Meniru Cinta Sejati Nabi Muhammad kepada Siti Khadijah

27 5.676

Meniru Cinta Sejati Nabi Muhammad. Khadijah meninggal dunia. Waktu kematiannya dikenang sebagai tahun duka. Ia meninggalkan Muhammad di alam fana’ dalam kesendirian. Khadijah kembali ke pangkuan Tuhan dalam derai air mata basyariyah Muhammad. Kekasih yang sangat dicintainya. Karena cintanya yang hebat, kekayaannya yang demikian melimpah habis terkuras untuk berjuang menegakkan Islam.

Inilah sosok yang dikenal sebagai induk para ahli Syurga dari kaum wanita. Hidup abadi bersama para Nabi dan shalihin. Dialah sosok yang selalu tersimpan dalam bathin terdalam Muhammad. Ia menyimpan rapih cintanya karena khawatir menjadi celaan bagi istri-istrinya yang lain. Muhammad sadar bahwa rasa cemburu istri-istrinya kepada cinta Muhammad atas Khadijah, seringkali melahirkan prahara keluarga.

Fakta menunjukkan bahwa ternyata cinta Muhammad atas Khadijah, tetap saja tidak bisa untuk tidak dicemburui. Ekspresi rasa cintanya kepada Khadijah, tidak mampu ia sembunyikan secara tuntas. Muhammad sering menyampaikan kepada sahabat terdekatnya tentang rasa cinta tulusnya yang tak mungkin tergantikan oleh siapapun kepada Khadidjah. Ia adalah cita rasa cinta pertamanya yang memperoleh sambutan dari diri Muhammad dengan tulus. Ia memberinya gelar Dewi sebagai lambang induknya bidadari di Syurga.

Cinta Tulus Pasti Digumamkan

Muhammad hanya bergumam di tengah malam, saat dia terkilir dari bangun atau sengaja ingin bangun dalam rangka menghadap Tuhan dalam bentuk tahajud. Ia selalu berdoa agar Tuhan tetap menjaga dan memberinya rahmat dan selalu membalas setiap titian kebaikan yang pernah diberikan Khadidjah kepada dirinya di bumi. Di bumi ia memberi gelar Dewi sebagai lambang kebaikan, kejujuran, kesetiaan dan ketulusan.

Saat istrinya yang lain, seperti Aisyah mempertanyakan mengapa ia begitu dalam mencintainya, dengan lugas ia menjawab: “Bagaimana mungkin aku melupakan Khadijah. Ia adalah pemberi selimut saat dingin menerpa dan tak ada seorangpun yang memberi aku selimut. Ia adalah wanita kaya yang memberiku kepercayaan saat tidak ada seorangpun yang percaya kepadaku, khususnya ketika untuk pertama kali aku memperoleh orakel (wahyu). Ia penyimpan rahasia keluarga, penyayang yang tidak ada tandingnya, pemberi yang tidak ada tepinya. Khadijah adalah pecinta yang tidak ada kata selain rasa suka. Ia menjadi pembuka pintu saat malam datang merayap dan pewaris segala kekayaan bathin nubuwah yang dimilikinya. Dia adalah wanita yang berdiri tegar ketika menghadapi berbagai masalah kemanusiaan saat kenabiannya harus dia ajarkan kepada umatnya.

Jika bukan karena perintah Tuhan, mungkin Muhammad tidak lagi memiliki istri selain Khadijah. Itulah cinta basyar Muhammad, meski ia harus disimpan dalam bathin terdalam saat perjumpaan fisiknya tak mampu ia lakukan.

Khadijah adalah Kenangan Tak Terlupakan

Muhammad sebagai basyar menyimpan kenangan indah bersama Khadijah tanpa eksploitasi kata dan cerita. Kisahnya berakhir dan selalu berakhir dalam legenda cinta termisteri sepanjang sejarah kemanusiaan. Cinta yang tertanam dan terukir dalam bathin yang mengajarkan ketegaran, kesungguhan, keindahan dan kebahagiaan tanpa akhir.

