Mengapa Seseorang Terlahir Kidal? Inilah Fakta unik dan Specialnya mereka yang Kidal

0 99

Tangan manakah yang sering kamu gunakan? Kanan, atau kiri? atau keduanya sama baiknya?. Nah jika tangan kirimu yang cendrung sering membantu kamu dalam berbagai aktivitas, kamu termasuk orang kidal. Kidal adalah kecendrungan penggunaan tangan kiri dalam berbagai aktifitasnya. Dalam fakta beberapa orang menganggap bahwa kidal merupakan sebuah hal unik dan istimewa, namun beberapa di antaranya juga menganggap bahwa ini dalah sebuah kekurangan.

Ada banyak fenomena di sekitar kita yang mengharuskan penggunaan tangan kanan. Dan banyak pula aturan yang menekankan penggunaanya harus dengan tangan kanan baik itu tertulis maupun secara tidak tertulis. Hal ini membuat banyak pertanyaan yang muncul, seperti mengapa kita makan harus menggunakan tangan kanan? Mengapa berjabat tangan harus menggunakan tangan kanan? Mengapa menggunakan tangan kiri di anggap tidak sopan? dan masih banyak pertanyaan lain. Bagi kamu yang kidal, dengan segelumit masalah di atas, berikut ini Fakta unik dan Specialnya mereka yang Kidal :

Orang yang kidal itu Kreatif dan sering membuat hal-hal unik

 

Orang kidal cendrung mengandalkan pusat pengoperasian bahasa tubuh dengan belahan otak kanan, dengan begitu mereka terbilang berbeda dari kebanyakan manusia biasanya. dan perlu diketahui bahwa mereka yang sering menggunakan otak kanan lebih cepat dan kreatif. Tetapi tidak berarti semua anak kidal selalu lebih kreatif, Hal tersebut terjadi karena kreatif lahir dari proses berpikir seseorang. Dalam proses berpikir otak akan bekerja secara keseluruhan tidak hanya mengandalkan satu belahan otak saja. Namun mereka yang terlahir kidal umumnya berpikir divergen, dengan metode generasi ide yang menggali banyak kemungkinan solusi.

Anak-anak kidal diyakini memiliki pendengaran yang lebih baik ketika membedakan jenis suara

Hal tersebut dipresentasikan oleh Georgetown University Medical Center, yang menjelaskan anak kidal yang mengandalkan kerja otak kanan akan lebih khusyuk ketika membedakan jenis suara. Berbeda dengan pengguna tangan kanan yang dinilai cenderung dinamis dan cepat berubah sehingga sulit sensitif terhadap perbedaan jenis suara.

Dalam Fakta lainnya menunjukkan, anak kidal cenderung lebih penakut lho

Hal tersebut diungkapkan oleh British Psychological Society, yang melakukan penelitian terhadap beberapa orang kidal dan yang tidak. Mereka diminta untuk menyaksikan film horor yang menakutkan. Hasilnya orang yang kidal cenderung mengingat jelas peristiwa menyeramkan dalam film dan cenderung mengalami stres-trauma.

Dibilang langka, karena Hanya 10 Persen Manusia di dunia yang Kidal

Namun tahukah Anda bahwa hanya sekitar 10 persen orang di dunia yang kidal dalam kurun waktu 10 tahun. Kidal juga sebagian besar dialami oleh pria. Namun para pengguna tangan kiri adalah minoritas, yang populasinya hanya 15 persen di dunia.

Diskriminasi terhadap mereka yang Kidal, Justru Menguatkan

Menurut sejarahnya, dulunya orang-orang bertangan kiri dianggap sebagai orang inferior. Mereka juga dihubungkan dengan ilmu sihir. Banyak fenomena di sekitar kita yang mengharuskan penggunaan tangan kiri dan banyak pula aturan yang mengatur penggunaan nya secara tidak tertulis.  Hampir 90 persen manusia menggunakan tangan kanan.

Jika kita lihat dari sisi sejarahnya manusia yang dikaji melalui gambar di dinding-dinding gua, alat-alat dari zaman batu, atau pecahan tulang kera dan babon, menunjukkan bahwa mayoritas mereka menggunakan tangan kanan. Penggunaan tangan kanan sudah setua usia manusia (Taufiq Pasiak, 2008:153). Fakta ini, seolah mendukung dominasi aktivitas tangan kanan. Dan Penggunaan tangan Kiri cenderung dimaknai “negatif” dan kanan cenderung dimaknai “positif”. Pemaknaan ini di bawa oleh masyarakat dalam aplikasi kehidupan sehari harinya.

Banyak orang yang bertangan kiri yang sukses dan membuat sejarah yang hebat!

Lima dari delapan Presiden Amerika Serikat yaitu Gerald Ford, Ronald Reagan, Geoege H.W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama adalah presiden yang kidal. pebulutangkis china Lindan, Juara dunia tenis Rafael Nadal juga seorang pemain bertangan kidal. Ada banyak mitos yang menyebutkan bahwa tangan kidal memberi keuntungan lebih besar ketika di lapangan.

Di dunia ini ada sebuah area yang bernama Left Hand

Di dunia ini ada sebuah area yang bernama Left Hand (tangan kiri). Area yang terletak di Virginia Barat, negara bagian Amerika Barat. Hanya saja tempat ini tidak sepenuhnya diisi oleh komunitas orang kidal. Area ini diberinama Left Hand karena terletak di dekat sungai Lefthand Run.

Apapun fakta uniknya, mereka yang kidal merupakan sebuah keunikan tersendiri. Meski jumlahnya sangat sedikit dan merupakan minoritas dari seluruh penduduk dunia, apakah mereka yang kidal akan punah? Tentu tidak. Ini akan terus tumbuh, jika kita dapat menerima perbedaan tersebut dan melihat perbedaan sebagai suatu hal yang unik untuk dipelajari.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.