Kunci Sukses Mendesain Rumah Modern Tropis

0 5

Dahulu, pendahulu kita membangun rumah dengan memperhatikan kondisi iklim daerahnya. Atap bangunan rumah sengaja dibuat tinggi dengan teritisan yang lebar, sebagai antisipasi untuk meminimalisir sinar matahari dan tampias air hujan. Rumah pun memiliki teras dan dibuat model panggung agar udara mengalir dengan bebas.

Ciri khasnya adalah adalah penggunaan bahan bangunan yang memang datang dari alam sekitarnya, seperti kayu, bambu, dan ilalang. Bahan alamiah tersebut diterapkan sebagal dinding atau penutup atap.

Bahan-bahan ini dianggap mampu mengendalikan suhu dalam ruangan, sehingga di siang hari terasa sejuk dan di malam hari terasa hangat.

Kekayaan budaya Indonesia juga berpengaruh pada desain rumah tradisional di setiap daerahnya. Hal tersebut terlihat dari ragam ornamen yang menghiasi rumah tradisional. Desain rumah seperti demikian memang merupakan rancangan teruji yang ideal dibangun di iklim tropis.

Sementara di belahan dunia lain, misalnya Eropa, sekitar tahun 1920 saat terjadi Perang Dunia Kedua banyak bangunan hancur sehingga dibutuhkan pembangunan yang cepat, sesuai fungsi, dan tidak memakan banyak biaya.

Semenjak saat itu banyak bangunan didirikan dengan penggunaan bahan-bahan fabrikasi. Pada akhirnya rumah yang dihasilkan memiliki gaya arsitektur yang kemudian dikenal sebagai arsitektur modern. Beberapa karya arsitektur modern yang dikenal banyak orang adalah karya yang didesain oleh Louis Sulivan, Le Corbusier, dan Frank Lyod Wright.

Cikal bakal arsitektur modern yang mengusung sebuah paham yang terkenal di telinga para praktisi arsitektur adalah form follow function atau bentuk mengikuti fungsi. Kemajuan teknologi dan budaya barat pun mempengaruhi perkembangan pembangunan di Indonesia. Salah satunya adalah pengaruh gaya bangunan.

Gaya bangunan modern menjangkiti’ rumah berdesain tropis. Lalu keduanya dikembangkan dan dipadukan sehingga menghasilkan desain Rumah Modern Tropis.

Sebagai contoh, adanya kombinasi antara atap pelana dan teritisan yang lebar, dipadukan dengan beberapa kanopi jendela yang terbuat dari beton. Bangunan rumah dibuat panggung dengan bahan pondasi menggunakan beton, besi, atau baja. Hal tersebut pada akhirnya menambah kekayaan khasanah desain Rumah Modern Tropis di iklim Indonesia.

Kenali panduannya

Sebelum berencana menerapkan konsep desain Rumah Modern Tropis, sebaiknya ketahui terlebih dahulu poin-poin penting yang bisa memudahkan proses pembangunan dan desain.

  • Tentukan orientasi bangunan. Ada baiknya bangunan menghadap ke utara atau ke selatan. Hindari muka bangunan menghadap ke arah barat agar tidak terlalu silau karena sinar matahari akan langsung mengarah ke jendela rumah Anda.
  • Atur penghawaan alami dengan baik. Maka dari itu desain rumah harus memiliki ventilasi silang atau cross ventilation.
  • Atur pencahayaan alami dengan tepat. Usahakan ruang-ruang seperti ruang tidur dan kamar mandi bisa mendapatkan pasokan cahaya alami. Dengan begitu rumah akan lebih hemat energi dan terbebas dari kuman.
  • Aplikasikan kemiringan sudut atap 30˚ dengan lebar teritisan minimal 80-100 cm.
  • Sediakan ruang luar berupa teras, dapat di depan rumah atau di belakang rumah.
  • Tinggikan lantai bangunan hingga 80cm sehingga ruang dalam terasa lebih dingin dan terhindar dari kelembapan.
  • Letakkan bukaan jendela di bagian yang terkena matahari pagi dan hindarkan dari matahari sore.
  • Komposisikan elemen bangunan dalam bentuk-bentuk geometri yang selaras dengan sedikit ornamen. Jika ingin menambahkan ornamen, berikan elemen garis-garis vertikal atau horisontal.
  • Rancang penataan ruang sesuai kebutuhan dan kebiasaan penghuni rumah. Dengan begitu, akan dihasilkan penataan ruang yang fungsional.
  • Gunakan material bangunan yang tahan terhadap kondisi lingkungan setempat, misalnya kusen dari PVC atau anti rayap.
  • Tata taman rumah agar lebih asri dan rindah, sehingga rumah jauh dari kebisingan dan dapat menurunkan suhu panas di luar rumah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.