Khadijah yang sangat kaya raya, membangun keluarga dengan segenap kemewahan lahir, tiba-tiba harus berganti menjadi papa, karena kekayaannya habis dipakai perjuangan kenabian Muhammad. Khadjijah Ikhlas dan sedikitpun tidak menununjukkan watak sayang terhadap kekayaannya. Ia mengalihkan kekayaan lahir menuju kekayaan bathin yang tak ternilai. Ia menjadi demikian metafisik menuju sesuatu yang beyond.

Ia yang saat wafatnya hanya menyisakan empat tumbak tanah di Khandak itu, tetap menjaga kesetiaan dan ketulusan kepada suami yang paling dicintainya, yakni Muhammad. Muhammad menjadi tujuan perolehan cinta kasih yang tak mungkin tergantikan atau digantikan manusia lain. Inilah cinta abadi kemanusiaan yang terlukis dalam segenap kasih sayang yang tak berhingga.

Khadijah dan Muhammad sepertinya meyakini bahwa cintanya hanya akan dipetik di taman Syurga. Tempat yang hanya dapat dihuni jika keduanya telah sama-sama meninggalkan alam fisik. Suatu alam tak berbatas, seperti cinta keduanya yang juga tak berbatas. Inilah alam yang tidak ada alam lain kecuali kebahagiaan. Kebahagiaan yang bukan penantian semu. Inilah cinta yang sesungguhnya diidamkan banyak manusia. By. Prof. Cecep Sumarna

  1. FATLIKHA WATI berkata

    Assalamualikum wr wb
    Cinta adalah sebuah amalan hati yang akan terwujud dalam amalan lahirilah,dan kisah cinta nabi muhammad saw dan khadijah telah dapatkan ridhai allah swt,maka mendapatkan suatu ibadah,berarti jelas bahwa cintanya nabi muhammad saw dan khadijah yaitu tulus dan cinta yang sempurna yang di harapkan banyak orang.
    Cinta yang di bangun karena allah akan menghasilkan kebaikan yang sangat banyak dan berharga, ibnu qayyim berkata.”sebagian salaf mengatakan bahwa suatu kaum telah mengaku cinta pada allah lalu allah menurunkan ayat ujian kepada mereka: “katanlah :jika kalian cinta kepada allah maka ikutilah aku,niscaya allah akan mencintai kalian” (ali imran: 31).

  2. Ririn Fitrriani berkata

    Ketulusan cinta Rasulullah terhadap Siti Khadijah tiada tandingannya,rasa cinta yang dimiliki terhadap istrinya tidak akan menggoyahkan rasa cintanya kepada Allah. Siti Khadijah yang terkenal cerdas dan kaya raya itu tidak membuatnya sombong,hartanya habis hanya untuk kepentingan umat pada zamannya.

  3. birnawati berkata

    Meski Khadijah seorang perempuan kaya dan memiliki posisi terpandang, namun ia senantiasa bersikap rendah hati dan penuh hormat terhadap Nabi Muhammad SAW. Sebelum diutus sebagai nabi, Rasulullah Muhammad SAW senantiasa pergi berkhalwat atau menyendiri untuk beribadah di gua Hirah.
    Setelah Nabi Muhammad SAW diangkat sebagai nabi, banyak kalangan dan sanak famili yang meninggalkannya sendirian. Namun Khadijah as tak pernah menyerah untuk selalu mendampingi sang suami berjuang menyebarkan Agama Islam. Dengan penuh keyakinan dan ikhlas, ia pun mengakui kenabian Muhammad dan menjalin sumpah abadi dengannya. Khadijah mengimani Islam bukan hanya dengan lisan. Ia bahkan menyerahkan seluruh harta kekayaannya untuk dibaktikan di jalan perjuangan Islam.
    Selama hidup bersama dengan Rasulullah saw, Khadijah as selalu mengedepankan kesabaran dan ketabahan. Sebab ia sungguh meyakini jalan yang dipilih suaminya sebagai utusan Allah yang terakhir untuk menyelamatkan umat manusia. Baik sebelum maupun sesudah masa pengutusan, Khadijah as selalu mencintai Rasulullah saw dengan penuh ketulusan. Ia selalu mendampingi Rasulullah saw baik dalam keadaan suka maupun duka.

    sikap dan prilakunya bunda Khadijah harus patut diteladani dan semoga bisa ditanam dalam diri setiap perempuan

  4. Fakhira Alifatunnisa berkata

    Rasa cinta Siti khodijah kepada suami tercinta yaiti Nabi Muhammad tidak ada bandingannya karena begitu tulusnya ia mencintai dan menyayangi suaminya. Ia menjadi selimut dikala Nabi Muhammad kedinginan, orang yang mempercayai, dan membantu Nabi dalam menegakkan agama Islam dengan memberikan seluruh hartanya untuk kemakmuran Islam. Ialah sosok dewi yang juga sangat dicintai oleh Nabi Muhammad, dan ketika Siti khodijah wafat menjadi hari kedukaan bagi Nabi Muhammad karena, beliau kehilangan sosok wanita syurga yang begitu dicintainya. Inilah kisah cinta suci nan sejati yang patut dijadikan contoh bagi umat Islam.

  5. arini berkata

    Kisah cinta yang patut kita tiru dan contoh sosok siti khodijah yang sangat sabar dan setia terhadap nabi muhammad. Kisah cinta sejati yang berlandaskan iman dan ketaqwaan kepada allah swt. Kisah cinta yang selalu allah ridhoi dalam setiap perjalanannya. Kisah yang benar-benar harus kita ikuti dan tiru

  6. ifa nurfaizah berkata

    Assalamualaikum
    Cinta adalah suatu prasaan yang tidakk mampu di ucapkan dengan kata-kata, sekalipun dunia tidak bisa menebak apa itu cinta.
    Kecintaan siti khodijah terhadap nabi muhammad saw tidak ada bandingannya, siti khodijah menerima semua keadaan nabi muhammad saw pada saat itu yang hanya sebagai pedagang kecil tapi siti khodijah tidak melihat dari sisi ekonominya, siti khodijah melihat ketulusannya,kasih sayangnya nabi muhammad saw kepada dirinya karna jika kita hanya memiliki rasa cinta tanpa memiliki rasa kasih sayang maka kata KESETIAAN itu tidak akan pernah muncul sampai kapan pun, Bagaikan sayur tanpa garam. Jadi kasih sayang itu penting didalam sebuah hubungan entah itu keluarga,sahabat dan lainnya.

    Makasih ..

  7. Aninda fidiya sari berkata

    Assalamualaikum.
    Keluarga yang baik adalah keluarga yang saling mendukung dan mampu menjaga rahasia keluarga, seperti halnya khadijah yang selalu mendukung dakwah nabi muhammad bahkan beliau rela harta bendanya habis untuk keperluan dakwah jadi tidak salah jika nabi muhammad memberi gelar dewi kepada siti khadijah

