Connect with us

Filsafat

Mengenal Makna Filsafat| Filsafat Ilmu Part – 1

Cecep Sumarna

Published

on

Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia atau philosophos. Kata tersebut terstruktur dari kata philos (cinta) dan sophhia (bijaksana). Dalam kalimat lain, filsafat sering juga disebut berasal dari kata philos dan shopos. Makna harfiahnya, meski berbeda penyebutannya sama. Philos [Felien] berarti cinta dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan.

Jika mengacu kepada pemikiran Socrtes sebagaimana dijelaskan di bab sebelumnya, maka, kata bijaksana dapat pula diterjemahkan sebagai pengetahuan. Pengetahuan dalam bahasa filsafat disebut dengan hikmah tertinggi yang menjadi budi teragung manusia. Itulah filsafat.

Harun Hadiwijono (1980) berpendapat bahwa filsafat diambil dari bahasa Yunani, filosofia. Struktur katanya berasal dari kata filosofien yang berarti mencintai kebijaksanaan. Dalam arti itu, filsafat mengandung arti sejumlah gagasan yang penuh kebijaksanaan. Artinya, seseorang dapat disebut berfilsafat ketika ia aktif melakukan usaha untuk memperoleh kebijaksanaan.

Kata filsafat dalam pengertian atau makna tadi, lebih berarti sebagai “imbauan kepada kebijaksanaan”. Karena itu, filsafat bukan kebijaksanaan dan bukan hikmah, tetapi sifat dekat dengan kebijaksanaan, sipat dekat dengan hikmah. Mengapa? Ya itulah kebijaksanaan diri manusia yang bijak. Ia akan sadar bahwa kebijaksanaan itu hanya milik Idea-Plato, god dan Allah dalam terminologi Arab-Muslim.

Harun Nasution menganggap bahwa kata filsafat berasal dari struktur kata philos dan shopia, philos dan shopos atau philosofien. Philein berarti cinta dan shopos berarti wisdom atau bijaksana. Orang Arab menurut Harun memindahkan kata philosopia ke dalam bahasa mereka dengan menyesuaikan tabi’at susunan kata-kata bahasa Arab.

Filsafat dengan pola (wajan) fa’ala, fa’lalah dan fi’lal. Berdasarkan wajan tadi, maka penyebutan kata filsafat dalam bentuk kata benda seharusnya disebut falsafat atau filsaf. Harun Nasution mengkritik mereka ketika menyebut istilah ini dengan sebutan Filsafat Ia lebih memilih kata filsaf atau falsafat

Harun lebih lanjut menyatakan bahwa kata filsafat yang banyak dipakai masyarakat Indonesia. Kata ini, sebenarnya bukan murni berasal dari bahasa Arab sama seperti tidak murninya terambil dari bahasa Barat, philosophy. Harun justru membuat kompromi bahwa filsafat terambil dari dua bahasa, yaitu fil diambil dari bahasa Inggris dan safah diambil dari bahasa Arab. Kata filsafat, adalah gabungan antara bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Berfilsafat, menurutnya mengandung arti berpikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas (tidak terikat pada tradisi, dogma serta agama). Selain itu, berfilsafat juga berarti berpikir sedalam-dalamnya sehingga sampai ke dasar-dasar persoalannya.

Atas dasar pengertian semacam itu, maka menurut Harun, secara etimologi, filsafat dapat didefinisikan sebagai: 1) Pengetahuan tentang hikmah; 2) Pengetahuan tentang prinsip atau dasar- dasar segala sesuatu; 3) Mencari kebenaran; dan 4) Membahas secara mendasar dari apa yang dibahas.

Ali Mudhafir (1996) berpendapat bahwa kata filsafat dalam bahasa Indonesia memiliki pedanan kata falsafah (Arab), philosopia (Inggris), philosopie (Jerman, Belanda dan Prancis). Semua kata itu, berasal dari bahasa Yunani, philosopia. Kata philosopia sendiri dari dua suku kata, yaitu philein, philos dan shopia. Philein berarti mencintai, philos berarti teman, shopos berarti bijaksana dan shopia berarti kebijaksanaan.

Dengan demikian, menurut Ali Mudhafir ada dua arti secara etimologi dari kata filsafat yang sedikit berbeda. Pertama, apabila istilah filsafat mengacu pada asal kata philein dan shopos, maka ia berarti mencintai hal-hal yang bersifat bijaksana (ia sifat). Kedua, apabila filsafat mengacu pada asal kata philos dan shopia, maka ia berarti teman kebijaksanaan (filsafat menjadi kata benda).

Sejarah menunjukkan bahwa pada awalnya, kata shopia lebih sering diartikan sebagai kemahiran dan kecakapan dalam suatu pekerjaan tertentu seperti, kecakapan dalam suatu pekerjaan. Misalnya, kecakapan dalam perdagangan teknik pelayaran. Makna kemahiran kemudian dikhususkan untuk kecakapan di bidang seni dan musik.

Makna ini berkembang menjadi jenis pengetahuan yang lebih tinggi. Yakni jenis pengetahuan yang dapat mengantarkan manusia untuk mengetahui kebenaran murni. Shopia dalam arti terakhir ini, setidaknya terlihat dari rumusan Phytagoras yang menyatakan bahwa hanya Dzat Yang Maha Tinggi (Allah) yang mampu melakukan kebenaran murni.

Menurut Phytagoras, manusia hanya sampai pada sifat “pencinta kebijaksanaan”. Phytagoras menyatakan “cukup seorang menjadi mulia ketika ia menginginkan hikmah dan berusaha untuk mencapainya meski ia tidak pernah menjadi hikmah itu sendiri”.

Filsafat dari Literal ke Jalan Hidup

Makna filsafat sebagaimana dijelaskan tadi, akan berbeda pengertiannya dengan makna substantif dari filsafat itu sendiri. Dalam pengertian terakhir, filsafat sering difahami sebagai jalan hidup. Pengertian terakhir ini, filsafat mengalami pergeseran makna yang jauh sekali dibandingkan dengan makna literalnya. Pengertian filsafat yang pertama lebih memberi arti teoretis, sedangkan dalam makna kedua, filsafat lebih dapat difahami sebagai pandangan hidup yang sifatnya praksis.

Filsafat dalam makna praksis, setidaknya terlihat dari pernyataan Phytagoras (572-497 M) yang sering ditahbiskan sebagai orang pertama yang memakai kata philosopia ketika ia ditanya, apakah ia orang yang bijaksana? Dengan rendah hati, Phytagoras menjawab bahwa dirinya adalah pencinta kebijaksanaan (lover of wisdom), la bukan kebijaksanaan itu sendiri.

Baginya, kebijaksanaan itu milik Sang Abadi yang hadirnya juga abadi. Yang Abadi itu terus menerus mengurus soal-soal yang konkret, dinamik dan fisik serta berbagai gejala dan perubahan yang terjadi pada yang fisik.

Dalam pengertian ini, seseorang dapat disebut telah berfilsafat apabila ucapan dan prilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, terhadap pengetahuan dan cinta terhadap hikmah. Tetapi bukan kebijaksanaan itu sendiri, bukan hikmah dan juga bukan pengetahuan itu sendiri.

Meski demikian, banyak juga sumber yang menyatakan bahwa kata shopia mengandung arti luas daripada hanya sekedar kebijaksanaan, pengetahuan dan hikmah sebagaimana diilustrasi tadi. Pengertian dimaksud berkembang misalnya: 1) kerajinan; 2) kebenaran pertama; 3) pengetahuan yang luas; 4) kebajikan intelektual; 5) pertimbangan yang sehat, dan; 6) kecerdikan dalam memutuskan hal-hal yang praktis. Berdasarkan pengertian tadi, pada awalnya filsafat bermakna umum, yang intinya mencari keutamaan mental (the pursuit of mental excellence).

Hasbullah Bakri mendefinisikan filsafat dalam ragam pandang para tokoh filsafat. Plato (427-438 SM) dianggap telah mendefinisikan filsafat sebagai ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang genuine.

Aristoteles (382-322 SM) dianggap telah mendefinisikan filsafat sebagai pengetahuan yang meliputi kebenaran. Terkandung di dalam kajian filsafat ini adalah ilmu metafisika, logika, retorika, etika, estetika dan ekonomi. Al-Farabi (870-950 SM) dianggap telah mendefinisikan filsafat sebagai pengetahuan tentang alam maujud dan

Hakikat Alam

Descartes (1590-1650 M) dianggap telah mendefinisikan filsafat sebagai hukum ilmu pengetahuan, yakni tentang Tuhan, alam dan manusia. Immanuel Kant (1724-1804 M) dianggap telah mendefinisikan filsafat sebagai ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan.

