Mengapa Laut Berwarna Biru dan Rasanya Asin? ini Jawabanya

0 44

Bumi kita terdiri dari daratan dan lautan. 70 % bumi adalah samudera, laut, dan selat sedangkan 30 % sisanya adalah daratan. Laut sebagai sumber daya alam sangat berfungsi bagi manusia, selain segbagai sumber makanan, laut sebagai tempat budidaya, pembangkit listrik, transportasi, dan cadangan air di bumi. Mengapa Laut Berwarna Biru dan Rasanya Asin?

Laut berasal dari bahasa sansakerta disebut juga sebagai samudera.  Laut adalah masa air asin yang sambung menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua atau kepulauan. Lautan memiliki area sekitar 361 juta kilometer persegi, isi samudra sekitar 1.370 juta km³, dengan kedalaman rata-rata 3.790 meter.

Istilah kata laut biasanya digunakan untuk menunjukkan kawasan perairan dangkal yang dekat dengan daratan atau kawasan perairan dengan sifat dan karakteristik kimia atau fisika tertentu. Sedangkan samudra biasanya adalah perairan laut yang lebih besar. Di dunia ini dikenal ada 4 samudra yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Ssamudra Arktik, dan Samudra Hindia.

Laut memiliki ombak, yaitu golombang permukaan air laut yang disebabkan hembusan angin. Pasang surut ombak juga dipengaruhi oleh gravitasi bulan dan matahari. Saat mata melihat air laut, warnanya adalah biru sedangkan kenyataannya air laut tidak memiliki warna.

Warna Biru dan Rasa Asinya Laut

Warna biru yang nampak berasal dari hemburan cahaya dari laut karena air yang memiliki kemampuan menyerap cahaya. Ada dua proses optik yang terjadi pada air laut sehinggan timbul warna biru, penyerapan (absorption) dan hamburan (scattering). Air laut dapat berubah sesuai dengan kedalaman dan benda-benda endapan yang ada di dalamnya, semakin dalam lautan maka warnanya akan nampak semakin kebiruan karena yang terserap hanya warna biru. Singkatnya warna laut adalah pantulan dari warna langit yang nampak biru.

Adapun air laut yang mengakibatkan air laut rasanya asin adalah air yang ada di laut berasal dari air hujan yang terbawa kembali dari daratan ke lautan. Air mengalir melalui sungai-sungai dari berbagai penjuru dunia yang dalam perjalanannya menuju lautan juga membawa garam-garam dan mineral yang berasal dari bebatuan serta benda-benda lain yang dilewatinya. Air laut rata-rata mengandung 3,5 % kandungan garam, artinya dalam 2,5 liter (2500 mL) air laut terdapat 60 gram garam. Selain itu, kadar keasinan air laut dipengaruhi suhu semakin panas suhu maka air laut tersebut akan semakin asin.

Oleh : Intan Nurazizah Islami


Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.