Mengenali Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Buah Hati

0 107

Setiap orang tua tentu ingin buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, kadang mereka tidak menyadari Gangguan pemusatan perhatian yang bisa terjadi pada buah hatinya. dari beberapa peneitian hanya sedikit ibu yang Mengenali Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Buah Hatinya.

Gangguan Pemusatan Perhatian atau di kenal dengan attention deficit disorder (ADD) adalah suatu pemusatan perhatian yang buruk atau singkat dan sifat impulsif (mengikuti kata hati) yang tidak sesuai dengan usia anak, dengan atau tanpa hiperaktivitas.

Sudah biasa bagi anak-anak untuk sesekali melupakan pekerjaan rumah mereka, melamun di kelas, bertindak tanpa berpikir, atau merasa gelisah di meja makan. Tapi, perlu ibu ketahui beberapa aktivitas tersebut salah satu tanda attention deficit disorder (ADD).

Gangguan Pemusatan Perhatian atau di kenal dengan attention deficit disorder (ADD) dapat menyebabkan masalah di rumah dan di sekolah dan mempengaruhi kemampuan anak Anda untuk belajar dan bergaul dengan orang lain.

Cara mengobati Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Anak

Langkah pertama untuk mengatasi masalah dan mendapatkan bantuan anak yang dia butuhkan adalah belajar mengenali tanda dan gejala ADHD. Gangguan pemusatan perhatian (ADD) ternyata lebih sering terjadi pada anak laki-laki dengan disertai tanda-tanda pada usia 4 tahun. Akan tetapi, gangguan ini baru timbul pada usia sekolah (PAUD).

Penyakit ini biasanya diturunkan, ADD seringkali diperburuk oleh lingkungan di rumah maupun sekolah. Pengobatan yang paling efektif adalah obat-obat psikostimulan (perangsang psikis). Terapi perilaku dipimpin oleh seorang psikolog anak yang biasanya dikombinasikan dengan menggunakan terapi obat. Obat yang sering diberikan adalah metilfenidat.

Efek samping yang biasa timbul adalah gangguan tidur (misal insomnia) dan berkurangnya nafsu makan. Selain itu, efek samping lainnya adalah depresi atau perasaan sedih, sakit kepala, nyeri lambung dan tekanan darah tinggi.

Jika diminum dalam dosis tinggi dan dalam waktu yang lama, metilfenidat bisa memperlambat pertumbuhan anak. Anak dengan ADD biasanya tidak dapat mengatasi kesulitannya sendiri. Mereka tampaknya lebih bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan daripada dengan lingkungan sekolah. (Nezra Aisya Aghnia)

Komentar
Memuat...