Atas dasar asumsi seperti itu, maka menurut Kant ada tiga persoalan yang dikaji dalam filsafat. Ketiga pokok soal itu adalah: 1) Apakah yang dapat manusia ketahui (dijawab oleh metafisika); 2) Apakah yang seharusnya diketahui manusia (dijawab oleh etikn); dan 3) Sampai dimanakah harapan manusia (dijawab oleh agnma),

Dalam arti yang agak umum, filsafat dapat digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dalam pikiran manusia tentang berbagai kesulitan yang dihadapinya, serta berusaha untuk menemukan solusi yang tepat. Misalnya ketika kita menanyakan: “Siapakah Kita? Darimana kita berasal? Mengapa kita ada di suatu tempat? Ke mana kita akan pergi dan berlalu? Apa yang dimaksud dengan kebenaran dan kebathilan? Dan apakah yang dimaksud dengan kebaikan dan kejahatan?

Namun demikian, filsafat dapat juga diartikan dalam arti khusus. Dalam arti ini, kata filsafat biasanya bersinonim dengan sistem dari sebuah madzhab tertentu dalam filsafat. Misalnya, filsafat dirangkaikan dengan salah seorang filosof, seperti filsafat Aristoteles atau filsafat Plato. Rangkaian kata filsafat dengan nama seorang filosof tertentu mengindikasikan bahwa setiap filosof dengan aktivitas filsafat yang dilakukannya bermaksud membangun suatu bentuk penafsiran yang lengkap dan menyeluruh terhadap segala sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh filosof tertentu dimaksud.

Berdasarkari watak dan fungsinya, filsafat dapat diklasifikasikan pada: f) Sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis; 2) Suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat dijunjung tinggi; 3) Usaha untuk mendapatkan gambaran keseluruhan. Artinya, filsafatberusaha untuk mengkombinasikan hasil bermacam- inacam sains dan pengalaman kemanusiaan sehingga menjadi pandangan yang konsisten tentang alam; 4) analisis logika dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep. Corak filsafat ini sering juga diartikan dengan logo sentrism; dan 5) Sekumpulan problem yang langsung mendapat perhatian dari manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat. (Rizal Muntasyr, 2003: 3).

Dilihat pengertian filsafat di atas, maka filsafat dapat dibedakan dalam dua jenis pengertian. Pertama, filsafat sebagai reflectif thinking. Kedua, filsafat sebagai produk kegiatan berpikir murni dan ia sudah terbentuk dalam suatu disiplin ilmu.

Filsafat dalam term pertama dapat diartikan sebagai aktivitas pikir murni, atau kegiatan akal pikir manusia dalam usaha mengerti secara mendalam atas’ segala sesuatu. la merupakan satu daya atau kemampuan berpikir yang tinggi dari manusia dalam usaha memahami kemestaan. Sedangkan filsafat dalam arti yang kedua telah terbentuk dalam pembendaharaan yang terorganisasi dan telah memiliki sistematika tertentu. Prof. Cecep Sumarna

Continue Reading
98 Comments

98 Comments

  1. Avatar

    Aulia Sandra

    30-09-2018 at 23:47

    Hakikatnya filsafat mengajarkan kita berpikir universal. Menyeluruh dalam artian berlaku kapan saja dan dimana saja. Tampak jelas tidak dibatasi ruang dan waktu. Filsafat dalam bahasa yunani berarti persahabatan yang dimana disini diartikan bahwa filsafat adalah pelajaran yang akan mengikat, atau bisa disebut juga dengan ilmu induk. Filsafat identik dengan studi yang berhubungan dengan fenomena kehidupan dan pemikiran secara kritis, namun tidak didalami dengan eksperimen atau percobaan. Melainkan berargumentasi dan mencari solusi yang tepat. Dalam mempelajari ilmu filsafat dibutuhkan kemahiran dalam logika berpikir dan logika bahasa. Adapun dalam mempelajarinya, kita dianjurkan radikal. Radikal dengan artian berpikir sampai dengan akar-akarnya atau mendasar. Berfilsafat juga memiliki hak bebas, logis, dan memiliki konsep yang menyeluruh. Berfilsafat juga diajarkan dalam hal bertanggung jawab. Karena setiap argumen yang diberikan harus ada kebenaran secara logis.

  2. Avatar

    haykal mohammed

    24-09-2018 at 20:56

    Sejatinya filsafat itu adalah Metode kalo menurut saya, metode dalam hal apa?
    Yaitu dalam hal mencintai kebenaran,
    Ketika kita berfilsafat itu, lebih mengarah kepada cara kita untuk mencintai bukan mencari kebenaran, ketika kita sudah cinta maka kita akan terus mencarinya. Filsafat berfungsi sebagai halaman yang luas yang indah di otak kita yang harus selalu diisi oleh keindahan. Maka dari itu kita mencintainya. Ketika kita berpikir dan terus berpikir untuk menemukan kebenaran tnpa kita mencintainya dulu maka akan Nol hasilnya. Karena apa? Karena kebenaran hanya dimiliki oleh Allah SWT, yang kita lakukan adalah mencintai kebenaran yang hakiki itu màka hidup kita akan menuju kepada kebenaran, ketika kita menemukan dan mencapai nya barulah lengkap filsafat itu yaitu menghasilkan CINTA, KEBIJAKSANAAN, DAN PENGETAHUAN YANG LUAS.

    HAIKAL M. HABIBIE
    TADRIS IPS D SEMESTER 1

  3. Avatar

    Marni

    24-09-2018 at 15:01

    Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu..
    Falsafah ialah ilmu untuk memecahkan permasalahan yang bisa di pecahkan dalam logika di sisi lain filsafah juga suatu penapsiran yang lengkap dan menyeluruh terhadap segala sesuatu yang di yakini.

  4. Avatar

    Marni

    24-09-2018 at 14:59

    Assalamualaikum…

    Falsafah ialah ilmu untuk memecahkan permasalahan yang bisa di pecahkan dalam logika di sisi lain filsafah juga suatu penapsiran yang lengkap dan menyeluruh terhadap segala sesuatu yang di yakini.

  5. Avatar

    Siti faizah

    24-09-2018 at 13:26

    Assalamualaikum
    Filsafat di artikan sebagai bijaksana ,dapat di artika pula sebagai pengetahuan.
    Filsafat juga berarti mencintai hal hal yg bersifat bijaksana atau teman kebijaksanaan.
    Berarti seorang filsafat selalu mencari pengetahuan – pengetahuan tetapi tidak membenarkan .
    Apakah seorang filsafat selalu menghargai pendapat orang lain, walaupun pendapat itu tidak benar ataupun benar???

  6. Avatar

    Sri Ratna Ningsih

    24-09-2018 at 13:20

    Ilmu filsafat adalah ilmu tentang bagaimana kita berfikir mengenai sesuatu dari berbagai sudut pandang dengan melalui akal sehat dan secara bijaksana. Filsafat muncul berdasarkan logika dengan dasar agama yang benar dan asas-asas yang sufah pasti kebenarannya.

  7. Avatar

    Rahmalia Nisfi Laili

    24-09-2018 at 13:11

    Assalamu’alaikum..
    Filsafat berasal dari bahasa yunani yaitu philoshopia atau philoshopos. Philos ( Cinta) dan Sophhia ( kebijaksanaan).
    Filsafat mengandung arti berfikir menurut tata tertib (logika) dengan bebas ( tidak terikat pada tradisi, dogma serta agama). Selain itu berfilsafat juga berarti berfikir sedalam-dalamnya sampai ke dasar- dasar persoalan.

    Wassalamu’alaikum wr.wb

  8. Avatar

    GALUH ANGGA PRATAMA

    24-09-2018 at 13:04

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Menurut kami, filsafat sendiri berarti mencintai kebijakan cinta. Makna yang terkandung dalam arti sendiri mengandung banyak tafsiran bisa bermakna menghargai, sedangkan kebijaksanaan sendiri bermakna pendapat, dari sini dapat di tarik kesimpulan bahwa filsafat ialah menghargai pendapat, karena filsafat sendiri berfikir secara mendalam sampai ke akar – akar nya.

