Mengenal Istilah Generasi Y, X dan Baby Boomers

0 28

Sejak kemunculan Teori Generasi, kita diperkenalkan sebutan generasi X, Y, dan Z. Segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan yang sering dikaitkan dengan ciri-ciri dari generasi ke generasi tersebut. Hal tersebut diungkapkan tidak lain untuk mencari jalan tengah supaya antar generasi ini dapat saling memahami dan mengerti. Selain itu, kita juga mengetahui generasi manakah yang mendominasi di jaman ini.

Menurut Prof. Sarlito, walaupun tidak ada kesepakatan tentang batas-batas tahun antar generasi, namun urutan generasi yang biasa dibicarakan orang adalah sebagai berikut:

1. Baby Boomeer (1943-1960).

Generasi ini dimulai menjelang dan setelah perang dunia II. Mereka berkeinginan untuk menciptakan dunia yang tertib dan stabil. Setelah gagal mempersatukan kekuatan tertentu (NAZI-Axis vs AS-Sekutu), maka dibuatlah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), tujuannya untuk menjaga stabilitas. Generasi ini melarang perubahan jika tidak perlu. Generasi ini menciptakan perang. Tujuan utama generasi ini adalah: bangsa, negara (nasionalisme). Tipe kepribadian: banyak akal, individualistik, egois, tidak percaya kekuasaan.

2. Generasi X (1960-1981): era industry, ekonomi liberal vs sosialisme, perang dingin;

Dimulai sejak berakhirnya generasi Baby Boomers, dimana terjadinya Baby Bust (kelahiran drop). Mereka juga biasa dikenal generasi modern. Generasi ini berbanding terbalik dengan baby boomers. Di zaman mereka, perang sudah berakhir. Para baby buster ini adalah tipe pekerja yang kuat, dan mereka cenderung mengabaikan keluarga dan minim kasih sayang. Generasi ini berada di masa perang dingin.
Ciri-ciri generasi ini adalah: anti kemapanan, perubahan adalah keharusan, mencari budaya alternatif: musik rock, ganja dan guru spiritual. Generasi ini make love-not war (anti perang Vietnam). Tujuan utama: kelompok, perusahaan, trans-nasionalisme. Tipe kepribadian: optimis, percaya diri, berjiwa sosial dan memiliki tanggung jawab, saat liburan menghindari kerja.

3. Generasi Y (1982-2001): era teknologi informasi, komunikasi dan globalisasi.

Generasi ini muncul berbarengan dengan era teknologi yang semakin canggih namun murah dan terjangkau untuk setiap orang. Tujuan utama: diri sendiri (individualistik) dan jaringan maya. Generasi Y adalah generasi austis. Tipe kepribadian: individualistik, berpikir mandiri.

 

Generasi Evolusi

Dari uraian-uraian demografi yang berkaitan dengan ciri psiko sosial budaya tentang Generasi Y dan generasi-generasi sebelumnya (Gen Baby Boomer dan Gen X), sebenarnya apa yang hendak saya ungkapkan? Kawan, saya hendak mengatakan betapa kita semua yang mendapat pesan sebagai orangtua, hendaknya mulai melek teknologi dengan informasi dan situasi dunia saat ini! [dhirga]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.