Menelusur Lebih Dalam Sejarah Awal Munculnya Jurnalisitik

0 69

Sebelum membahas sejarah jurnalistik, alangkah baiknya kita mengetahui makna dari kata jurnalistik. Dalam beberapa uraian yang disuguhkan internet ataupun buku-buku, penulis dapati kesamaan dari makna jurnalistik, yakni ai???Proses kegiatan yang berkaitan dengan penulisan ataupun mediaai???. Dari sisi istilah, Jurnalistik berasal dari bahasa Inggris yakni kata Jurnal yang artinya ai???Pencatatan atau laporanai???. Sedangkan dari bahasa Belanda jurnalistik berasal dari kata Journaliestiek yang artinya ai???Penyiaran catatan harianai???.

Sejarah awal jurnalistik

Sebenarnya awal mula kegiatan jurnalistik itu belum bisa diketahui secara tepat, artinya masih banyak perdebatan-perdebatan. Tetapi jejak-jejak jurnalistik sudah dimulai terlihat dari zaman Romawi kuno. Tepatnya saat pemimpin Cayus Julius Caesar pada tahun 60-445 SM. Dimana pada saat itu, beberapa papan tulis putih yang dinamakan ai???Acta Diurnaai??? di tempatkan di lapangan terbuka yang dikelilingi beberapa rakyat yang tengah berkumpul, bertujuan agar berita yang disuguhkan di papan tulis tersebut bisa terbaca mereka.

Setelah papan tersebut di tempatkan di lapangan terbuka, yang memungkinkan banyak orang membacanya, dinamakanlah ai???Forum Romanumai??? artinya ai???Stadion Romawiai???. Berita yang orang-orang dapati dari ai???Forum Romanumai??? kemudian disebarluaskan keseluruh wilayah romawi, melalui mulut kemulut.

Dalam papan tulis putih dua macam tulisan dimuatnya. Pertama, Acta Senatus yakni Laporan singkat tentang sidang-sidang senat dan keputusan pemerintah. Kedua, Acta Diurna Populi Romawi yang memuat keputusan-keputusan dan rapat-rapat rakyat beserta berita-berita lainnya. Biasanya macam tulisan yang kedua, dijadikan sebagai bahan propaganda pemerintah Romawi.

Asal mula wartawan

Menurut Hamzah, dkk, wartawan pertama lahir dari masa pemimpin Romawi Cayus Julius Caesar. Mereka merupakan budak yang ditugasi tuannya mencari informasi, berita, sampai menghadiri sidang senat dan melaporkan semua hasilnya baik secara tulisan ataupun lisan.

Ketika beberapa orang tengah berada diluar daerahnya. Mereka akan merasa diuntungkan oleh budak-budak yang ditugasi mencari berbagai informasi atau berita, karena dalam jarak yang tidak memungkinkan mereka bisa mengetahui informasi terbaru dari daerah mereka sendiri atau dari daerah yang mereka kehendaki.

Sejarah jurnalistik dari dunia Islam

Sedangkan sejarah jurnalistik dari dunia Islam, berawal dari zaman Nabi Nuh a.s. Dimana orang pertama yang melakukan kegiatan jurnalistik tersebut ialah Nabi Nuh a.s sendiri, sebagaimana dijelaskan di romelteamedia.

Ketika banjir besar melanda dunia pada saat itu, Nabi Nuh mengutus burung dara untuk memantau keadaan air beserta kemungkinan adanya makanan. Sesampainya kembali burung dara kehadapan Nabi Nuh, Burung dara tersebut memberikan ranting, menandakan bahwa air sudah mulai surut. Kemudian kabar itu langsung disampaikan Nabi Nuh keseluruh penumpang kapal.

Sumber : AS Haris Sumadiria. 2016. ai???Jurnalistik Indonesiaai???. Bandung : Simbiosa Rehatama Media.

Komentar
Memuat...