  9. Avatar

    Moch.Alghifari ulwan

    24-09-2018 at 12:35

    Assalamualaikum

    Filsafat berasal dari bahasa yunani, philosophis(Cinta Kebijaksanaan?)
    sekaligus menjadi ilmu dasar menurut harun, filsafat mengajarkan tentang imbauan untuk kebijaksanaan yang di dalamnya:
    1. Pengetahuan tentang prinsip
    2. Pengetahuan tentang hikmah
    3. Mencari kebenarab
    4. Membahas apa yang dibahas
    secara mendasar
    Ilmu filsafat ilmu norma yang secara mutlak tidak disangkut pautkan dengan tradisi, agama, dll

  10. Avatar

    Ihya ramdhani

    24-09-2018 at 11:42

    Filsafat adalah sebuah pemikiran yang mendalam filsafat juga di artikan bisa di bilang sebagai pemikiran yang nyata dan bisa di terima oleh akal sehat ( logika ), ketika seseorang dapat di sebut berfilsafat ketika seseorang berfikir secara keras dan mendalam

  11. Avatar

    Nama : 1. Syifa hoerul hasanah 2. Sindi purnaningsih 3. Halimatus sa'diyah 4. Tanti widiastuti

    24-09-2018 at 11:34

    Assalamu’alaikum,menurut kami filsafat diambil dari bahasa yunani yaitu philoshopia yg diambil dari dua kata yaitu philos yang berarti cinta dan shopia yang berarti kebijaksanaan.
    Orang orang yang bersungguh sungguh untuk mencapai usaha memperoleh kebijaksanaan dan berfikir sedalam dalamnya sehingga sampai ke dasar dasar masalah atau persoalannya intinyaa tujuan filsafat adalah mengetahui tentang hikmah dan mengetahui kebenaran

    Nama :
    1. Syifa hoerul hasanah
    2. Sindi purnaningsih
    3. Halimatus sa’diyah
    4. Tanti widiastuti

  12. Avatar

    Indah ningsih

    24-09-2018 at 11:26

    Filsafat berasal dari dua kata yaitu philo yang berarti cinta, shopia yang berarti bijaksana. Cinta yang dimaksud disini bukan hanya mencakup cinta terhadap sesama manusia tetapi cinta dalam artian disisni mrncakup cinta akan keinginan dan cita-cita. Sedangkan kebijakasanaan disini mencakup tentang pengetahuan dan kepandaian yang mendalam. Seorang filosof tidak hanya pintar dalam berfilsafat, akan tetapi mereka yang mampu mengatasi masalah secara bijak maka dapat dikatakan filosofos.

  13. Avatar

    iin Muthmainnah

    24-09-2018 at 11:10

    Filsafat itu gabungan dari dua kata yaitu philo yang berarti cinta dan shopos yang berarti ilmu atau hikmah. dengan demikian secara bahasa filsafat berarti cinta terhadap ilmu atau hikmah. Disini al-syaibani berpendapat bahwa filsafat itu cinta terhadap hikmah atau ilmu

  14. Avatar

    Faka abdillah f.

    24-09-2018 at 11:04

    Makna filsafat adalah bentuk kebijaksanaan seseorang Yang memandang orang atau pihak lain dengan sebijak-bijaknya. Filsafat pun memiliki cinta Dan kebijaksanaan dengan dua sifat ini maka seseorang Yang berfilsafat tidak menganggap orang atau pihak lain dengan satu sudut pandangan saja. Orang Yang berfilsafat juga tidak akan menganggap dirinya paling bijaksana Karena kebijaksanaan Yang hakikih hanya milik tuhan

  15. Avatar

    siti maryatul qibthiyah

    09-10-2017 at 23:55

    assalamualaikum

    filsafat memiliki arti kebijaksanaan dan cinta bagi setiap manusia.belajar filsafat yaitu sebagai pengetahuan,pengerahuan dalam bahasa filsafat di sebut dengan hikmah tertinggi yang menjadi budi teragung manusia.seseorang dapat berfilsafat ketika ia aktif melakukan usaha untuk kebijaksanaan itu sendiri sementara orang yang berfikir secara filsafat dapat di artikan sebagai kegiatan berfikir murni dan terbentuk dalam suatu disiplin ilmu untuk mengidentifikasi suatu bentuk penafsiran yang lengkap serta di yakini kebenarannya.

  16. Avatar

    Maemunah fadillah

    08-10-2017 at 18:53

    Assalamu’alaikum

    Filsafat artinya cinta kebijaksanaan, dan orang-orang yang berfilsafat adalah orang-orang yang mencintai kebijaksanaan.Mereka adalah orang-orang yang tidak pernah memandang sesuatu hanya dengan satu sudut pandang saja.

    • lyceum

      lyceum

      08-10-2017 at 18:58

      Ragam sudut pandang dalam menganalisa masalah, akan membuat diri kita menjadi bijak. Jika kita sudah mampu dalam posisi seperti ini, maka, kita berarti telah menjadi filosof

  17. Avatar

    Fifit Fitri Nur'aeni

    08-10-2017 at 17:37

    Assalamualaikum
    Ilmu fulsafat adalah ilmu yang mempelajari tentang berfikir yang sangat bijaksana melalui akal sehat (Logis). Atau bisa di sebut Cinta yang di dasarkan dengan kebijaksanaan melalui gagasan seorang filsuf.

  18. Avatar

    M. Didi Wahyudi

    08-10-2017 at 08:51

    filsafat sangat menjunjung tinggi kebijaksanaan dan berfikir sampai ke akar

  19. Avatar

    Farrin Nurul Aina

    02-10-2017 at 12:40

    Filsafat berasal dari bahasa yunani
    Philos=cinta, shopia =kebijaksanaan
    walaupun filsafat mempunyai arti kebijaksanaan orang yg berfilsafat tidak bisa dikatakan sebagai orang yang bijak karna kebijaksanaan hanya milik ALLAH
    Dan makna filsafat mempunyai arti yg luas, tergantung dari cara pandang orang itu sendiri.

  20. Avatar

    Naufal Faruq

    02-10-2017 at 11:28

    Assalamualaikum..
    Didalam ilmu filsafat kita diajarkan agar tidak menilai sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja.

  21. Avatar

    yusril soheban

    02-10-2017 at 11:01

    assalamualaikum
    terimakasih saya berikan, karena setelah saya membaca artikel ini saya dapat mengetahui apa itu ilmu filsafat.
    saya dapat menyimpulkan, bahwasannya arti filsafat ini adalah suatu ilmu yang keluar berdasarkan ilmu logika kita dengan dasar agama yang benar dan harus mempunyai asas-asas yang sudah pasti kebenerannya .
    iya terima kasih paa
    maaf kalo saja saya ada kesalahan kata maupun tindakan
    wassalamualaikum

  22. Avatar

    Yayat Hidayatulloh

    02-10-2017 at 10:41

    filsafat
    namamu begitu buming dibicarakan,
    bagai menyeru tuhan mu,
    yang menyentuh kalbu,
    dengan penuh cinta dan kebijaksanaan.
    tanpa mu semua buntu,
    tanpa mu semua tak tertuju,
    layaknya anak ayam yang mencari induknya,
    entah kapan ketemu kalau tak ada yang membantu.

  23. Avatar

    Melli Nurvelina

    02-10-2017 at 09:30

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Pada intinya filsafat itu mempunyai banyak arti dari berbagai bahasa yang mengacu pada satu makna yaitu Mencintai Kebijaksanaan. Artinya seseorang dapat disebut berfilsafat ketika ia aktif melakukan usaha untuk memperoleh kebijaksanaan. Akan tetapi sifat manusia hanya bisa dekat dengan Kebijaksanaan, yaitu Kebijaksanaan dari diri manusia yang bijak. Karena ia akan sadar bahwa Kebijaksanaan itu hanya milik Allah SWT.
    Terima Kasih..
    Wassalamu’alaikum. Wr. Wb

  24. Avatar

    Bayu Hermawan

    02-10-2017 at 09:30

    Assalamualaikum,
    Filsafat berarti mencintai kebijaksanaan,cinta itu sendiri memiliki makna tanpa batas yang artinya dalam filsafat manusia berfikir secara bebas menggunakan logika untuk mencari kebenaran yang sejati namun manusia hanya mampu mendekati kebenaran itu karena kebenaran yang sejati hanya milik Allah SWT.

  25. Avatar

    Putri Alfaniyah

    02-10-2017 at 09:08

    Assalamualaikum
    FIlsafat berasal dari bahasa yunani philosophia atau philosophos. Filsafat mengandung arti sejumlah gagasan yang penuh kebijaksanaan. Artinya,seseorang dapat disebut berfilsafat ketika ia aktif melakukan usaha untuk memperoleh kebijaksanaan. filsafat juga dapat digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dalam pikiran manusia tentang berbagai kesulitan yang dihadapi serta berusaha untuk menemukan solusi yang tepat.
    Wassalamualaikum

  26. Avatar

    Zainal Ma'arif

    02-10-2017 at 08:13

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dari paparan bapak diatas, saya dapat mengambil pelajaran bahwasanya apa itu filsafat, apa arti dari filsafat secara umum atau khusus. Lalu mengetahui sejarah singkat dari filsafat itu sendiri. Saya kagum pada filsafat-filsafat, karena dengan pola-pola pemikiran yang kritis atau tidak selalu puas dalam membahas sebuah permasalahan dapat membuka wawasan-wawasan baru yang dapat bisa menjadikan sebuah argumen baru atau sandaran baru berdasarkan referensi yang fakta. Terimakasih.

  27. Avatar

    Melli Nurvelina

    02-10-2017 at 07:48

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Yang pada intinya filsafat itu mempunyai banyak arti dari berbagai bahasa yang mengacu pada satu makna yaitu man mencintai kebijaksanaan. Artinya seseorang dapat disebut berfilsafat ketika ia aktif melakukan usaha untuk memperoleh Kebijaksanaan. Akan tetapi sifat manusia hanya bisa dekat dengan kebijaksanaan, Yaitu kebijaksanaan dari diri manusia yang Bijak. Karena ia akan sadar Bahwa Kebijaksanaan itu hanya milik Allah SWT.
    Terima Kasih..
    Wassalamu’alaikum. Wr. Wb

  28. Avatar

    Yuni Anna

    02-10-2017 at 06:52

    Jadi mnurut saya filsafat adalah ilmu yg mempelajari keaktifan seseorang yang bertujuan mndptkn kebijaksanaan dan hikmah.

  29. Avatar

    Nisrina Aulia

    02-10-2017 at 00:02

    Assalamualaikum,Wr.Wb.
    Setelah saya membaca dan menganalisa, makna filsafat itu sendiri yaitu suatu ilmu pengetahuan atau pandangan yang merupakan hasil dari pemikiran mendalam seorang ahli filsafat mengenai sebuah masalah atau hal.

  30. Avatar

    Nisrina Aulia

    01-10-2017 at 23:56

    Assalamaulaikum Wr. Wb.
    Setelah saya membaca dan mencoba menganalisa, makna filsafat itu sendiri adalah suatu ilmu pengetahuan atau pandangan yang merupakan hasil dari pemikiran mendalam seorang ahli filsafat mengenai sebuah masalah atau hal.

  31. Avatar

    Robi'atul Adawiyah

    01-10-2017 at 20:46

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Menurut pendapat saya, Filsafat adalah hasil daya pikir manusia dengan akal budinya untuk memahami atau mendalami secara kritis dan terpadu serta sistematis semua hakikat yang ada, yaitu:
    “Hakikat Tuhan”, “Hakikat alam semesta”, dan “Hakikat manusia”, serta sikap manusia sebagai konsekuensi dari paham tersebut. Perlu ditambah bahwa definisi-definisi diatas sebenarnya tidak bertentangan, hanya cara pandangnya saja yang berbeda.

  32. Avatar

    luinah_kb

    01-10-2017 at 20:20

    Makna filsafat itu dalam arti, cinta akan kebijaksanaan dan hikmah,tetapi bukan berarti filsafat itu kebijaksanaan dan hikmah melainkan sifat yang dekat dengan kebijaksanaan dan sifat yg dekat dengan hikmah. Filsafat merupakan cara berfikir yang sangat luas sampai pada titik permasalahan yang dituju. Orang yang berfikir filsafat akan mencintai sesuatu tanpa pertimbangan apapun.

  33. Avatar

    Farrin Nurul Aina

    01-10-2017 at 19:21

    Filsafat berasal dari bahasa yunani
    Philos=cinta, shhopia =kebijaksanaan
    walaupun filsafat mempunyai arti kebijaksanaan orang yg berfilsafat tidak bisa dikatakan sebagai orang yang bijak karna kebijaksanaan hanya milik ALLAH
    Dan makna filsafat mempunyai arti yg luas, tergantung dari cara pandang orang itu sendiri.

  34. Avatar

    Putri Alfaniyah

    01-10-2017 at 18:54

    Assalamualaikum
    FIlsafat berasal dari bahasa yunani philosophia atau philosophos. Filsafat mengandung arti sejumlah gagasan yang penuh kebijaksanaan. Artinya,seseorang dapat disebut berfilsafat berfilsafat ketika ia aktif melakukan usaha untuk memperoleh kebijaksanaan. Dalam arti yang umum filsafat dapat digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dalam pikiran manusia tentang berbagai kesulitan yang dihadapi serta berusaha untuk menemukan solusi yang tepat.

  35. Avatar

    Maulidiya

    01-10-2017 at 14:44

    Assalamu’alaikum
    Setelah saya baca makna filsafat dari beberapa pendapat para ahli bahwasanya makna filsafat adalah berfikir secara logis,bijaksana dan dapat diterima oleh akal sehat manusia

  36. Avatar

    Khoiron Alkaromah

    30-09-2017 at 20:10

    Assalamualaikum…
    Setelah saya membaca dan memahami bahwa ilmu politik mengajarkan kepada kita bagaimana berfikir yang bijaksana dan tanpa adanya batasan, yang pada pemikiran kita itu tetap sesuai dengan kode etik dibidang ilmu filsafat, banyak sekali pendapat mengenai makna ilmu filsafat yang masing-masing pemikiran tersebut bisa dikatakan sebagai suatu pemikiran yang sama…

  37. Avatar

    dhini apriliani

    26-09-2017 at 03:26

    asalamualaikum setelah saya membaca tentang makna filsafat. filsafat berasal dari bahasa yunani yaitu philoshophia atau philopsophos. philos berarti cinta dan shopia atau shopos berarti kebijaksanaan, pengetahuan tertinggi atau hikmah sebagai budi teragung manusia. filsafat dapat di bedakan menajadi dua yang pertama filsafat sebagai reflectif thinking, kedua filsafat sebagai produk kegiatan berfikir secara murni dan sudah terbentuk secara disiplin ilmu. filsafat dalam term pertama dapat diartikan sebagai aktivitas pikir murni atau kegiatan akal fikir manusia dalam usaha mengerti secara mendalam atas segala sesuatu, itu merupakan suatu kemampuan berfikir tinggi dari manusia dalam usaha memahami kesemestaan. sedangkan dalam arti yang kedua telah terbentuk dalam pembendaharaan yang terorganisasi dan telah memiliki sistematika.

    • Cecep Sumarna

      Cecep Sumarna

      26-09-2017 at 07:29

      Jika anda sudah membaca dan memahami makna filsafat, lalu jika demikian, apa mungkin filsafat dapat mendorong manusia menuju kemusrikan atau apapun dari kata yang tepat untuk disebut tidak beragama?

    • Cecep Sumarna

      Cecep Sumarna

      26-09-2017 at 07:30

      Pertajam lagi bacaan dan analisa ya

  38. Avatar

    Arul Ikhbarul Haqi

    25-09-2017 at 22:15

    Alhamdulillah setelah membaca artikel ini kita menjadi tahu makna dari filsafat, di atas dibeberkan asal kata filsafat yang mengkerucut pada bahasa yunani. pengertian yang secara umum filsafat diartikan berfikir bebas sedalam dalamnya menurut logika yang dapat diterima akal sehat manusia.

  39. Avatar

    Vifi Nurhidayati (Semester 1 PAI B)

    27-04-2017 at 16:14

    Assalamu’alaikum prof cecep sumarna
    Bahwa ilmu pengetahuan itu adalah sebuah bangunan yang tidak pernah akan selesai (never ending process), ia tegak karena ditopang oleh tiga tiang utamanya…

    Terimakasih, telah membuka cara berpikir saya untuk berpikir luas lagi tentunya
    sangat menginspirasi…

  40. Avatar

    Vifi Nurhidayati (Semester 1 PAI B)

    27-04-2017 at 16:08

    Assalamu’alaikum prof cecep sumarna
    Bahwa ilmu pengetahuan itu adalah sebuah bangunan yang tidak pernah akan selesai (never ending process), ia tegak karena ditopang oleh tiga tiang utamanya.
    terimakasih prof, telah membuka cara berpikir saya untuk lebih luas lagi..
    sangat menginspirasi..

  41. Avatar

    Indah kusumawati (mpi-4)

    24-03-2017 at 05:52

    Seperti yg sudah kita ketahui bahwa arti filsafat itu brasal dari kata philos dan shopos, yang artinya cinta kebijaksanaan. Seorang yg mencintai kebijaksanaan disebut dengan pholosof. Kenapa hanya mencintai? Karna cinta adalah tanpa batas, tanpa nalar, dan tanpa pertimbangan yg mendorong dirinya mencintai kebijaksanaan (tidak menganggap baik atau buruk). Karena baik atau buruk tergantung persepsi setiap orang. Kebijaksanaan adalah sikap toleran terhadap berbagai dinamika. Kebenaran berfilsafat bersifat relatif bukan secara mutlak.
    Oleh sebab itu banyak pendapat yg berbeda mengenai arti filsafat.
    Ciri berfikir filsafat ada 4, yaitu radikal, sistemik, universal, dan spekulatif.

  42. Avatar

    Indah kusumawati MPI-4

    24-03-2017 at 05:46

    Seperti yg sudah kita ketahui bahwa arti filsafat itu brasal dari kata philos dan shopos, yang artinya cinta kebijaksanaan. Seorang yg mencintai kebijaksanaan disebut dengan pholosof. Kenapa hanya mencintai? Karna cinta adalah tanpa batas, tanpa nalar, dan tanpa pertimbangan yg mendorong dirinya mencintai kebijaksanaan (tidak menganggap baik atau buruk). Karena baik atau buruk tergantung persepsi setiap orang. Kebijaksanaan adalah sikap toleran terhadap berbagai dinamika. Kebenaran berfilsafat bersifat relatif bkan secara mutlak.
    Ciri berfikir filsafat ada 4, yaitu radikal, sistemik, universal, dan spekulatif.

  43. Avatar

    tubagus rizqy yahya mpi/4 (1415209028)

    23-03-2017 at 22:39

    Makna Filsafat Sebagai Cara Berfikir dapat diartikan sebagai berpikir yang sangat mendalam sampai pada hakikat atau berpikir secara global, menyeluruh atau berpikir yang dilihat dari berbagai sudut pandang pemikiran atau sudut pandang ilmu pengetahuan

  44. Avatar

    Siti Nurbaeti (1415109022) MPI-4

    23-03-2017 at 21:41

    Review mengenai filsafat pendidikan.
    Menurut saya pribadi filsafat yaitu suatu cabang ilmu yg mempelajari suatu hal hingga ke akar akarnya secara menyeluruh tanpa memperhatikan dogma, agama, dan tradisi.
    Apakah dengan berfikir berfilsafat dapat menjadikan seseorang murtad dari ajaran agamanya pak prof?

  45. Avatar

    Fera Agustina- MPI 4

    23-03-2017 at 21:07

    Assalamualaikum..
    selamat malam.
    menurut saya hasil riview dari pembelajaran minggu lalu mengenai pengertian filsafat sendiri itu bisa dilihat dari artinya yang sebagaimana banyak para ahli mengemukakan bahwasanya filsafat di ambil dari bahasa philosopia atau bisa disebut philoshopos kata yang dimaksud dalam tersetruktur disini bisa dilihat dari kata philos yang artinya “cinta” sedangkan sophia sendiri mengartikan “bijaksana” kesimpulan dari pengertian diatas bahwasanya filsafat adalah mengandung arti sejumlah gagasan yang penuh cinta dan kebijaksanaan. adapun ciri-ciri berfikir filsafat sendiri mempunyai empat ciri diantaranya:
    1. radikal
    yang artinya berfikir secara keakar-akarnya mengenai persoalan.
    2. sistemik
    berfikir secara logis yang bergerak selangkah demi selangkah atau bisa disebut dengan artian ”step by step”.
    3. universal
    berfikir secara menyeluruh dan tidak ada batasannya pada bagian tertentu tetapi mencakup keseluruhan aspek aspek yang konkret dan abstrak atau yang fisik dan metafisik.
    4. spekulatif
    disini spekulatif sendiri mengandung unsur dugaan atas fakta atau realitas yang di hadapi. mungkin sedikiit meriview pembelajaran minggu lalu

    terimakasih.

    Wassallamualaikum.

  46. Avatar

    Winda Dwi Nurrachmawati (1415109032) MPI-4

    23-03-2017 at 19:34

    Filsafat berasal dari bahasa yunani yaitu kata philos (cinta) dan sophia (bijaksana). Dalam kata lain sering muncul suatu istilah lain yakni philos dan shopos. Menurut kedua kata tersebut dapat di ketahui bahwa filsafat merupakan cinta pada kebijaksanaan. Sedangkan orang yang mencintai kebenaran tanpa nalar serta bijaksana disebut Filosof. Kata bijaksana sendiri ialah toleran terhadap sesuatu yang menumbuhkan cinta sejati. Seorang Filosof akan mencintai sesuatu tanpa adanya pertimbangan sekali pun. Dalam kehidupan Filosof selalu menghadirkan kebijaksanaan cinta. Filsafat menurut saya sendiri suatu ilmu yang mempelajari mengenai pencarian kebenaran yang sesuai dengan logika, sampai pada dasar persoalan tanpa adanya campuran dari paradigma agama ataupun tradisi.

  47. Avatar

    Wiwin Darwini MPI/4

    22-03-2017 at 23:08

    Filsafat itu dari kata philos yg sering diartikan dengan cinta dan kata sophia/sophos yang diartikan dengan kebijaksanaan. Cinta disini dimaksud dengn mencintai tanpa embel-embel dimana seseorang tidak menilai dengan kata cantik/ganteng nya saja, tp mencintai buruk karena keburukannya ataupun benar karena kebenaran nya. Dan Kebijaksanaan disini menjadi penunjang dalam kehidupan atau disebut juga sikap toleran, dan yang bijaksana disini adalah Allah Swt. Filsafat itu menanyakan soal mengapa bukan kenapa.
    Maka dari filsafat adalah ilmu kepengetahuan yang mengajarkan makna kebenaran, kebijaksanaan dan ketauhidan sampai manusia itu mencapai pengetahuan yg di inginkannya.

    Sekian, terima kasih

  48. Avatar

    Asiro MPI/4

    22-03-2017 at 11:36

    Review mengenal makna filsafat.
    Filsafat seringkali diartikan sebagai cinta akan kebijaksanaan. Dengan berfilsafat orang akan mencari suatu kebenaran sampai pada akar-akarnya. Namun kebenaran yang dicari tersebut hanyalah bersifat relatif, kebenaran yg absolut ialah Allah semata.

  49. Avatar

    uyunurrohmah MPI semester4

    22-03-2017 at 08:17

    kata filsafat berasal dari bahasa yunani philos yaitu cinta dan shopos yaitu kebijaksanaan. dengan ini makna filsafat secara bahasa dapat diartikan sebagai cinta akan kebijaksanaan. berfilsafat dapat diartikan berfikir secara mendalam akan sesuatu sampai ke dasar-dasarnya. dan orang yang berfilsafat di sebut filosof.
    pengertian filsafat dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan tentang tuhan, alam, dan manusia.

  50. Avatar

    Asyifa Nuraeni Kartika Ali MPI/4 (1415109036)

    20-03-2017 at 22:49

    assalamualaikum. Hasil dari review saya:
    Filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu “philos” yang berarti cinta dan “sophos” yang berarti bijaksana. Filsafat berarti cinta terhadap kebijaksanaan. Philosop berarti mereka yang mencintai kebijaksanaan, cinta tanpa nalar yang dapat mendorong dirinya untuk cinta terjadap kebijaksanaan.

    Dari mencintai maka akan menjadi perjuangan. Seperti halnya pecinta sejati mencintai karena hal apapun/ menerima segalanya tanpa pertimbangan apapun.

    Secara Etimologi Filsafat yaitu:
    a. pengetahuan tentang hikmah
    b. Pengetahuan tentang prinsip/ dasar dasar segala sesuatu
    c. mencari kebenaran
    membahas secara mendasar dari apa yang di bahas

    Terimakasih. Wassalam.

  51. Avatar

    Lu'lu Atul Alawiyah MPI/4 (1415109010)

    20-03-2017 at 21:14

    Review mengenai makna filsafat
    berbicara tentang filsafat, filsafat merupakan cara berfikri sedalam-dalamnya sampai pada akar permasalahan yang dituju. Filsafat berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata philos (cinta) dan shopia (bijaksana). kata bijaksana disini berarti dalam filsafat yang dijadikan sebagai pengalaman, pengetahuan, kebenaran yang dilakukan oleh banyak manusia. dan manusia itu sendiri tidak akan pernah mengingkari adanya kebenaran yang mutlak itu hanyalah dari Allah SWT dubandingkan dengan kebenaran filsafat itu hal yang sangat relative.
    Jadi, benar sekali apa yang dikatakan oleh bpk cecep bahwa “orang yang berfikir filsafat itu akan mencintai sesuatu tanpa adanya pertimbangan apapun”.
    Sekian dan terima kasih

  52. Avatar

    Sri Rahayu MPI/4 (1415109025)

    20-03-2017 at 09:25

    Review mengenai makna filsafat.
    Dari pertemuan makna filsafat kemarin yang di diskusikan bahwa filsafat adalah cinta kebijaksanaan. Segala bentuk apapun yang di cintai tidak melihat dari segi baik buruknya bagi orang yang berfilsafat. Baik buruk itu bisa di tukarkan dan bisa berubah sehingga filosof itu tidak memandang baik buruk sesuatu itu. Mencintai dlam arti filosof itu adalah mencintai tanpa batas ataupun tanpa nalar dan tanpa adanya pertimbangan.
    Dalam filsafat harus kita ketahui bahwa kebenaran filsafat itu relative di bandingkan dengan kebenaran dari allah itu sangat mutlak.
    Sekian terima kasih.

  53. Avatar

    Siti Sutihatin MPI/4

    19-03-2017 at 16:29

    Secara harfiah filsafat memiliki arti mencintai kebijaksanaan. Berpikir filsafat berarti berpikir secara bebas (tidak terikat dengan agama, dogma maupun tradisi) dan kritis dengan menggunakan logika sampai menemukan kebenaran yang hakiki. Orang yang berpikir dengan filsafat akan mencintai sesuatu tanpa pertimbangan apapun.

  54. Avatar

    Nailiyatul Farhah MPI/4 (1415109013)

    19-03-2017 at 13:34

    PENGERTIAN fILSAFAT
    filsafat adalah cara berfikir kritis secara logika sehingga dapat mengetahui suatu kebenaran sampai pada dasar-dasarnya, dan menjadikan orang yang berfilsafat akan berpengetahuan luas danberfikirir secara logika yang kritis.
    Mengenal makna filsafat menurut Harun: 1) Pengetahuan tentang hikmah, 2) Pengetahuan tentang prinsip atau dasar-dasar segala sesuatu, 3) Mencari kebenaran, 4) membahasa secara mendasar dari apa yang di bahas.
    Filsafat sebagai pandangan hidup sifatnya praksis. filsafat bersifat praksis maksudnya mencintai kebijaksanaan. Filsafat dalam pengertian umum yaitu mencari keutamaan mental. filsafat juga dapat diartikan sejumlah gagasan yang penuh kebijaksanaan. pengetahuan yang dapat mengantarkan manusia untuk mengetahui kebenaran murni.
    orang yang berfilsafat dinamakan filosof, artinya mereka yang mencintai kebijaksanaan. mencintai kebijaksanaan yaitu orang yang selalu atau memiliki cinta akan kebijaksanaan. mencintai sesuatu tanpa pertimbangan apapun. Kebenaran filsafat yaitu bersifat relatif.

  55. Avatar

    cawinn

    18-03-2017 at 04:15

    Menanggapi tentang istilah metafisika secara etimologi dan strutur berpikirnya, sekilas menghasilkan satu bentuk berpikir yang mendalam tapi melawan arus yang sedemikian deras di lingkungan mayarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Tapi bagi sy pribadi , hidup itu harus benar, maka bentuk berikir juga hrus benar sehingga sy hrs mempelajari sesuatu yang benar untuk mengisi alam pikiran sy, paling tidak nanti, ucapan sy dimungkinkan akan benar, sekalipun perujudan hidup masih menjadi pertimbangan jika lingkungan blm mendukung kearah perujudannya. Jadi sy tdk terpengaruh leh arus yang mayarakat banyak sepakat pada peahaman yang berbeda. demikian dari Cawin, Trimakasih Prof.

  56. Avatar

    Rahmat Maulana

    17-03-2017 at 17:34

    “Makna Filsafat”, Filsafat mulai dikenal pada zaman Yunani kuno, Filsafat berasal dari dua kata, yaitu “philos” yang berarti cinta dan “sophia” yang berarti kebijaksanaan. jadi orang yang mempelajari filsafat adalah orang yang mencintai kebijaksanaan. seseorang bisa dikatakan seorang filsuf jika ia benar-benar pecinta sejati dalam mempelajari filsafat secara mendalam (Radikal).

  57. Avatar

    Rahmat Maulana

    17-03-2017 at 17:22

    “Makna Filsafat”, Filsafat mulai dikenal pada zaman Yunani kuno, Filsafat berasal dari dua kata, yaitu “philos” yang berarti cinta dan “sophia” yang berarti kebijaksanaan. jadi orang yang mempelajari filsafat adalah orang yang mencintai kebijaksanaan. seseorang bisa dikatakan seorang filsuf jika ia benar-benar pecinta sejati dalam mempelajari filsafat secara mendalam (Radikal), Sehingga dengan demikian kebijaksanaan adalah sesuatu yang dimiliki tuhan, dan selanjutnya manusia hanya bisa mendekati kebeneran-Nya saja.

    • Avatar

      Rahmat Maulana (MPI-4)

      17-03-2017 at 17:40

      “Makna Filsafat”, Filsafat mulai dikenal pada zaman Yunani kuno, Filsafat berasal dari dua kata, yaitu “philos” yang berarti cinta dan “sophia” yang berarti kebijaksanaan. jadi orang yang mempelajari filsafat adalah orang yang mencintai kebijaksanaan. seseorang bisa dikatakan seorang filsuf jika ia benar-benar pecinta sejati dalam mempelajari filsafat secara mendalam (Radikal), Sehingga dengan demikian kebijaksanaan adalah sesuatu yang dimiliki tuhan, dan selanjutnya manusia hanya bisa mendekati kebeneran-Nya saja.

  58. Avatar

    Sri Rokhmah MPI Smt 4

    17-03-2017 at 10:35

    review mengenai filsafat, menurut saya filsafat merupakan cinta kebijaksanaan yang memberikan suatu pandangan hidup yang menyeluruh berdasarkan refleksi. kata mencintai itu tanpa pertimbangan artinya memiliki kebenaran yang relative bukan kebenaran yang mutlak.

  59. Avatar

    Riana sri Anisah MPI / 4

    17-03-2017 at 10:31

    review tentang pengertian filsafat dalam pertemuan ke 2, bahwa filsafat dalam artian cinta akan kebenaran/ orang yang cinta akan kebijaksanaan. jika dalam penjabaran nya yakni suatu pemikiran secara mendalam dan sistematis tentang masalah-masalah yang di hadapi atau usaha pemikiran dan pandangan manusia melalui akal dan qolbu nya secara sungguh-sungguh. yakni secara kritis dan sistematis untuk mencapai dan menemukan kebenaran yang hakiki.

  60. Avatar

    PUJIATI MPI/4 (1415109017)

    17-03-2017 at 10:22

    Ketika berbicara tentang filsafat pasti banyak memaknai bahwa filsafat berasal dari bahasa yunani yang artinya filos (cinta) dan shopos (kebijaksanaan) yang jika diartikan yaitu mencintai kebijaksanaan dan filosof sendiri adalah mereka orang-orang yang mencintai kebijaksanaan, ketika berbicara tentang cinta akan kebijaksanaan berarti kita dituntut untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,yang memunculkan sikap toleransi yang menjadi pecinta sejati dan filsafat sendiri memiliki kebenaran yang relatif.

  61. Avatar

    Yunita Nur Rahmawati MPI/4 (1415109034)

    17-03-2017 at 09:58

    Makna filsafat berasal dari kata philos dan shopi yang berarti philos itu cinta dan shopi itu kebijaksanaan yang berarti cinta kebijaksanaan maka dari itu seorang yang mempunyai pemikiran filosofis yaitu orang yang mencintai kebijaksanaan atau sikap toleransi tanpa mempertimbangkan sekalipun karena filsafat itu sendiri bisa disebut kebenaran yang relatif

  62. Avatar

    MAFTUHAH MPI/4 (1415109011)

    17-03-2017 at 09:53

    Filsafat berasal dari bahasa yunani yaitu philos yang berarti cinta dan sophos yang berarti bijaksana. Filsafat berarti cinta terhadap kebijaksanaan. Philosop berarti mereka yang mencintai kebijaksanaan, cinta tanpa nalar yang dapat mendorong dirinya untuk cinta terjadap kebijaksanaan. Kebijaksanaan merupakan sikap toleran terhadap berbagai dinamika. Menurut phytagoras, seseorang telah bisa dikatakan telah berfilsafat apabila ucapan dan perilakunya mengandung makna dan ciri sebagai orang yang cinta terhadap kebijaksanaan, terhadap pengetahuan, dan cinta terhadap hikmah. Tetapi tidak terhadap kebijaksanaan itu sendiri, terhadap pengetahuan itu sendiri, dan terhadap hikmah itu sendiri, karena bijaksana, pengetahuan dan hikmah itu sendiri hanya milik Allah, kita hanya bisa pada tahap mendekati atau mencintai.Filsafat merupakan pecinta sejati, yaitu cinta tanpa pertimbangan apapun, cinta kepada yg baik karena kebaikannya, cinta kepada yang cantik karena kecantikannya tanpa pertimbangan.

  63. Avatar

    Jauhari

    05-03-2017 at 11:14

    Prof…apakah pelajaran al Mahfudzat.atau kata kata mutiara itu mengandung filsafat?

    • lyceum

      lyceum

      06-03-2017 at 17:38

      pasti …

  64. Avatar

    Muhammad Saefudin PAI 1 B

    04-03-2017 at 09:53

    Assalamu’alaikum. Dalam belajar Filsafat wawasan semakin terbentang luas dalam ber pikir intelektual dalam Filsafat Ilmu, Terimakasih bnyak Bapa Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag Atas pemblajaran Filsafat Ilmu dan Metode Berfikirnya, dalam ber filsafat manusia haya bisa mendekati kebeneran dan kebenaran yang Haqiqi adalah Allah SWT.

  65. Avatar

    cawin

    04-03-2017 at 09:49

    Prof.Yth.Sy ingin menanggapi kuliah hari ini,4 maret 17. Ketegangan sy dan teman teman menurun begitu bpk mengatakan, :”Kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit”.krn sy tdk tegang lagi jika terlambat.Mengapa? innsyaa Allah akan dipermudah. ke 2. Doa itu hiburan, sy setuju pak,yg dipertimbangkan berikutnya pd istilah hiburan, ini seumumnya terkait dengan seni,ini artinya hidup musti harmonis,sehingga mencapai hidup senang karena pasnya kendang dg gerakan. Sehingga jika kita memahami apa itu doa dg harmonis dengan benar, maka akan mendapat dampak positip untuk hidup,sehingga kita musti tersenyum. Ke tiga. Orang yang bertauhid itu independen terhadap yg lain.Tapi kenyataannya banyak orang yg tdk bertauhid,menurut sy untuk tdk terjebak dg kebanyakan orang , maka akan lebih aman jika kita tdk bertauhid.

    • lyceum

      lyceum

      14-03-2017 at 17:32

      ach bisa aja ya

  66. Avatar

    Rifki Romdhoni pai b

    04-03-2017 at 09:38

    Mempelajari filsafat sungguh sangat membuka pemikiran dan pengetahuan, karna denganya kita lbih memahami kalimat, contoh yang saya ambil “seseorang yang semakin dekat dengan kebenaran maka orang tersebut jauh dengan kebaikan, karna kebenaran yang hakiki pada dasarnya hanyalah milik Allah SWT.
    Trimakasih bpk. Prof telah membuka cakrawala pengetahuan saya khususnya.

  67. Avatar

    ARIEF RAHMAN HASYIM Pasca PAI B/ 1

    04-03-2017 at 09:25

    Saya mendapat banyak inspirasi, dan banyak merubah pola fikir.
    Terimaksih.

  68. Avatar

    Sukma Hadi Wiyanto Pai. B sem. 1

    04-03-2017 at 09:24

    Setelah mendengarkan perkuliahan dri prof.cecep . Bahwa makna filsafat itu dalam sekali. Bukan hanya soal ketauhidan saja. Tapi lebih dari itu sosial, kemanusiaan sampai politikpun terasa sekali.

    Kata2 mutiara prof.
    Sampai kapan kita berpura2. Pura2 baik. Pura2 kaya?

  69. Avatar

    Rifki Romdhoni

    04-03-2017 at 09:20

    Mempelajari filsafat sungguh sangat membuka pemikiran dan pengetahuan, karna denganya kita lbih memahami makna yg tersirat,contoh kata yang saya ambil “seseorang yang semakin dekat dengan kebenaran maka orang tersebut jauh dengan kebaikan, karna kebenaran yang hakiki pada dasarnya hanyalah milik Allah SWT.
    Trimakasih bpk. Prof telah membuka cakrawala pengetahuan saya khususnya.

  70. Avatar

    Jauhari

    04-03-2017 at 09:18

    Pak prof apa beda dan persamaan bisnis dan dagang?

  71. Avatar

    Sukma Hadi Wiyanto

    04-03-2017 at 09:02

    Dulu saya menggangap bahwa belajar filsafat itu belajar ilmu sesat. Tapi ketika saya mendapatkan ilmu dari prof cecep. Baru saya paham bahwa filsafat itu mengajarkan makna kebenaran, kebijaksanaan dan ketauhidan. Apalagi disinggung juga mengenai teologi bisnis luar biasa inspirasinya mario teguh pun tak seperti ini . Trimakasih prof atas ilmunya.

  72. Avatar

    ABDUL ROZAK PAI 1 B

    04-03-2017 at 09:01

    Terima kasih pak prof. Cecep dengan filsafatnya yang sedikit demi sedikit telah memberikan pencerahan bagi saya tentang menghadapi dan menjalani hidup agar lebih baik kedepan

  73. Avatar

    ABDUL ROZAK PAI 1 B

    04-03-2017 at 08:58

    Terima kasih pak prof. Cecep dengan filsafatnya yang sedikit demi sedikit telah membuka alam pemikiran saya tentang menghadapi dan menjalani hidup agar lebih baik kedepan

  74. Avatar

    Abdulrochman PAI A semester 1

    03-03-2017 at 16:47

    Assalaamu’alaikum.
    Rangkuman materi mengenal filsafat sebagai berikut:
    Philos artinya cinta sedangkan sophos bijaksana. filsafat bertujuan untuk mencari kebenaran. tetapi kebenaran hanya dimiliki oleh tuhan. manusia hanya bisa mendekati kebenaran.

  75. Avatar

    Iwan Ridwan Maulana

    03-03-2017 at 14:05

    Assalamu’alaikum..
    Prof berbicara dengan yang belum tentu benar benar BENAR, karena kebenaran itu adalah Tuhan sendiri. Jika kita berbicara pada ranah filsafat, rasanya memang akan terlihat bijak. Namun jika berbicara dalam tataran kebudayaan atau adat, benar dan salah itu merupakan satu panduan dalam mengindahkan kehidupan bermasyarakat.
    Pertanyaan saya, penjelasan kebenaran dalan filsafat dan kebenaran dalam tataran kebudayaan atau adat itu seperti apa prof?
    Terimakasih

  76. Avatar

    cawin

    03-03-2017 at 01:24

    Bpk Prof.Yth.kalau Para pilsuf hidupnya mencapai hidup mendekati kebnaran, ini satu penelaahan yg jujur.dalam arti kerja berpikir model pilsafat. sebab manusia dg pikirannya hanya memilih mau hidup benar berdasar konsep dari yang Maha benar, atau mau dg yang salah.

  77. Avatar

    cawin

    27-02-2017 at 03:13

    Bpk Prof. yg sy hormati,sebelumnya sy minta maaf klo tanggapan ini kurang berkenan di hati bpk, semata mata sy belajar berpilsafat” pertanyaan bpk dg jawaban mahasiswa yg menghasikan seolah kanan itu tidk benar benar kanan dan sebaliknya, ini terjadi krn pertanyaan secara lisan dijawab dg isarat, kedua pertanyaan ditujukan kepada mahasiswa yg letaknya berbeda menghadap,sehingga arah isarat berbeda pula,justru jika jawaban isarat arah itu tetap ,sedang letak yg ditanya berbeda ara h,menghadap , menjadi tidsk logis,bahkan lucu.Jadi jika jika dijawab denganlisan lagi, akan menghasilkan jawaban yg logis. Kemana arah kananmu ? jawabannya : “Arah kanan saya adalah ke arah yang berlwanan dg arah kiri.” Trimakasih dari Cawin.