  8. Arul Ikhbarul Haqi berkata

    membangun sebuah keluarga merupakan ibadah yang bisa sunnah bisa wajib atau pun mubah bagi sebagian golongan manusia… dalam menjalankannya harus disertai sikap yang dewasa dengan penuh kasih sayang agar tercipta rasa saling menghargai dan memuliakan pasangan, seperti Rasulullah yang selalu mendoakan kebaikan atas istrinya khadijah, di setiap tahajud. Sebagai seorang istri, khadijah merupakan contoh sempurna seorang istri. Dalam keluarga haruslah terjadi sebuah ketulusan, kesabaran, penyayang, tegar, percaya, setia, jujur dan amanah seperti Khadijah yang ikhlas merelakan semua harta yang dimilikinya untuk membantu perjalanan Nabi Muhammad dalam menegakan Islam. Dengan cintanya yang tulus atas Allah ia rela meninggalkan kekayaan lahiriahnya menjadi batiniah yang tiada batas karena itulah kenikmatan yang luar biasa. Dalam keluarga juga harus ada timbal balik atar anggota seperti Rasul yang mencintai Khadijah dengan tulus begitupun sebaliknya. sehingga apapun akan dilakukan untuk memberi kebahagiaan didalam keluarga.

  9. Ega Sopana TIPS-A/1 berkata

    Assalamualaikum
    Novelnya sungguh istimewa, bahwasan kita tau bahwa Siti Khadijah ini orang yang sangat kaya raya hati nya yang baik, setia serta tulus, bahkan harta kekuasaan nya habis terkuras demi berjuang untuk menegakkan islam. Inilah sosok ahli syurga. Banyak harta tetapi iman kosong maka hidup mu tidak akan bahagia di dunia maupun di akhirat nanti. Jangan mengejar dunia saja akhirat pun kita harus persiapkan. Demi kebahagian dunia dan dia akhirat.
    Terimakasih

  10. Fitria dewi berkata

    Assalamualaikum wr wb
    Mohon izin berkomentar. Khadijah adalah istri pertama Nabi Muhammad Saw sekaligus istri yang paling dicintai alasannya karena khadijah meyakini Rasulullah dan selalu mendampingi ketika Rasulullah berdakwah. Ketika khadijah wafat Rasulullah sangat terpukul. Khadijah dan Rasulullah saling mencintai satu sama lain, Rasulullah sangat mencintai khadijah yang akhir nya menyebabkan aisyah cemburu. Rasulullah dan khadijah meyakini bahwa cinta yang hakiki itu kelak di Syurga nya Allah.

    1. Fitria dewi berkata

      Assalamualaikum wr wb
      Mohon izin berkomentar. Khadijah adalah istri pertama Nabi Muhammad Saw sekaligus istri yang paling dicintai alasannya karena khadijah meyakini Rasulullah dan selalu mendampingi ketika Rasulullah berdakwah. Ketika khadijah wafat Rasulullah sangat terpukul. Khadijah dan Rasulullah saling mencintai satu sama lain, Rasulullah sangat mencintai khadijah yang akhir nya menyebabkan aisyah cemburu. Rasulullah dan khadijah meyakini bahwa cinta yang hakiki itu kelak di Syurga nya Allah.
      Terimaksih
      Wassalamualaikum wr wb

  11. Intan Tresna Dwi (T.IPS 1/A) berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    seperti kita ketahui bahwa Siti Khadijah adalah seorang perempuan yang baik,setia, serta tulus. Ia rela seluruh hartanya dipakai untuk menegakan agama Allah, bahkan tidak sedikitpun menunjukan watak kasih sayang terhadap kekayaannya ini menunjukan bahwa setiap apa yang kita punya adalah pemberian atau titipan dari Allah baik harta ataupun yang lainnya. Disini kita mengambil hikmah bahwa ketika mencintai seseorang karena Allah maka apapun yang terjadi apapun keadaannya ia akan selalu ada membantu kita seperti halnya yang dilakukan Siti Khadijah kepada Rasulullah, karena pada dasarnya cinta didasari oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT inilah cinta abadi kemanusiaan yang terlukis segenap kasih sayang yang tak berhingga.
    sekiann
    Wassalamualaikum wr.wb

