Mengukur Kemampuan Sebelum Menjadi Entrepreneur

0 21

Perjalanan dalam menjadi bos atas bisnis sendiri tentu tak akan selalu mulus. Berbagai upaya yang telah dikerahkan seringkali dihantam berbagai rintangan dan tantangan membuat para pebisnis dituntut untuk bisa sangat bersabar.

Seperti dikutip dari Business Insider, karenanya sangat penting bagi Anda untuk mengecek kesiapan mental pribadi sebelum terjun menjadi seorang entrepreneur.

Lagipula juga, semua pengusaha kaya seperti Bill Gates dan Donald Trump juga pernah mengalami berbagai masa sulit sebelum menemukan kesuksesannya tersebut.

Untuk mengecek kemampuan dan ketahanan Anda, berikut adalah 4 pertanyaan yang harus dijawab sebelum mulai menjelajahi dunia bisnis:

Apakah Anda orang yang gigih dan pantang menyerah?

Colonel Sanders

Jika Anda mendengar kisah pendiri KFC, Colonel Sanders, dia termasuk orang yang sangatlah gigih dalam memperjuangkan gagasan bisnisnya. Bisnisnya yang telah bernilai US$ 550 juta itu lahir dari upaya Sanders mencari pembeli untuk ayam andalannya itu tentunya dari resep andalannya.

Bahkan Colonel Sanders sempat mengalami masa-masa buruk seperti perceraian serta kebangkrutan sebelum akhirnya sukses membangun bisnis KFC. Namun Colonel Sanders selalu bangkit dan berupaya mencoba kembali.

Tak heranlah, jika kegigihan menjadi salah satu bagian utama dalam membangun bisnis. Orang-orang yang mudah menyerah akan dengan mudah menemukan kegagalan berbisnis. Singkatnya, tidak satupun tujuan dapat dicapai tanpa hambatan.

Mampukah bertahan dengan bisnis yang tidak populer?

Pendiri bisnis Pandora, Tim Westegren mengajarkan orang orang pentingnya mengerahkan segala upaya dalam membangun bisnis. Meski dengan uang yang sangat terbatas dan bisnis yang belum tentu sukses, dia tidak pernah takut gagal.

Pada akhirnya, menerima risiko atas bisnis yang tidak populer menjadi salah satu cara untuk mencapai kesuksesan. Latihlah kemampuan Anda untuk mempengaruhi orang lain guna menggapai kesuksesan yang diimpikan.

Apakah Anda takut gagal?

Contoh paling nyata tentang kegagalan datang dari Thomas Alfa Edison. Dia merupakan orang yang akhirnya berhasil setelah ribuan kali mencoba dan gagal. Pendiri sang General Electric ini telah terbukti tidak takut gagal dan berakhir sukses.

Maklum, para pengusaha harus belajar untuk berteman dengan kegagalan. Janganlah putus asa saat terjatuh, tetapi bangkit dan jangan ambruk lagi di tempat yang sama. Mencoba sekali lagi merupakan salah satu cara untuk menemukan jalan menuju kesuksesan berbisnis.

Apakah gaya hidup Anda seperti pengusaha?

Gaya hidup pengusaha tidak berada di dalam diri setiap orang. Para pengusaha harus terbiasa menerima kenyataan jika bisnisnya gagal serta tidak bersikap berlebihan saat menerima banyak keuangan.

Para pengusaha cenderung tangguh dan mampu bertahan di tengah banyak masalah. Konsistensi dan kegigihan untuk berangkat dari nol dan berhasil harus menjadi gaya hidup para pengusaha.

Komentar
Memuat...