  78. Avatar

    Oon sukron PAI B

    26-02-2017 at 11:10

    Aslamu’alaikum …Pa prof. dengan belajar filsafat ini sedikit fikiran saya terbuka bahwa tidak ada orang yang benar benar bijak atau bijaksana, selagi masiih bisa difikirkan maka kita kita boleh terus berfikir sampe dapat mendekati kepada kebenaran,dan kebijaksanan atau kebenaran hanya milik Allah semata. Filsafat adalah ilmu atau jalan untuk mendekati kebenaran /kebijaksanaan.Dan agama bukan kebenaran tapi merupakan jalan untuk mencari kebeneran. .

  79. Avatar

    Ai Sabrina PAI A Semester 1

    25-02-2017 at 21:18

    Assalaamu’alaikum Wr Wb
    Filosofi berasal dari bahasa yunani, yaitu Philos (cinta) dan Sophos (bijaksana). Manusia tidak mungkin sampai pada tingkat bijaksana benar dan baik, namun manusia hanya mendekati pada bijaksana benar dan baik. Tidak sampai pada benar-benar benar, karena kebenaran hanya milik Tuhan. Agama itu bukan Allah, tetapi agama itu wasilah menuju kebenaran. Dan semua agama itu bertujuan mencari kebenaran. Tujuan filsafat adalah mendekati kebenaran

    • lyceum

      lyceum

      26-02-2017 at 12:56

      Thank a Lot

  80. Avatar

    Hifni Sya'bani PAI A smstr 1

    25-02-2017 at 14:53

    Assalaamu’alaikum. Wr. Wb.
    Untuk memenuhi tugas dalam resume materi “mengenal filsafat” berikut resumenya. Filsafat terdiri dari dua kata. Yaitu Philos dan Shopos. Philos berarti cinta sedangkan shopos adalah bijaksana. Dimana dalam bijaksana itu sendiri terdiri dari tiga makna, yaitu bijaksana dalam pengetahuan, bijaksana dalam tindakan dan bijaksana dalam kebenaran. Agama diibaratkan seperti sebuah bahtera, dimana agama-agama lain menuju satu tujuan, yaitu kebenaran. Ada perbedaan antara agama dengan filosofi. Agama itu berperan seperti bagaimana orang lain untuk memahami kita (orang yang menyampaikannya), sedangka filosofi sendiri berperan seperti bagaimana kita (orang yang memahami filosofi) untuk memahami persepsi orang lain.

  81. Avatar

    Iim Nurkhotimah PAI A smst 1

    25-02-2017 at 13:14

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Dalam memenuhi tugas resume mata kuliah Filosofi ilmu dan Metode Berfikir tentang “Makna Filsafat”, berikut hasil resumenya.
    Filsafat menurut bahasa terdiri dari dua kata, yaitu Philos dan Shopos. Philos yang berarti cinta dan Shopos yang berarti bijaksana. Filsafat sendiri mempunyai tujuan untuk mencari mendekatkan kepada kebenaran karena kebenaran yang hakiki sendiri hanya tuhan yang memilikinya. Pada dasarnya agama pun hanya sebatas untuk mendekati kebenaran. Dan semua agama itu bertujuan untuk mencari kebenaran.

  82. Avatar

    Muhammad Husein Lisan Shidqi

    25-02-2017 at 10:56

    Assalamualaikum..
    Dengan Berfilsafat Kita akan dapat mengetahui sasuatu apa yg sebelumnya tak Pernah terbesit dalam benak kita..

  83. Avatar

    Makrubin PAI A smstr 1

    25-02-2017 at 10:33

    Dengan filsafat orang akan mengetahui kebenaran secara empiris makna filsafat berasal dari kata “filos” artinya cinta dan berasal dari kata “sofos” artinya bijaksana. Jadi filsafat adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan yang mendeketai kebenaran. Tujuan filsafat untuk mengetahui kebenaran sedangkan ruang lingkup filsafat objeknya adalah ilmu pengetahuan dan materi yang ada. Serta semua “agama” itu mengajarkan kebaikan dan menuju kebaikan.

  84. Avatar

    Muhammad Khafid PAI

    25-02-2017 at 10:33

    Mempelajari filsafat sangat unik dan mengagumkan, sehingga kita akan bisa belajar benar dengan benar-benar benar meskipun hanya sampai mendekati, dan juga bisa menyikapi permasalahan dari sudut pandang kita.

  85. Avatar

    cawin

    25-02-2017 at 10:29

    Assalaamu’alaikum wr. wb. Bpk Prof. Yth. Terus terang sy merasa terangsang untuk berpikir mendalam, terkait dengan pertanyaan bpk kepada mahasiswa, mana arah kananmu ? yg selanjutnya dinyatakan bahwa yang kanan tdk benar benar kanan begitu sebaliknya. Saya memandang bahwa bpk sdg memberi rangsangan umtuk berpikir model filsapat.

  86. Avatar

    makrubin PAI /A smstr 1

    25-02-2017 at 10:26

    mengenal makna filsafat. arti kata filsafat berasal dari kata filos artinya cinta dan kata shopos artinya bijaksana. filsafat sebagai tindakan. pengetahuan untuk mendekati kebenaran. maka filsafat ilmu yaitu mengkaji persoalan logika dengan metode empirisme. metode rasionalisme. metode kesejarahan. sedangkan tujuan filsafat adalah untuk mendekati sebuah kebenaran. ruang lingkup filsafat ilmu adalah. 1. ilmu sbg objek filsafat 2. pengetahuan filsafat ilmu. 3. dan tujuan filsafat. itulah beberapa pemahaman sy tentang makna filsafat. dari makrubin PAI /A smstr 1.

  87. Avatar

    ahmad fadli mubarok

    25-09-2016 at 14:02

    Dengan filsafat orang akan senantiasa mencari eksistensi realitas yang nyata,tapi ketika kita mencapai pada tuhan kita apakah kita boleh menggali eksistensi tuhan yang abstrak menjadi kongkret??

  88. Avatar

    ahmad fadli mubarok

    25-09-2016 at 13:56

    Assalamu’alaikum

    bpk saya ijin bertanya,apakah filsafat itu ada ketika jaman rasulullah??,jika ada mohon berikan dalil yang berkenaan dengan filsafat,jika tidak ada,mohon berikan alasan di perbolehkannya berfilsafat,,sedangkan banyak kalangan mengatakan bahwa filsafat bukan berasal dari syariat islam,bahkan ada yang mengatakan bahwa filsfat itu perusak akidah islam??,,mohon ya pak penjelasannya,agar lebih mengerti tentang filsafat

    terima kasih

  89. Avatar

    HERALIANA_ ANA_ PPI 1 PASCA_

    24-09-2016 at 14:32

    Assalamualaikum. Wr. Wb.
    Dengan filsafat kita diajak untuk berpikir, dan berpendapat serta menuntun kita menjadi pribadi yang memiliki rasa ingin tahu tinggi sehingga mempelajari sesuatu hingga tuntas atau sampai akarnya… Maka menurut hemat saya… Filsafat merupakan latihan untuk berpikir sendiri hingga kita tidak mengekor pada pandangan umum,percaya akan setiap semboyan,surat-surat kabar, tetapi secara kritis, menyelidiki apa yang dikemukakan orang, mempunyai pendapat sendiri dengan harapan mencari kebenaran… Lalu bagaimana caranya menjelaskan filsafat sebagai bagian yang tak terpisahkan dar8 kehidupan sehari-hari… Dan bagaimana membudayakan setiap manusiavberfilsafat dalam hidupnya… Mengingat pada realita yang ada, yang mana filsafat masih dianggap sebagai hal yang tabu dibicarakan… Padahal tanpa disadari setiap orang diharuskan untuk berfilsafat …
    Terimakasih….
    _ Salam Pembelajar_

  90. Avatar

    rizkinuri

    23-09-2016 at 17:24

    pencapaian ilmu pengetahuan itu wajib bagi makhluk “manusia”
    namun terkadang manusia tidak mengetahui seberapa pentingnya ilmu itu…
    terlepas dari berapa penting dan sejauhmana kita akan mengemban sebuah ilmu, namun ilmu itu wajib kita geluti,,selama itu adalah hal yang positif.. wallahu ‘alam bi shoab..
    filsafat itu lahir dari yunani kuno,, adakah filsafat yang lahir pada era modern???

  91. Avatar

    REGINA AMALIA SALIM

    22-09-2016 at 21:01

    Assalamualaikum bapa dari penjelasan makna filsafat d atas saya mau nanya seberapa penting dan hubungan apa filsafat itu bagi saya tersndri yg mengambil kuliah d bidang tarbiyah,dan apa sih alasan UTAMA kita harus mempelajari FILSAFAT itu? 🙂 terimakasih pa …

    Wassalamualaikum warahmatullah hiwabarakatu 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.