Inspirasi Tanpa Batas

Mengenal Macam-Macam Material Partisi Untuk Interior

0 161

Konten Sponsor

Mengenal Macam-Macam Material Partisi Untuk Interior – Saat ini partisi atau penyekat ruangan sering dipakai tak hanya untuk memisahkan ruangan, namun juga sebagai penghias interior. Partisi ada yang dibuat permanen ada juga yang bersifat non-permanen. Partisi permanen adalah partisi tetap yang tak dapat dipindah, sedangkan partisi non-permanen dapat dipindah atau digeser. Ada berbagai macam material partisi yang dapat Anda gunakan dalam menyekat dan menghias rumah Anda, misalnya adalah sebagai berikut.

Kayu

Partisi kayu dapat hadir dalam berbagai bentuk, misalnya lemari pajangan ataupun dengan dinding pigura. Keuntungan dari material kayu adalah bahwa bahan ini dapat dipadukan dengan bahan lainnya misalnya akrilik, batu, atau juga besi. Material kayu mudah dibentuk menjadi berbagai jenis partisi yang multi-fungsi.

Kain

Tenun serat alami bagus untuk dijadikan sebagai kain partisi. Seiring perkembangan dalam dunia desain interior, kain tenunan dianggap sebagai material yang ramah lingkungan untuk menjadi penghias ruang, sebagai partisi maupun sebagai tirai. Guna partisi antar ruang dengan menggunakan kain, pilihlah motif kain yang sesuai dengan rencana pengaturan ruangan.

Ranting

Selain kain, partisi natural lainnya adalah dengan bahan ranting. Material kayu ranting bagus digunakan untuk memadukan elemen eksterior ke dalam interior. Bahan ini juga sering dipakai untuk mengimbangi unsur modern yang terkesan kaku. Material kayu ranting atau juga akar akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan adanya nuansa tradisional.

Rotan

Rotan adalah material yang kuat dan juga sama menariknya dengan kayu. Rotan mudah dibentuk dan jika finishing-nya dilakukan dengan tepat, rasa tekstur bahan rotannya akan tampak terlihat indah. Partisi rotan banyak dibuat sebagai industri rumahan dan banyak dijual dengan harga yang terbilang relatif murah.

Besi

Besi dapat ditempa menjadi berbagai bentuk tampilan. Tak hanya berfungsi sebagai pagar dan terali outdoor, besi, jika didesain dengan gaya yang menarik, dapat juga dijadikan sebagai partisi interior. Besi memiliki sifat bahan yang kuat dan dapat dibuat sebagai dekorasi dalam ruang.

Kaca

Partisi tembus pandang seperti kaca biasa ada di kamar mandi atau juga di ruangan-ruangan yang sengaja didesain dengan nuansa modern dan hi-tech. Partisi kaca mudah dibersihkan. Selain itu kelebihan lainnya adalah bahwa partisi kaca yang memiliki fungsi ganda. Di satu sisi ia memisahkan ruangan, namun sifatnya yang transparan memungkinkan tetap adanya hubungan antar ruang.

Gipsum

Gipsum adalah material yang paling banyak digunakan dalam partisi. Penggunaan gipsum termasuk mudah, karena material ini yang mudah dibersihkan dan rata. Partisi gipsum mudah juga untuk dipasang, karena telah ada ukuran-ukuran tetapnya dan standarnya.

Tanaman

Tanaman juga sering digunakan sebagai partisi. Penggunaan tanaman sebagai partisi biasanya bertujuan guna menciptakan kesan natural pada ruangan. Pilihlah tanaman yang tak perlu membutuhkan banyak perawatan, yaitu tanaman yang bersih dan juga tidak membutuhkan media tanah, misalnya tanaman yang tumbuh pada bebatuan atau pasir.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar