yang kita miliki bukanlah milik kita pribadi namun juga ada hak orang lain untuk kita keluarkan guna membantu mereka.
    Barokallah……..

  28. Winda Dwi Nurrachmawati (1415109032) MPI-4 berkata

    Dalam part 20 ini, menceritakan bagaimana keteguhan hati chronus dalam menjalankan ibadah haji dengan bersamaan merawat orangtua yang memang dalam kondisi tidak baik kerelaan chronus tidak mendengarkan khutbah demi menjaga shofi.
    Chronus dan shofi terus saling menjaga diri mereka dan terus melaksanakan rangkaian puncak ibadah haji dengan kondisi yang memang dipaksakan.
    Dalam part ini menggambarkan gemaan dan seruan kalimat-kalimat takbir, tahmid dan dzikir kepada Allah yang sangat agung.

  29. Firman Maulana mpi smt 4 berkata

    Part 20
    Bagian ini menceritakan betapa besarnya keinginan chronos untuk bisa mendengarkan khutbah, tetapi shofi mencegah nya dan menasehatinya. Kemudian chronos pun menuruti apa yg dikatakan shofi. Part 20 ini mengajarkan kita bahwasanya memprioritaskan orang tua kita lebih utama dibandingkan mengikuti hawa nafsu kita.

  30. Asiro MPI/4 (1415109002) berkata

    Bismillahirrahmaanirrahiim…
    Dalam novel part 20 ini yang berjudul “Menanti Muslim Internasional Meeting di Padang Arafah”, Chronos sangat menantikan seluruh jutaan umat manusia dengan pakaian yang serba putih, duduk di atas batu-batu yang berbukit. Ia membayangkan seluruh jama’ah sedunia berkumpul mendengarkan sebuah khutbah internasional yang disampaikan imam Ka’bah atau setidaknya pemimpin OKI. Namun ia tidak mendapatkan apa yang seperti dalam bayangannya, hingga akhirnya ia kecewa namun sofi tetap memberikan motivasi kepada chronos agar selalu bertawakal meski bayangannya tidak sesuai dengan kenyataan.

  31. Muhammad Yasir Arafah MPI/4 (1415109012) berkata

    Bismillahirrahmanirrahim, dalam part ini kondisi tubuh shofi semakin melemah. Sempat terucap wasiat yang diberikan shofi kepada chronos. Yang perlu kita teladani, ketawakalan shofi dan cara mengajarkannya kepada anaknya yaitu chronos.

  32. Sri Hardianti-MPI/4-1415109024 berkata

    bismillah..
    dalam part dua puluh ini yang berjudul “menanti muslim internasional” Masyaalloh seluruh umat muslim tumpah ruah dan kalimat talbiyah berkumandang tiada henti.. maha besar alloh yang menciptakan persatuan dalam perbedaan-perbedaan supaya kita semua saling mengenal.

  33. Siti Nurbaeti (1415109022)-MPI/4 berkata

    Saya kagum akan keta’dhiman Chronos terhadap Shofi. Ia rela tidak mendengarkan khutbah yang selama ini inginkan demi menemani bapaknya. Inilah salah satu pelajaran yang dapat di ambil dari part 20 yakni memuliakan orang tua daripada menuruti hawa nafsu diri sendiri

  34. Nur Aliffah/ MPI-4 berkata

    Dalam part ini. Banyak sekali pesan yang disampaikan. salah satunya yaitu khutbah menjaga wanita.
    dalam part ini chronos dan jama’ah haji yang lain tidak ada henti-hentinya menguapkan kaliamt talbiyah. sungguh menyentuh hati part ini, semoga saya dan keluarga saya bisa berangkat ketanah suci ya Allah amin….

  35. Yunita Nur RahmawatiMPI/4 (1415109034) berkata

    Di part 20 ini Di pagi hari tanggal 09 Dzulhijjah, gemuruh suara takbir, tahmid dan tasbih berbunyi merdu. Suara menggema dan seolah menggetarkan langit dan bumi. Di sinilah, semua jama.ah haji terus berdzikir.

