Mengenal Alpine Swifts Burung yang Mampu Terbang 6 Bulan Tanpa Henti

0 117

Burung Alpine Swifts (walet alpin) atau nama ilmiah nya Tachymarptis melba ini memiliki bulu sayap berwarna kecoklatan terang dan mulut lancip, tenggorokanya lebih besar dibanding dengan jenis burung yang sama. Alpine Swifts ini juga termasuk jenis burung Karnivora yang memangsa serangga-serangga kecil yang berada di udara bebas atau yang hidup di pepohonan.

Dengan berat tubuh yang tidak sampai setengah kilogram dan memiliki tubuh rentang sayap sampai hanya 55 centimeter panjangnya, ternyata membuat burung kecil ini mampu terbang selama 6 bulan tanpa henti. Burung Alpine Swifts ini berkembang di benua Eropa timur asia timur dan afrika barat, Jenis burung yang sering melakukan migrasi secara berkelompok.

Proses Migrasi Burung Alpin Swift Dari Eropa Ke Afrika dan sebaliknya

Seiring perkembangan dan kemajuan Zaman habitat burung ini mengalami pergeseran juga. Yang awalnya hidup di gua-gua dan tebing tinggi kini burung Alpine Swifts  banyak di temukan di banguanan tua Eropa timur, terutama di negara Swiss. Yang kemudian pada musim dingin mereka melakukan migrasi ke benua Afrika bagian barat. Setelah musim dingin di eropa berlalu, burung Alpine Swifts ini kembali lagi ke benua Eropa. Dan begitulah seterusnya aktivitas migrasi dari burung kecil yang bernama Alpine Swifts ini.

Alpine Swifts Mampu Terbang 6 Bulan Tanpa Henti

Penelitian Terhadap Burung Burung Alpine Swifts, Mengenal Alpine Swifts Burung yang Mampu Terbang 6 Bulan Tanpa Henti, Burung Terbang Terlama

Seperti yang di lansir dari smithsonianmag.com yang menerbitkan hasill riset dan Penelitian  tenatang kehidupan dan kemampuan terbang Burung Alpine Swifts. Penelitian ini dilakukan berbulan-bulan oleh tim ilmuwan dari Liechty. Salah satu hasil dari penelitian melalui radar pelacakan tersebut adalah bahwa burung Alpine Swifts ini memiliki kebiasaan terbang di malam hari dan memiliki kemampuan terbang yang sangat lama dibandingkan burung-burung lainnya.

Penelitian dilakukan pada tiga burung dengan menempelkan sensor kecil yang dibuat Universitas Bern yang dilakukan sedemikian rupa agar tidak mengganggu aktivitas  dan pergerakan dari burung Alpinne Swifts ini. Penelitian ini dilakukan dengan seksama selama berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil yang cukup akurat tentang kehidupan dan terutama kebiasaan aktivitas terbangnya.

chip yang di pasang pada burung oleh ilmuwan dari Liechty

Dan hasil dari penelitian tim ilmuwan tersebut, mengatakan bahwa burung Alpine Swift ini mampu menyantap mangsanya sambil terbang. Hal inilah yang membuat  Burung Alpine Swifts mampu tetap bugar dalam perjalanan sejauh 3000 mil dari afrika menuju Swiss. Sederhananya, burung Alpine Swifts begitu terbang lama, bila lapar diapun menyambar serangga kecil di pepohonan kemudian menyantap serangga itu sambil terbang. Dan kemampuan itu bisa terus dilakukan selama 6 bulan tanpa henti ataupun tanpa harus membuatnya hinggap dulu di pohon.

Kesimpulan Penelitian Terhadap Burung Alpine Swift

Kesimpulan Penelitian Terhadap Burung Alpine Swift Yang di lakukan Felix Liechti dan rekan-rekannya di Swiss Ornithological Institute:

  • Burung Alpine Swift mampu terbang selama lebih dari 6 bulan tanpa henti
  • Burung Alpine Swift bermigrasi saat pergantian musim dari eropa ke afrika untuk penyesuai suhu yang sesuai dengannya.
  • Burung Alpine Swift mampu menyantap mangsa tanpa harus hinggap dulu di pohon.
  • Burung Alpine Swift pandai meyesuaikan berat badan agar tetap licah dan mampu terbang jauh beribu-ribu mil. [aL]

Sumber Bacaan :

smithsonianmag.com

Komentar
Memuat...