  12. Intan Tresna Dwi (T.IPS/A/1) berkata

    Asslaamualaikum wr. wb
    Seperti kita ketahui bahwa Siti Khodijah adalah seorang perempuan yang baik, setia, serta tulus. Ia rela seluruh hartanya di pakai untuk menegakan agama Allah, bahkan tidak sedikitpun menunjukan watak sayang terhadap kekayaannya ini menunjukan bahwa setiap apa yang kita punya adalah pemberian dan titipan dari Allah baik harta ataupun yang lainnya. Disini kita bisa mengambil hikmah bahwa ketika mencintai seseorang karena Allah maka apapun yang terjadi apapun keadaannya ia akan selalu ada membantu kita seperti halnya yang di lakukan Siti Khadijah kepada Rasulullah, karena pada dasarnya cinta didasari oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT inilah cinta abadi kemanusiaan yang terlukis segenap kasih sayang yang tak berhingga.
    Sekian.
    Wassalamualaikum wr. wb

  13. Isah Siti Khodijah T.IPS/A/1 berkata

    Bismilahirahmanirahim…
    Asalamualaikum wr.wb
    “Meniru Cinta Muhammad kepada Khadijah”, sebuah kisah cinta dua insan manusia yang sangat menyentuh hati, mengaggumkan. Muhammad mencintai Khadijah lebih dari apapun. Dan Khadijah sang dewi surga rela melakukan demi rasa kasih dan sayang nya kepada sang suami. Cinta yang sangat tulus, ikhlas, romantis, hangat, melindungi dari keduanya. Khadijah memberi contoh kepada wanita agar kita rela membantu suami apa yang kita punya, Khadijah pun tidak pernah meninggalkan suami dalam keadaan apapun, semoga kisah cinta mereka tatap abadi dan dipersatukan di rumah mu nanti ya Allah. Amin. Terimakasih Wasalamualaikum wr.wb

  14. Cahya Hadi Kusuma ( T.IPS A/1 ) berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Cinta Nabi Muhammad kepada khadijah tidak bisa dicemburui karena Rasulallah sangat tulus mencintainya, bahkan Rasulallah sering kali menyampaikan kepada sahabatnya. Rasulallah juga memberinya gelar Dewi sebagai lambang induknya Bidadari Syurga, ia selalu berdoa kepada Allah untuk kebaikan khadijah dalam bentuk sholat tahajud. Rasulullah sangat tulus mencintai khadijah karena ia adalah seorang wanita yang tegar ketika menghadapi masalah, pemberi selimut ketika Rasulullah kedinginan, memberikan kepercayaan, penyayang,penyimpan tahasia keluarga, dan juga pecinta yang tidak ada kata selain rasa suka.

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Pertanyaannya, bagaimana kita mampu melahirkan Khadidjah baru atau menjadi Khadijah baru. Prinsip dasar kenabian adalah bagaimana kita tumbuh menjadi penolong dan penyayang. Terlebih kepada pasangan kita

      1. Cahya Hadi berkata

        Jadi kita kembali lagi dengan cara Rasul mendidik khadijah dengan pondasi kepercayaan satu sama lain. Untuk penolong dan penyayang kita harus mempunyai hati yang ikhlas dan tulus.

  15. Sri Anisah berkata

    Dalam keluarga pentingnya saling menghargai antar individu agar tidak terjadinya prahara keluarga . Kepala keluarga sebagai suri tauladan bagi anggota keluarga yang lain dengan menunjukan sikap tanggungjawab . Rasulullah sangat menghargai dan memuliakan istrinya dengan menjaga hati istrinya agar tidak ada rasa kecemburan akan cintaNya pada khodijah. Dalam bahtera keluarga harus terciptanya sebuah ketulusan , kepercayaan , ketegaran, kejujuran dan kebaikan . Seorang istri harus mempunyai sifat seperti khodijah yang selalu menemani Rasulullah dalam keadaan apapun dengan tulus. Cinta adalah bukti dari sebuah perjalan panjang yang membuat keluarga menjadi Sakinah ,mawaddah, wa rahmah.