  36. Ega Sugandi (1415109003) MPI/4 berkata

    Menanti Muslim Internasional Meeting di Arafah. Di pagi hari tanggal 09 Dzulhijjah, gemuruh suara takbir, tahmid dan tasbih berbunyi merdu. Suara menggema dan seolah menggetarkan langit dan bumi. Di sinilah, Crhonos terus berdzikir. Sholat yang disertai khutbah dengan pesan menjaga ketaqwaan kepada Allah dan menjauhi laranganya.

  37. pujiati MPI/4 berkata

    sesampainya chronos di padang arafah tidak henti-hentinya shofi dan chronos mengumandangkan kalimat-kalimat talbiyah, gemuruh suara seolah meruntuhkan langit kala itu. ribuan orang pun tiada henti mengucapkan syukur atas segala anugerah Tuhan yang tiada taranya. banyak pesan yang disampaiakan pada part 20 ini, salah satunya khutbah tentang menjaga wanita dan menjaga harta dari riba,

  38. Asyifa Nuraeni Kartika Ali/MPI/4 berkata

    bismillahirrahmanirrahim
    Dalam part 20 ini menceritakan saat wakaf, gemuruh suara takbir, tahmid dan tasbih jamaah haji. Suara menggema dan seolah menggetarkan langit dan bumi. Pada saat itu pula Crhonos terus berdzikir. Ia membaca berbagai kalimah mustajabah menurut ukuran dirinya. Tetapi lagi-lagi kesehatan ayahnya yang terus menurun. Pesan yang dapat kita ambil dalam part 20 ini yaitu kita sebagai umat muslim kita harus berpegang teguh pada Nash Al-Qur’an dan taat pada pemimpin kita semua, terutama peimpin muslim.

  39. Lu'lu Atul alawiyah (1415109010) MPI/4 berkata

    Bismillahirrohmanirrohim…
    Subhanallah para jamaah tidak ada henti-hentinya mengucapkan kalimat talbiyah. Persiapkanlah hati kita sebaik mungkin dan membaca talbiyah selama menunggu prosesi wukuf. Lakukan shalat zhuhur dan ashar dengan cara jama’ qashar taqdim artinya dikerjakan pada waktu zhuhur dan dilaksanakan secara berjamaah. Kemudian mendengarkan khutbah Arafah. Rasulullah saw bersabda: “Sebaik-baik doa adalah doa di hari Arafah dan sebaik-baik doa yang dibaca olehku dan para nabi sebelumku adalah ‘laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir”
    (HR Turmudzi).

  40. Ririn Nur'aeni berkata

    bismillah di part 20 inii..
    kesehatan shofi semakin melemah, tubuhnya mulai kebiru-biruan dengan suara yang pelan ia memberikan pesan kepadanya anaknya cronos untuk membantu kyai nya yaitu kyai kholid untuk berangkat haji betapa bahgianya jika cronos dapat membantu kyainya yang tidak bisa berangkat haji karena kena tipu, pesan kedua yang disampaikan shofi adalah agar cronos membantu adik perempuan shofi dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, dan yang terakhir adalah agar cronos tetap menjaga hubungan persaudaraan dengan saudara-saudaranya jangan bertengkar dan untuk tetap menjaga sholatnya.

  41. uyunurrohmah MPI semester4 berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    Berikut isi khutbah rasul terakhir di padang arafah:
    1. Menjaga harta dan menjauhi riba
    2. Menjauhi syaitan dan menghormati bulan-bulan suci yaitu bulan muharram, dzulqadah, dzulhijjad dan sya’ban.
    3. Menjaga wanita, yaitu menjaga kehormatan wanita yang halal bagimu dan memberi nafkah dan pakaian yang baik.
    4. Mengikuti nash yaitu al-quran dan sunnah rasul dan menaati pemimpin, selam pemimpin tersebut tetap memenjalankan kitabullah kepada kalian.
    5. Pesan keasksian kerasulan bahwasnnya rasul telah menyampaikan kerasulannya, menyampaikan amanah dan memberikan nasehat.

  42. Nailiyatul Farhah MPI/4 (1415109013) berkata

    Bismillahirrohmanirrohim,
    SubhanAllah semua umat manusia mengucapkan kalimat talbiyah, mengagungkan ke agungan Allah. Sungguh luar biasa umat manusia yang bisa menjaga dirinya dari syaithon dan menghormati bulan suci islam. Berpegang teguhlah pada Nash Al-Qur’an dan taat pada pemimpin.