5 Hobi Yang Akan Mengasah Otakmu Lebih Tajam

0 36

Mengasah Otakmu Lebih Tajam – Diantara kita pasti ingin memiliki ingatan yang tajam dalam sepanjang usia. Dengan memiliki ingatan yang tajam tentu akan membuat banyak manfaat terutama bagi karir kita. Namun untuk mendapatkan ingatan yang tajam tersebut memerlukan usaha untuk melatihnya.

Mengerjakan soal Matematika diyakini dapat mempertajam ingatan manusia, namun cara tersebut sedikit membosankan. Mengutip dari laman situs Menxp, dengan memiliki kelima hobi ini, Anda akan mendapatkan keuntungan melatih ingatan juga dalam mengasah otak lebih tajam.

Aktivitas fisik

Bukan hanya kesehatan tubuh yang didapatkan dengan berolahraga. Dartmouth College pada tahun 2009 memaparkan ternyata berolahraga dapat memberikan memori otak lebih baik. Hal ini disebabkan oleh adanya faktor neurotropik yang berhubungan dengan protein, sehingga bisa memberikan keuntungan bagi otak guna lebih panjang mengingat suatu hal.

Bermain musik

Instrumen yang terdapat dalam musik akan memberikan pembelajaran pada otak serta meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Boston Children’s Hospital di tahun 2014 mengatakan, anak yang dibiasakan untuk bermain musik atau instrumen dapat meningkatkan performa kefasihan dan juga kecepatan verbalnya.

Bermain video game

Untuk sebagian orang dengan bermain video game mungkin memiliki asumsi yang buruk. Namun ternyata ada manfaat yang dapat diraih dari bermain game.

Penelitian yang dilakukan Cleiden University pada 2012 silam. Video game mampu meningkatkan proses memori dan sistem otak dalam mengingat dan memperbarui sebuah informasi. Charite University di Berlin juga menemukan adanya perencanaan serta performa otak yang lebih baik jika bermain game selama 30 menit pada setiap harinya.

Bahkan temuan ini berhasil mengungkap bermain game mampu menghindari seseorang dari sisi kepikunannya.

Belajar ragam bahasa

Mempelajari suatu hal yang baru memang memberikan efek kesenangan tersendiri. Terlebih, mempelajari ragam bahasa mampu memberikan manfaat untuk otak dan juga melatih memori. Selain belajar bahasa, dengan permainan puzzle seseorang mampu melatih otaknya sehingga terbiasa berpikir dengan cepat dan tepat juga.

Membaca

Emory University pada tahun 2013 menemukan seseorang yang rajin atau memiliki hobi membaca dapat melatih otaknya dengan sangat baik. Saat membaca, saraf pada otak akan memicu koneksi ingatan yang lebih tinggi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.