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Oke Good …. Lanjutkan dengan analisisnya ya

  16. Farrin Nurul Aina berkata

    Assalamualaikum wr wb
    “Meniru cinta sejati Nabi Muhammad kepada Siti khadijah”
    Dapat kita ketahui bahwa siti khadijah adalah istri yang sangat-sangat dicintai oleh nabi, sehingga mengakibatkan istri nabi yang lainnya cemburu.Cinta siti khadijah kepada nabi muhammad merupakan cinta yang tulus dari hati padahal siti khadijah merupakan pedagang kaya namun mau dinikahi nabi,yang pada saat itu perekonomiannya sangat dbawah siti khadijah.
    Pengabdian siti khadijah terhadap Nabi juga sangat luar biasa dia rela kekayaannya terkuras untuk. Membantu nabi dalam menegakkan islam. Siti khadijah juga merupakan induknya bidadari syurga.
    Kisah cinta nabi Muhammad dan siti khadijah merupakan cinta yang tulus, padahal mereka berdua menikah terpaut usia yang jauh, siti khadijah usia 40 dan nabi Muhammad 25.
    Kisah cinta ini mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita mencintai seseorang denga tulus dan karna ALLAH kita tidak akan mengeluh dengan kekurangan pasangan kita malah sebaliknya kita bisa saling menerima.
    Terimakasih

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Ya kecintaan dan kasih sayang adalah pintu mendapatkan rahmat Tuhan ….

  17. Vina Rosseliana (TIPS A/1) berkata

    Bissmillah…
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Dari cerita di atas kita bisa mengetahui tentang besarnya rasa cinta Rosulullah kepada Khadijah. Karena sosok Khadijah yg baik, jujur , setia dan tulus . bahkan ia rela memberikan semua kekayaannya untuk Rosulullah dalam berjuang menegakkan agama islam. Sehingga Rosulullah memberikan khadijah gelar “Dewi” yg berarti Induknya Bidadari di Syurga .
    Dari situ saya sebagai perempuan bisa mengambil hikmah tentang sosok khadijah karena dari nya kita bisa belajar banyak hal untuk kelak kita jika menjadi seorang istri , sehingga bisa menjadikan keluarga yg sakinah mawadah warohmah . Pasangan bahagia di dunia dan Akhirat.. Aamiinn
    Sekian , Terima kasih 🙂
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Pertanyaannya mampukah anda menjadi Khadijah baru>

  18. Aida Nur Aisyah TIPS-A/1 berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb
    “Meniru Cinta Sejati Nabi Muhammad kepada Siti Khadijah” mengajarkan kepada kita bahwa cinta sejati itu adalah cinta yang didasari dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, bukan dari penampilan dan kekayaan. Cinta atas dasar keimanan dan ketaqwaan akan selamanya diberkahi oleh Allah SWT. Selain itu, dalam tulisan ini mengajarkan kita bahwa menjadi seorang istri haruslah taat pada seorang suami selama apa yang dilakukannya adalah hal yang baik dan diridhai oleh Allah SWT.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Yes …. good.

  19. Muhamad Udin TIPS-A/1 berkata

    Bismilahirohmanirohim….
    Fakta menunjukan bahwa trnyata cinta Muhammad atas Khadijah tetap saja tidak bisa untuk tdak di cemburui, Ia memberi gelar Dewi sebagai lambang induknya bidadari di Syurga. Khadijah dan MUhammad sepertinya meyakini bahwa cintaanya hanya akan di petik di taman Syurga,. inilah kisah cinta yg di inginkan semua orang yang udah berumah tangga untuk menjadi Rumah tangga yang sakinah mawadah warohmah. kisah ini juga mengajarkan kita untuk ketegaran, kesungguhan, keindahaan, dan kebahagiaan tanpa akhir dalam suatu hubungungan terutama dalam rumah tangga. Sekian Terimakasih

    1. Acep Lutvi
      Acep Lutvi berkata

      Ini bagus … tapi ko persis banget dengan tulisan saya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.