Mengatasi Retak di Dak Beton

1 895

Musim hujan datang. Segala “penyakit” rumah yang tejadi karena musim kemarau lalu biasanya bermunculan. Salah satu “penyakit” yang sering terjadi adalah atap dak beton retak yang membuat rumah rentan terkena bocor. Ada beberapa penyebab atap dak beton retak, paling sering disebabkan oleh factor cuaca dan kesalahan pengerjaan.

Pada dasarnya, atap dak beton memang terlalu cocok untuk wilayah tropis seperti Indonesia. Panas matahari yang menerpa langsung atap dak beton secara terus menerus ketika musim kemarau berpotensi besar menyebabkan keretakan. Belum lagi cuaca yang sering tidak menentu. Atap dak beton yang diterpa panas dan hujan secara tidak menentu lama-kelamaan membuat dak tergerus hingga tak hanya retak tetapi mengikis ketebalannya.

Yang menarik, kelemahannya ini nyatanya tidak memengaruhi banyak orang untuk menggunakan atap model ini. Ini terlihat dari semakin banyaknya orang yang mengaplikasikan atap dak beton pada huniannya.

Jika dikaitkan dengan alam (cuaca) memang sulit diukur harus dibuat seperti apa agar atap dak beton minim retak. Tetapi, saat bicara bangunan tinggi, hamper semua menggunakan atap dak beton. Ini berarti atap model ini harusnya tidak masalah jika diaplikasikan di rumah. Bisa jadi, ini karena proses pengerjaannya saja yang tidak atau kurang sempurna. Selain itu, pengawasannya juga minim.

Jika proses nya benar dan standar bahan material yang digunakan juga mendukung, seyogyanya retak pada atap dak beton dapat diminimalisir. Apalagi, produsen bahan bangunan pun mulai berlomba-lomba melakukan inovasi untuk membuat keseluruhan elemen rumah jadi lebih baik.

Pengerjaan serta material yang tepat adalah kunci agar atap dak beton bisa awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips untuk mencegah atap dak beton anda retak.

  1. Rencanakan struktur dan ukuran ketebalan dak beton dengan tepat.
  2. Pilih material atap dak beton yang berkualitas, mulai dari tulangan kawat ayam, pelat beton, semen cor, hingga waterproofing.
  3. Saat proses pengaplikasian, perhatikan komposisi cor beton. Jangan sampai komposisinya tidak pas seperti pasir terlalu banyak.
  4. Setelah selesai dibuat, pastikan dak beton benar-benar kering. Jangan letakkan benda berat diatas dak beton yang belum kering sempurna karena akan memicu terjadinya retak.

Dak Beton Terlanjur Retak

Bagaimana jika atap dak beton terlanjur retak? Cara mengatasi atap dak yang retak tergantung pada besar kecilnya retakan yang terjadi. Jika retaknya cukup besar, maka cara mengatasinya bisa dengan semen. Agar lebih kuat, campurkan semen dengan cairan aditif atau additive bonding agent yang bisa ditemukan di supermarket bangunan atau took material.

Jika retakan kecil, maka retakan dak beton bisa diatasi dengan cara penambalan. Anda bisa menambal dengan adukan semen berdanya rekat tinggi. Sebelum pengaplikasian semen, retakan sebaiknya di bobok (chipping) terlebih dahulu sehinga retakan menjadi lebih besar. Ini dilakukan agar hasil akhir lebih rapi. Terakhir, jangan lupa berikan cairan additive bonding agent.

Setelah penambalan selesai, langkah yang tak kalah penting adalah waterproofing. Lapisan waterproof akan membuat atap dak lebih tahan dari gangguan cuaca terutama terpaan air hujan. Disamping itu, waterproofing juga akan menutup lubang-lubang kecil yang tidak tertutup adukan semen saat penambalan. Aplikasikan lapisan waterproofing secara berulang kali agar lubang-lubang kecil tadi tertutup sempurna.

Agar hasilnya lebih maksimal, aplikasikan waterproof secara merata pada permukaan dak beton. Baik yang baru diperbaiki maupun bagian yang lain. Terkhir, agar permukaan dak tidak lengket saat diinjak, aplikasikan cat tembok diatas lapisan waterproof yang sudah kering. (dhirga)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. Jual Kavling Tanah Murah berkata

    ok thanks info tips atasi dek beton retak ini.. coba saya praktekan…

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.