Mengenal Penyebab Kanker Serviks dan Bahayanya

0 26

Lyceum Health– Pernah mendengar atau mengenal Kanker serviks sebelumnya? Yupz.. kanker serviks merupakan kanker yang berbahaya yang menyerang kaum hawa . Prosesnya dimulai ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik (perubahan pada DNA) kemudian mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Bahanya kanker ini, bisa kita cermati dari meningganya Julia Perezz (Jupe) 10/05.

Pada umumnya sel yang sehat akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu,namun setelah terjadi mutasi genetik, membuat sel kanker dalam tubuh tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali.

Seperti diketahui, jumlah sel abnormal yang terus bertambah akan membentuk tumor. Kemudian, Sel kanker yang muncul menyerang jaringan yang ada di sekitarnya. Bahayanya, sel ini bisa melepaskan diri dari lokasi awal dan menyebar ke wilayah tubuh lainnya, ini proses yang disebut para peneliti kesehatan sebagai proses metastasis.

Penyebab Kanker Serviks adalah HPV (Human papillomavirus)

Penyebab Kanker Serviks
Mengenal Penyebab Kanker Serviks dan Bahayanya. Image: familinia.com

Menurut Alodokter, Ada beberapa faktor yang menyebabkan wanita terkena kanker serviks. Namun, penelitian menemukan bahwa bahwa 99,7 % kanker serviks disebabkan oleh HPV. HPV sendiri adalah satu golongan virus, di mana terdapat lebih dari 100 jenis HPV.

Virus HPV atau Human papillomavirus pada umumnya tersebar melalui hubungan seksual. Proses terbentuknya virus ini mana terjadi kontak langsung antara kulit kelamin, membran mukosa, atau pertukaran cairan tubuh, dan melalui seks oral.

Perlu di ketahui, setelah memulai hubungan seksual, diperkirakan terdapat 33 % perempuan akan terinfeksi HPV. Namun, beberapa jenis dari HPV tidak menimbulkan gejala yang jelas dan hanya berupa infeksi. Infeksi ini bisa menghiang dengan atau tanpa penanganan medis.

HPV Yang Berpotensi Menyebabkan Kanker Serviks

Dari ratusan jenis HPV, ada yang bisa menyebabkan kutil pada alat kelamin.  Namun, jenis HPV ini tidak menyebabkan kanker serviks. Menurut baberapa penelitian, Ada sekitar 15 jenis HPV yang berpotensi menyebabkan kanker serviks.

Dua dari 15 Virus tersebt yang paling umum membntuk kanker serviks, yaiitu Human papillomavirus (HPV 16) dan Human papillomavirus (HPV 18). Kedua jenis virus inilah yang penyebab kanker serviks pada 70 persen wanita.

Jenis HPV yang berisiko tinggi biasanya mengandung materi genetik yang bisa dipindahkan dari sel virus ke dalam sel leher rahim. Materi iniah yang akan mulai mengganggu kinerja sel, hingga akhirnya sel-sel serviks berkembang biak tanpa terkendali dalam tubuh. Proses tersebutlah yang menyebabkan munculnya tumor, kemudian berubah menjadi kanker.

Sejauh ini belum ada obat yang diketahui bisa menyembuhkan infeksi HPV. Karena Virus ini sendiri bisa tetap berada di dalam tubuh dengan atau tanpa penanganan. Akan tetapi, kebanyakan infeksi HPV menghilang tanpa penanganan khusus dalam jangka waktu sekitar dua tahun.

Walau pun HPV bisa menghilang dengan atau tanpa penanganan medis. Namun alangkah baiknya sebagai langkah awal dan berjaga-jaga, setiap wanita disarankan untuk menerima vaksinasi HPV untuk mencegah tertularnya jenis virus yang menyebabkan kanker.[aL/dari berbagai sumber]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.