Inspirasi Tanpa Batas

Menelusuri Kekuasaan Allah adalah Objek Internalisasi | Interactive Learning Part – 6

0 17

Konten Sponsor

Menelusuri Kekuasaan Allah adalah bagian dari objek kajian internalisasi nilai. Objek kajian ini penting diulas untuk mengetahui dan mengukur pada soal apa, objek kajian ini mesti dapat dilakukan. Inilah bagian penting dari kajian internalisasi nilai yang akan dibahas dalam tulisan ini.

Makhluk dalam Internalisasi Nilai

Istilah khalik hanya mengacu kepada Tuhan. Karena itu, makhluk berarti mengacu kepada semua realitas selain Allah. Karena Allah yang berhak menempati psosisinya sebagai khaliq, maka, semua realitas harus dipandang sebagai makhluk. Apapun itu bentuknya.

Persoalan berikutnya, apa yang menjadi primadona dari ciptaan Allah. Di antara sekian banyak ciptaan itu, adalah manusia yang paling tinggi kedudukannya ketika berhadapan dengan makhluk lain. Alquran menyebut posisi secara tegas bahwa dirinya merupakan makhluk yang mendapatkan percikan ruh- Nya. Dalam riwayat hadis juga disebutkan bahwa manusia diciptakan sesuai dengan citra Tuhan. Innallaha khalqa adam ala shuratihi. sungguh, Allah menciptakan manusia sesuai dengan citra-Nya.

Fakta empiris juga menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk paling unik. Kedudukannya tidak pernah selesai dipahami dan didefinisikan. Definisi manusia yang dihasilkan ilmu politik akan jauh berbeda dengan definisi ilmu ekonomi. Definisi manusia dari ilmu sosial jauh berbeda dengan definisi ilmu agama. Karena itu, sekedar mendapat definisi saja, sangat sulit diperoleh manusia.

Karena itu, menjadi dapat dimengerti mengapa sampai sekarang manusia belum bisa memotret dirinya secara utuh. Man the unknown, manusia makhluk yang tetap mengandung misteri yang tidak terpahami. Pertanyaannya, kenapa manusia bisa demikian istimewa sehingga sulit diberi definisi yang memuaskan semua pihak? Karena manusia memiliki unsur-unsur Ilahi, tentu saja di dalam dirinya.

Manusia dan Bayang-bayang Ketuhanan

Manusia bagaikan bayang-bayang Tuhan yang menyejarah. Ia hidup dalam ruang dan waktu. Manusia adalah mikrokosmos yang memiliki daya tampung yang luar biasa besar. Karena itu, ia sering disebut sebagai sesungguhnya macrocosmos. Kedudukan dan fungsinya bahkan melebihi makrokosmos yang ia tempati.

Karena itu dalam adagium tasawuf disebutkan bahwa manusia ibarat seekor belalang kecil yang menempel pada dahan salah satu pohon. Tetapi pengetahuannya jauh melampaui luasnya hutan (tempat sang pohon). Sebagai makhluk yang diciptakan dengan citra Tuhan dan mendapatkan percikan ruh-Nya, logis kalau manusia memiliki unsurunsur Ilahi dan kemiripan sifat dengan penciptanya.[15]

Hanya saja Allah Maha Absolut, Di sisi lain, sifat-sifat Ilahi yang terdapat pada manusia merupakan anugerah-Nya yang bersifat relatif. Manusia memiliki kemampuan mengetahui, tetapi Allah Maha Mengetahui. Manusia mampu mencipta, tetapi Allah Maha Pencipta. Manusia mendengar, Allah Maha Mendengar. Unsur-unsur Ilahi ini sejatinya adalah instrumen yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia supaya bisa menginsafi hakikat dirinya. Melalui pemahaman itu, manusia dapat mengenal, mendekati, dan menjalin hubungan dengan Tuhan yang merupakan asal-usul dan tempat kembali bagi dirinya.

Unsur-unsur itu adalah instrumen yang ditanamkan dalam diri manusia sehingga dia mampu menerima pancaran cahaya Ilahi. Ketika manusia sudah mengenal, mendekat, dan mencintai Tuhan, selanjutnya akan terjadi limpahan energi Ilahi yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia. Karena natur manusia itu fitri, hanif, dan memiliki banyak kesamaan dengan pencipta-Nya, seorang muslim mestinya semakin memiliki sifat kasih sayang mengingat seorang muslim paling banyak menyebut dua sifat itu.

Relasi Manusia Tuhan

Singkatnya, relasi antara Tuhan dan manusia ini bisa diilustrasikan dengan besi yang ditempelkan dan digosok-gosokkan pada magnet. Pada mulanya, besi itu hanyalah penerima yang secara pasif hanya bisa pasrah ditarik oleh magnet. Namun semakin lama digosok, partikel penyusun besi secara otomatis akan teratur seperti partikel magnet sehingga besi yang tadinya hanya bersifat pasif, sekarang berubah menjadi aktif dan mampu menjadi magnet baru walaupun kualitasnya tidak setara dengan magnet yang asli. Inilah yang disebut sebagai takhalluq bi akhlaqillah.

Melakukaninternalisasi sifat-sifat Ilahi ke dalam diri kita. Proses mengenal dan internalisasi ini berbeda dengan proses mengenali dan memasukkan sari pati makanan untuk tubuh.Untuk mengenal makanan, kita cukup mengetahui, memiliki, kemudian memakannya sehingga makanan itu masuk ke tubuh kita. Namun untuk meniru sifat-sifat Allah perlu kerja keras dan sifat itu sulit masuk kalau diri kita kotor. Kotoran itulah yang menjadi tutup, cover,dan orang yang tertutup hati serta pikirannya disebut kafir sehingga cahaya kebenaran Ilahi sulit bekerja dalam dirinya.

Jika dicermati, sifat dan nama Allah dalam Alquran secara garis besar terbagi dua. Kedua bagian itu, ada yang bernuansa feminin, ada yang bercorak maskulin. Semua nama atau sifat itu terangkum dalam asmaul husna yang berjumlah 99. Hakikat dan dzat Allah sesungguhnya tidak perlu nama dan nama apa pun tidak akan cocok dilekatkan kepada-Nya.

Namun nama dan sifat Allah diperlukan bagi manusia, sebab tanpa nama dan sifat kita sulit memahami dan mendekati-Nya. Bayangkan, seandainya dalam kehidupan ini tidak ada nama, sulit membangun relasi pengetahuan. Kita sulit membedakan antara entitas satu dengan entitas yang lain.

Tentang Ketuhananlah Internalisasi Diimplementasikan

Lebih dari itu, tidak akan tercipta sebuah tatanan dan tidak ada ilmu pengetahuan. Di sinilah letak nilai-nilai edukasi dan relasi di balik nama Tuhan. Dari nama-nama Tuhan itu pula kita dapat mengenal dan meneladani sifat Tuhan untuk selanjutnya dapat kita tiru dan praktikkan ke dalam kehidupan seharihari. Melalui nama-nama Tuhan kita merasakan kehadiran Tuhan yang selalu dekat dan bersama dengan kita sehingga aktivitas kita selalu merasa terawasi, terjaga, dan terdeteksi oleh-Nya.

Berkaitan dengan nama ini, menjadi penting bagi orangtua memberi nama yang bagus dan bermakna kepada anak-anaknya karena nama juga mengandung doa dan harapan. Dengan adanya nama baik pada manusia, benda maupun hewan, kita sangat terbantu untuk memahami dunia sekitar dan membangun klasifikasi serta relasi. Dr. H. Djono

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar