Inspirasi Tanpa Batas

Mengenal Prilaku Phubbing, Sebuah Fenomena yang Terus Mengancam

0 5.253

Apa itu Phubbing? Pernah mendengarnya? Phubbing yaitu sebuah istilah untuk tindakan acuh seseorang di dalam sebuah lingkungan, karena lebih fokus pada gadget dari pada membangun sebuah percakapan. Istilah ini mulai mencuat seiring dengan boomingnya smartphone di pasaran akhir-akhir ini. Penggunaan handpone dan hal lain yang ada di sekitar tersebut, membuat mereka cendrung lebih asyik dengan gagetnya, entah karena isu yang berkembang dan menarik, atau update status, tanpa memperhatikan lawan bicaranya. Nah prilaku seperti itu dikenal dengan Phubbing.

Kapan phubbing terjadi? Fenomena phubbing bisa terjadi pada siapa saja, misalnya saat dua orang atau lebih dalam sebuah kehidupan bersama, namun mereka saling berinteraski dengan telepon genggamnya masing-masing. Mungkin kita menjadi bagian atau bahkan pernah mengalami fenomena tersebut. Contoh kecilnya jika seorang pengemudi terganggu ketika pejalan kaki fokus pada smartphone-nya, sehingga mengabaikan lalu lintas dan lingkungan sekitar, padahal aktivitas mereka itu memerlukan focus.

Asal Muasal Kata Phubbing

Soal siapa yang pertama kali mencetuskan kata Phubbing? Jawabanya ialah tim pakar bahasa yang menyusun kamus atau Direktori McCann dan Macquarie. Untuk pertama kali menciptakan kata phubbing pada Tahun 2012 sebagai cara mereka membantu mengatasi masalah sosial di dunia yang sedang berkembang.

Kini, kampanye phubbing mulai gencar dilakukan di seluruh Dunia. sejak tahun 2012 sosoial media di Amerika serikat terus aktif mensosialisasikan gerakan anti phubbing. Dan di awal 2015 kampanye tersebut sudah dirasakan di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia

Gagdget Penyebab Utama Prilaku Phubbing

Perkembangan gadget yang semakin pesat memang harus kita diwaspadai. Seperti yang kita ketahui, kita sedang berada dalam era globalisasi, dimana perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam aktifitas sehari-hari. Seorang yang sudah terecandu gadget akan sulit untuk menjalani kehidupan nyata, misalnya mengobrol atau berinteraksi. Perhatian seorang pecandu gadget hanya akan tertuju kepada dunia maya. Dan bahkan jika dia dipisahkan dengan gadget, maka akan muncul perasaan gelisah. Disadari atau tidak, prilaku yang mengabaikana lawan bicara (phubbing) adalah kesalahan yang sangat fatal, prilaku Phubbing tersebut akan membawa si Phubbers dalam keterasingan sosial.

Dampak Phubbing

Apakah phubbing sebagai refleksi dari dunia yang sudah menjadi terputus? apakah seni percakapan pun akan menghilang? Apakah sebuah masalah? Apakah phubbing menjadi suatu sikap yang yang sedikit menghina kita? sama hinanya seperti di dunia Barat tatkala seseorang meludah, namun di bagian dunia lain di Tiongkok misalnya, meludah, sudah menjadi hal biasa. Tetapi perbedaan itu justru membuat kita semakin tidak menyadari sikap-sikap tersebut? sama halnya seperti prilaku phubbing yang secara tidak sadar keluar dari norma sosial.

dalam sebuah artikel menarik yang dimuat di Chinadaily.com phubing dapat mengancam putusnya hubungan dalam keluarga, persahabatan bahkan mampu mengancam terputunya relasi. Prilaku phubbing yang mengabaikan dan tidak mempedulikan orang lain yang tengah bersama dengan Anda akan mengancam ketidak percayaan orang terhadap anda.***aL


Referensi Bacaan :

Chinadaily.com

Stopphubing.com

Komentar
Memuat...