Mengintip Keberhasilan Usaha Bob Sadino

0 250

Tahun 2012, Bob Sadino –dalam kata lain dapat disebut entrepreneur sejati Indonesia– meluncurkan pikirannya dalam rumus “Go Blog Management”. Konsep ini kemudian dikenal dengan istilah GoBlog yang menempatkan dirinya sebagai sosok jitu dalam merumuskan keberhasilan usaha. Termasuk tentu saja usaha yang dia lakukan. Ia menginspirasi banyak orang akan pentingnya memulai usaha.

Sosok Bob Sadino dalam Merintis Usaha

Bob Sadinoa adalah sosok penuh sahaja dengan model celana jins pendek, kemeja pendek yang ujung lengannya tidak dijahit dengan cangklong di mulutnya, merintis usaha dari bawah. Ia berhasil menepis suatu anggapan bahwa watak pebisnis itu diturunkan secara genetic. Mengapa demikian, karena ia sukses menjadi penguasaha padahal ia bukan merupakan keluarga wirausaha.

Pendiri dan pemilik Kem Chicks (supermarket) ini, pernah menjadi supir dan kuli bangunan dengan upah harian hanya 100 rupiah.  Pikirannya disimplikasi menjadi 11 Kata Mutiara Goblok Bob Sadino yang Menginspirasi. Di antara sekian kata kunci berwirausaha menurutnya adalah sebagai berikut:

Tidak banyak mikir yang penting melangkah. Inilah yang dalam Bahasa saya sering disebut dengan modal utama berwirausaha adalah niat dan memulai. Sadino juga sama. Awalnya, ia merasa sulit mendapatkan pekerjaan yang baik dengan upah yang juga baik. Akhirnya ia membuka usahanya sendiri.

Konsep Bersyukur Pengusaha

Bob Sadino adalah Pengusaha Sukses yang dijadi sebagai sosok Inspirator bagi pengusaha pemula.

Saat suatu bisnis yang dikelola pengusaha berkembang, ia selalu mampu mempekerjakan orang pintar. Ia mengumpulkan banyak orang untuk bekerja pada dirinya sendiri, dan tentu mereka yang membayarnya. Karena itu, pengusaha akan selalu memiliki banyak orang yang bekerja untuk dirinya sendiri.

Dalam melaksanakan usaha, yang dicari adalah kerugian bukan keuntungan. Akibatnya filosofisnya adalah, ketika usaha yang dikelolanya benar-benar rugi, pengusaha selalu tetap semangat, karena mentalnya memang rugi. Tetapi, jika usaha yang dikelolanya itu untung,  maka, manusia yang memiliki mental pengusaha akan meningkatkan rasa syukurnya, Karena ia tidak ditimpa kerugian.

Seseorang yang memiliki mental pengusaha suka menggoblokkan diri mereka sendiri sebelum menggoblokkan orang lain. Ia bahkan rela dibilang gila, sehingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan karena hasil kegilaannya.

Beda Orang Pintar dan Mental Pengusaha

Seseorang yang memiliki jiwa wirausaha, selalu mempunyai satu ide nyata. Ia tidak seperti manusia kebanyakan yang sebut saja misalnya orang pintar, yang selalu kebanyakan ide dan akhirnnya tidak ada satu pun dari ide itu yang menjadi kenyataan. Para pengusaha, selalu sekolah di jalanan, karena dianggap dapat memberikan kebebasan kepada dirinya dan kemudian menjadi kreatif,

Mereka dengan tipologi ini, jika bertemu dengan orang baru, selalu mengosongkan gelasnya terlebih dahulu untuk kemudian diisi dengan ilmu yang dibawa dari teman barunya itu. Ia juga bukan tipologi manusia yang banyak mikir karena ia cuma untuk melangkah saja. Sedangkan,  Orang “pintar” menurutnya selalu mikir ribuan mil, sehingga mereka merasa berat melangkah.

Pebredaan lainnya adalah, orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses bisa bayar pelamar kerja. Terakhir, ia menyatakan bahwa orang “pintar” maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan. Lho kalau begitu, mudah sekali menjadi pengusaha ya … By. Prof. Cecep Sumarna

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.