Mengenal Biwa, Buah Langka Dari Dataran Tinggi China

0 319

Pasti sebagian orang akan bertanya tanya ketika mendengar buah loquat/biwa. Memang tak banyak orang yang familiar dengan buah biwa ini. Tidak seperti apel, anggur, kiwi dan buah impor lainnya, akan sangat susah sekali menemukan buah ini di toko buah yang ternama sekalipun. Buah Biwa/Loquat mempunyai nama latin Eriobotrya Japonica, yang merupakan tanaman buah dari keluarga Rosaceae, yang berasal dari dataran tinggi China.

Di Indonesia sendiri terdapat kebun tanaman Biwa yang berada di kawasan Sumatera Utara. Kebun ini memiliki luas 5 Ha dengan ditanami biwa sekitar 1.722 populasi pohon. Sebenarnya bagi masyarakat Karo tanaman Biwa ini sudah tak asing lagi karena banyak tanaman Biwa tumbuh di halaman rumah penduduk.

Buah Biwa berbentuk seperti buah Pear dan sedikit lebih besar dari Plum. Buah Biwa sendiri berwarna kekuning ai??i?? kuningan pada saat muda dan rasanya masam. Kemudiah berubah menjadi warna orange yang mencolok menandakan buahnya matang serta mempunyai rasa manis. Jika digambarkan buah Biwa ini mempunyai rasa yang mirip dengan persilangan antara Mangga dan Peach.

Saat umur 4 tahun, tamanam Biwa sudah mulai berbuah meskipun belum lebat. Biasanya untuk mencapai pembuahan yang sangat lebat sampe bisa mencapai panen raya, harus menunggu umur tanaman Biwa sampai 8 tahun. perlu diketahui, tanaman Biwa ini bisa hidup mencapai 20 tahun.

Dalam buah Biwa terkandung asam sitrat, karoten, vitamin A, dan vitamin B. Daging buah Biwa yang rendah kalori dan tinggi akan serat dapat melindungi membran usus dari penyakit Kangker. Selain itu, dalam buah Biwa terkandung Potasium yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan jantung. Juga zat besi dan tembaga yang dapat membantu pembentukan sel darah merah.

Buah Biwa mempunyai sejumlah manfaat kesehatan, seperti kemampuan mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko kanker, melindungi kepadatan mineral tulang, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan penglihatan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menenangkan saluran pernapasan, meningkatkan sirkulasi, dan menurunkan tekanan darah.

Khasiat lainnya, buah ini juga merupakan bahan baku utama untuk membuat obat tradisonal China Pipa Gao, yang sering digunakan untuk meredakan batuk dan membantu sistem pernafasan serta pencernaan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.