Cara Baru Mengenal Model Penelitian Kualitatif

Cara Baru Mengenal Model Penelitian Kualitatif
0 431

Seperti apakah model kualitatif dalam bentuk penyajiannya dalam penelitian? Pertanyaan ini muncul, sebab ternyata banyak para peneliti pemula, khususnya di lingkup kajian pendidikan dan keagamaan, yang tidak tahu, situasi dan kondisi objek lapangan seperti apa yang layak untuk dijadikan penelitian kualitatif. Berikut beberapa hal yang menjadi ciri penelitian kualitatif.

Lingkungan Bersipat Alamiah

Penelitian kualitatif harus mampu mendeskripsikan lingkungan (objek penelitian) secara alamiah. Datanya harus merupakan sumber data langsung. Terhadap pilihan ini, peneliti dapat melakukan misalnya relasi atas semua komponen yang terkait dengan objek penelitian kita.

Misalnya, jika seseorang melakukan penelitian di suatu sekolah. Ia harus mampu mendeskripsikan aktivitas sekolah baik menyangkut unsur pimpinan, aktivitas siswa maupun aktivitas alumni. Bagus juga untuk mencoba mendeskripsikan relasi sekolah dengan lingkungan masyarakat di sekitar di mana sekolah itu ada.

Kondisi ini akan terasa semakin penting untuk menggunakan pendekatan kualitatif, jika tema utama dalam penelitian dimaksud menyangkut misalnya peran sekolah dalam bidang apa yang menjadi konsentrasi peneliti. Melalui pendekatan dimaksud, akan terjelaskan tentang siapa yang berperan? Siswa, alumni, guru dan berbagai perangkat sekolah lain yang menjadi unsur penting dalam pengelolaan sekolah.

Selain itu, melalui pendekatan kualitatif akan juga terjelaskan bidang atau peran khusus yang dimiliki sekolah. Tentu akan sangat menarik jika seorang peneliti, mengkaji pengembangan pendidikan yang khas dan berkarakter. Sebut misalnya, penanaman nilai-nilai keimanan dan ketakwaan serta kemandirian siswa dan alumni sekolah.

Bagaimana bentuk peran dimaksud dimainkan guru dan siswa baik ketika mereka masih belajar di sekolah dimaksud, maupun setelah mereka  menjadi alumni sekolah. Penelitian kualitatif dengan demikian, harus lebih mengutamakan makna dan penajaman atau nilai-nilai tertentu yang ditemui di lapangan.

Data Bersipat Langsung dan Deskriptif

Penelitian kualitatif sifatnya deskriptif dan penuh analitik. Cara pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi dan catatan lapangan yang disusun peneliti di lokasi penelitian. Penelitian tidak disajikan dalam bentuk bilangan atau statistik. Karena itu, terhadap penelitian yang menyangkut sekolah dan berbagai aktivtasnya, menurut saya cocok untuk menggunakan penelitian kualitatif.

Metode penelitian kualitatif, sekali lagi bukan jenis atau model penelitian yang berusaha mencari rerata (pendekatan statistik). Tetapi lebih pada bagaimana kesan yang mampu ditangkap peneliti atas berbagai persoalan yang muncul di lapangan. Dalam banyak kasus, dengan jenis penelitian dimaksud, secara subjektif peneliti harus merasa yakin akan terdeskripsi semua soal yang berkembang di objek penelitian.

Dengan nalar tadi, maka, dalam penelitian kualitatif, data dan informasi disajikan secara langsung. Peneliti harus memiliki kemampuan meletakkan dirinya secara langsung antara peneliti dan responden. Sekian, Semoga bermanfaat!

Komentar
Memuat...