Inspirasi Tanpa Batas

Mengapa Anda Lebih Memilih Bekerja di Perusahaan Startup

0 18

Pasti suatu pekerjaan dalam perusahaan besar memiliki banyak kenyamanan dalam maksud finansial daripada sebuah perusahaan startup. Namun, jika Anda cermati, terdapat sejumlah alasan mengapa Anda lebih memilih bekerja dalam sebuah perusahaan startup.

Anda akan menerima lebih banyak tanggung jawab

Bekerja dalam perusahaan startup berarti Anda adalah bagian dari sebuah tim kecil, mungkin akan lebih sedikit dari 10 orang. Karena kecilnya jumlah anggota tersebut, mungkin dipastikan tak ada orang lain dalam perusahaan yang memiliki keterampilan yang sedang Anda miliki dan tekuni, memecahkan juga masalah dengan pendekatan yang Anda miliki atau bahkan berpikir dengan jalan yang Anda gunakan.

Secara tahapan, kredibilitas dan kepakaran Anda dalam sebuah startup akan makin tinggi karena sebuah tanggung jawab yang dipikul juga umumnya pasti lebih banyak dari mereka yang bekerja dengan anggota tim yang lebih banyak di perusahaan yang lebih mapan. Ini membuat Anda lebih produktif dan harus serba bisa (dalam bidang yang relevan).

Dalam perusahaan besar, kemungkinan pekerjanya menerima tanggung jawab yang lebih kecil. Dengan banyaknya orang dalam perusahaan besar, membuat seluruh bagian perusahaan untuk mengandalkan kepakaran kita juga lebih sulit. Apakah kita menjadi bagian penting dalam tim?

Tentunya tidak. Namun apakah kita bagian tak terpisahkan darinya? Pasti. Dan itulah mengapa startup menjadi tempat bekerja yang lebih menyenangkan.

Anda akan diberikan lebih banyak kesempatan

Mayoritas pekerjaan dalam startup memang menawarkan imbalan yang tidak setinggi pekerjaan di perusahaan besar. Anda (dengan gelar akademis Anda) mungkin akan memberikan kontribusi yang tentunya lebih besar daripada imbalan yang dapat dibayarkan startup pada Anda. Namun bekerja dalam startup memberikan satu jenis imbalan lain: sistem berbasis insentif yang tak berdasarkan Rupiah tetapi lebih pada keterampilan yang dimiliki dan peluang yang telah ditangkap. Pengalaman ini akan mengkompensasi imbalan uang yang tentu lebih rendah.

Bekerja dalam startup memberika akselerasi karir yang mungkin lebih susah dicapai oleh perusahaan yang mapan.

Anda akan mampu melakukan banyak hal yang berbeda

Keluhan yang sering terdengar yang dilontarkan para pekerja perusahaan mapan ialah bahwa mereka umumnya terjebak pada pekerjaan utamanya dan tak dapat menjangkau area lain. Posisi dalam perusahaan yang besar biasanya lebih terkotak dan spesifik.

Namun bekerja dalam startup memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai pekerjaan berbeda bahkan pekerjaan yang sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh Anda. Bisa jadi Anda sekilas membenci sebuah pekerjaan tersebut tetapi saat Anda mencobanya di startup, Anda malah menyukainya karena Anda mendapat kesempatan untuk mencobanya secara langsung. Wawasan Anda akan lebih terbuka saat diberikan pekerjaan yang berada di luar zona kenyamanan Anda.

Anda akan belajar dari inovator sejati

Orang yang memulai bisnisnya sendiri memiliki mental yang berbeda dan profesionalisme yang lebih baik daripada mereka yang belum pernah membuat sesuatu sendiri. Kata “entrepreneur” didefinisikan dengan melihat masalah dan memikirkan cara otentik dan inovatif untuk mengatasinya. Karena sifat inovatif ini, entrepreneur merupakan sebagian orang terbaik yang bisa menjadi guru. Mereka melakukan pendekatan pada masalah dengan cara berbeda.

Prestasi (dan kegagalan) Anda akan diakui

Saat bekerja dalam sebuah perusahaan besar, kemungkinan besar prestasi Anda akan terkubur di antara prestasi rekan lain atau atasan Anda. Namun dalam startup, prestasi lebih mudah diketahui. Begitu juga kegagalan. Jadi Anda lebih bertanggung jawab.

Anda akan bekerja dalam atmosfer yang penuh semangat

Bekerja dalam startup akan diwarnai oleh semangat muda. Meski tak semua orang dalam startup berusia muda, sebagian besar dari mereka yang bergabung dalam startup adalah mereka yang menyukai tantangan. Dan ini identik dengan jiwa muda. Hasil kerja lebih penting daripada tampilan. Dan keakraban lebih terasa.

Anda akan belajar nilai kerja keras, kepemilikan dan keberlanjutan

Keterbatasan terutama finansial yang masih dimiliki startup membuat orang-orang di dalamnya harus memutar otak jika mau terus bertahan dan berkembang lebih besar. Untuk itulah Anda bekerja dalam startup yang di dalamnya bisa kita pelajari pentingnya kerja keras, jiwa ikut memiliki, dan memikirkan bersama masa depan startup tersebut. (dhirga)

Komentar
Memuat...