Inspirasi Tanpa Batas

Mengenal Penyebab Timbulnya Jerawat

0 36

Konten Sponsor

Menerut wikipedia indonseia, jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia yang bernama Kligmann berpendapat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulit.” Kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa pubertas, masa menstruasi dan kehamilan, kurangnya perawatan dalam menjaga kebersihan kulit (malas cuci muka), dan efek make up.

Masa pubertas

Biasanya remaja usia sekitar 14 tahun akan mulai berhadapan dengan masalah jerawat. Mungkin kita juga dulu mengalami saat awal masuk SMP sampai SMA, jerawat mulai bermunculan di wajah. Ini terjadi karena pada masa pubertas produksi sebum oleh kelenjar minyak akan meningkat seiring dengan tingginya produksi hormon testosteron. Pada sebagian orang, produksi sebum dapat melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh kulit sehingga timbullah jerawat pada kulit wajah atau pada punggung.

Masa menstruasi dan masa kehamilan

Biasanya masalah jerawat yang terjadi pada orang dewasa lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki karena wanita lebih sering mengalami perubahan hormon pada masa-masa tertentu, seperti saat menstruasi dan hamil. Menurut hasil study yang dipublikasikan Archive of Dermatology, disaat wanita sedang menstruasi, terjadi ketidak seimbangan antara kadar hormon testosteron yang relatif lebih tinggi ketimbang kadar hormon estrogen atau progesteron. Perubahan kadar hormon inilah yang kemudian berdampak pada kulit wanita dan bisa menyebabkan jerawat.

Pada wanita hamil, jerawat biasa muncul pada tiga bulan pertama kehamilan. Kondisi ini disebut sindrom ovarium polikistik. Bagi yang sedang hamil, biarkan saja jerawat itu tumbuh, jangan diobati dulu apalagi diobatinya menggunakan obat-obatan atau skin care kecantikan yang dosisnya cukup keras, nanti juga jerwawat itu akan hilang sendiri setelah melewati masa awal kehamilan. Penggunaan obat atau skin care wajah pada wanita hamil sangat tidak disarankan karena bisa berbahaya untuk janin. Sebernya boleh aja sih diobati, asal obat yang digunakan tidak berbahaya bagi janin, kalau bisa gunakan obat dari dokter, dan lebih disarankan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan untuk mengobati jerawat tersebut karena lebih aman.

Malas cuci muka

Semua wanita pasti setuju dong kalau menjaga kesehatan wajah termasuk mencuci muka pada malam hari sebelum tidur adalah wajib hukumnya, karena banyak efek negatif yang bakal kita alami kalau kita melalaikan rutinitas cuci muka di malam hari sebelum tidur, salah satunya adalah jerwat. Perlu diketahui, bahwa cuci muka sebelum tidur itu sangat penting untuk menghapus kotoran-kotoran yang menempel pada wajah seperti debu, polusi kendaraan dan make up. Apalgi kalau abis beraktivitas di luar ruangan, atau abis berkendaraan, itu wajib banget cuci muka. Kotoran dan bakteri yang nempel pada wajah jika tidak dibersihkan lama kelamaan akan menumpuk dan dapat menyumbat pori-pori. Bakteri tersebut cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi di daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut akan terus membengkak, dan akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit di daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat.

Efek penggunaan make up

Kita ketahui bersama bahwa kita tidak boleh sembarangan dalam menggunakan make up. Gunakanlah make up yang cocok dengan jenis kulit kita. Penggunaan make up yang tidak cocok dengan jenis kulit dapat menibulkan berbagai masalah termasuk jerawat, komedo, flek hitam, muka menjadi merah, kusam, bahkan gatal-gatal.

Selain itu, perhatikan juga tanggal kedaluarsa pada make up tersebut, kalau sudah melewati tanggal kedaluarsa, jangan digunakan lagi walaupun masih banyak. Bahkan sebaiknya dua bulan sebelum kedaluarsa, make up tersebut jangan dipakai lagi karena pada saat menjelang masa kedaluarsa biasanya sudah mulai timbul jamur pada make up tersebut.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. jagalah selalu kesehatan kulit, dan cerdaslah dalam merawat dan memilih make up untuk wajahmu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar