Inspirasi Tanpa Batas

Mengintip Singapore Botanic Gardens Taman Nasional Terbaik Dunia

0 62

Konten Sponsor

Singapore Botanic Gardens. Jika kalian berlibur ke negeri Singapura tidak mampir ketempat ini saya anggap liburan kalian belum sempurna. Taman Nasional Singapore Botanic Gardens yang sekarang sudah berusia lebih dari 150 tahun ternyata mempunyai daya tarik yang tinggi terhadap para pelancong. Baik yang datang dari luar negeri maupun buat penduduk lokal. Kebun ini memiliki berbaga koleksi tanaman-tanaman yang indah, baik tanaman pangan maupun tanaman hutan yang ada di seluruh dunia.

Nah lalu apa keuntungan dan manfaatnya jika kalian berkunjung ke tempat ini?. Selain memberikan kenyamanan dan keindahan alamnya kalian akan mendapatkan sarana pendidikan ditengah keajaiban alam. Bahkan menurut situs resminya (nparks.gov.sg). Singapore Botanic Gardens merupakan kebun botani satu-satunya yang paling banyak dikunjungi di dunia. Dan merupakan contoh unik gaya Peralihan Lanskap Inggris informal dalam iklim khatulistiwa.

Taman nasional Singapore Botanic Gardens terletak di pusat kota Singapura dan hanya membutuhkan waktu lima menit dari Orchard Road (jalan perbelanjaan utama di Singapura). Tepatnya di Cluny Road, No. 1 – Singapura. Taman Nasional Singapore Botanic Gardens Buka setiap hari dari mulai jam 5:00 pagi sampai jam 00:00 tengah malam. Jadi jika kalian mau berkunjung ketempat ini kalian bisa mendapatkan waktu yang banyak untuk berekreasi bersama kerabat anda.

Sejarah Singkat Singapore Botanic Gardens

Mengintip Singapore Botanic Gardens Taman Nasional Terbaik Dunia
Mengintip Singapore Botanic Gardens Taman Nasional Terbaik Dunia. Image by: goodyfeed.com

Menurut sejarah Kebun botani (Singapore Botanic Gardens) pertama kali didirikan oleh Sir Stamford Raffles, pendiri Singapura dan seorang warga asing, pada tahun 1822 di Government Hill di Fort Canning, dengan tujuan untuk mengenalkan tanaman budi daya tanaman pangan. Setelah itu ditutup pada tahun 1829 dan, pada tahun 1859, di situs Tanglin sekarang, sebuah taman baru dikembangkan oleh Agri-Horticultural Society, dan kemudian diserahkan ke pemerintah pada tahun 1874.

Dari taman hias dengan jalan, teras, area parade band dan Bahkan kebun binatang kecil, ia telah berkembang dengan baik dan berubah menjadi kebun raya khatulistiwa terbaik. Diatas tanah seluas 82 hektar, di mana tanaman dari seluruh dunia dihadirkan, seperti karet dan anggrek pun ditanam disana.

Pada bulan Juni 2012, Singapura meratifikasi Konvensi Warisan Dunia dan pada bulan Desember 2012, menyerahkan Daftar Tentatif Warisan Dunia ke UNESCO untuk menunjukkan ketertarikan untuk memasukkan Taman Nasional Singapore Botanic Gardens sebagai Situs Warisan Dunia.

Pada bulan Januari 2014, Dossier Nominasi resmi untuk Kebun diajukan ke UNESCO. Pada bulan September 2014, seorang peneliti dari International Council on Monuments and Sites (ICOMOS) mengunjungi Kebun sebagai bagian dari proses evaluasi penilaian.

Pada tanggal 4 Juli 2015, Kebun menerima prasasti sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada sesi ke-39  World Heritage Committee (WHC).

Bagian-bagian Taman Nasional Singapore Botanic Gardens

Bagian-bagian Taman Nasional Singapore Botanic Gardens
Setiap bagian di objek wisata Taman Nasional Singapore Botanic Gardens selalu menyajikan berbagai atraksi menarik. Image by: a248.e.akamai.net

The Gardens pada awalnya dibagi menjadi tiga bagian. Tiga inti tersebut terdiri dari Tanglin yang merupakan inti warisan yang mempertahankan daya tarik dan pesona lama dari Taman-taman bersejarah; Center, Tempat wisata dari Perkebunan; dan Bukit Timah, sebagai zona pendidikan dan penelitian. Inti keempat, Tyersall-Gallop. Diciptakan dengan pembukaan pada tahun 2017 Hutan Belajar yang dirancang untuk mengintegrasikan ke dalam hutan hujan yang ada di Gardens untuk membentuk habitat hutan yang diperbesar.

Setiap bagian di objek wisata Taman Nasional Singapore Botanic Gardens selalu menyajikan berbagai atraksi menarik. Luangkan waktu Anda untuk berjalan-jalan di sekitar Taman dan nikmati pemandangan indah, suara dan keajaiban tanaman hijau yang lebat.

Kunjungi situs Singapore Botanic Gardens  untuk mengetahui lebih banyak tentang Kebun dan berbagai atraksinya termasuk Hutan Belajar ,  Taman Anggrek Nasional, Event Singapore Botanic Garden dan  Taman Anak-anak Jacob Ballas.

Editor: Acep Lutvi – Sumber: Tulisan nparks.gov.sg

70%
Awesome
  • Sangat Menarik
  • Menarik
  • Biasa Saja
  • Tidak Menarik

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar