Inspirasi Tanpa Batas

Mengenal Khasiat Unik Tumbuhan Adas Untuk Kesehatan Tubuh

0 16

Konten Sponsor

Adas adalah nama lain dari Foeniculum vulgare Mill, merupakan tanaman yang masih jarang terdengar oleh telinga masyarakat. Tanaman ini mempunyai nama yang berbeda-beda disetiap daerahnya seperti orang Sunda menyebutnta Hades, orang jawa menyebutnya adas, adas londa, adas landai, orang Bali menyebutnya adas, orang Aceh menyebutnya pedas, Minangkabau menyebutnya manih, Manado menyebutnya paapang atau paampas, Gorontalo dengan sebutan denggu-denggu, dan Makasar menyebutnya rempasu. Bagaimana ciri dan manfaat tumbuhan adas ini? berikut penjelasnnya.

Ciri Tumbuhan Adas

Secara morfologi, tumbuhan ini merupakan tumbuhan terna merumpun, batangnya berwarna hijau kebiru-biruan, beralur-alur, beruas dan berongga. Bentuk daun nya majemuk menyirip ganda dua dengan sirip-sirip yang sempit, bentuk daun jarum, ujung dan pangkal daun runcing, bagian tepi nya rata, mempunya seludah yang berwarna putih.

Untaian bunga yang keluar dari bagian ujung batang tersusun dalam bunga payung majemuk yang terdiri atas 6-40 tangkai bunga berwarna kuning. Bagian buah yang masih muda berwarna hijau, setelah masak akan berwarna cokelat agak kuning sampai sepenuhnya pucat.

Mengapa tumbuhan adas bisa dijadikan obat?

Karena, tumbuhan adas dalam buahnya memiliki kandungan yaitu minyak asiri, anetol, asam anisat, fenkon, pnen, anisaldehid, danserposterin. Kandungan-kandungan tersebut sehingga tumbuhan adas bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Cara yang bisa digunakan untuk penyembuhan batuk, yaitu dengan cara menyeduh serbuk buah adas sebanyak 5 g dengan air sebanyak ½ cangkir air yang mendidih. Setelah dingin, saring kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Bisa diminum dua kali sehari.

Manfaat Lain Tumbuhan Adas

Info lain terkait tumbuhan adas, dimana bagian yang bisa digunakan untuk obat adalah buah yang sudah masak, beberapa manfaat lain dari tanaman tersebut adalah sebagai bumbu masak yang bisa digunakan sebagai bumbu masak yang bisa memperbai rasa makan, juga sering digunakan untuk campuran salad dan bahan pengganti salderi untuk sup.

Adas juga dikenal sebagai tumbuhan yang membantu memperlancar dan memperbanyak Asi, membantu menringankan nyeri pada saat haid, memperlancar haid, dan mampu mengatasi haid yang tidak teratur. Selain itu, biji adas bisa dijadikan minyak adas yang dilakukan dengan cara penyulingan.  Minyak tersebut bisa dijadikan campuran minyak telon yang berfungsi untuk memberikan kepada bayi atau anak-anak.

Semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat untuk umat. Aamiin

Jaga selalu kesehatan, untuk melanjutkan kehidupan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar