5 Kiat Menjaga Keamanan Data Internet Perusahaan

0 27

Seorang pemilik sebuah perusahaan kecil mencurahkan darah, keringat, bahkan mungkin air matanya untuk membangun usaha mereka menjadi semakin maju dan berkembang. Bagi sebagian, mereka bahkan sudah menjalani impian yang hadir dengan berbagai pengorbanan itu. Namun, berapa yang telah berhenti dan berpikir tentang kenyataan yang lebih mengerikan dari sebuah kepemilikan bisnis?

Dari sejumlah studi, terhitung sedikit pengusaha yang memahami betul bagaimana sebuah serangan keamanan dapat dengan mudah menghancurkan usaha yang telah mereka bangun.

Baru-baru ini, FBI telah mengeluarkan peringatan bagi kalangan UKM seputar penipuan online yang telah mencuri detail perbankan. Dan digunakan untuk mengirimkan sejumlah uang sebesar US$11 juta dari perusahaan kecil. Dan juga menengah di Amerika Serikat ke sejumlah perusahaan yang ada di China.

Ancaman Keamanan Data ini sangatlah nyata dan yang mengabaikannya bisa menyebabkan kemusnahan untuk bisnis Anda. Jadi, bagaimana Anda melindungi diri Anda sendiri dari serangan malware berbahaya. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus diperhatikan demi menjaga keamanan data.

Gunakan akal sehat

Hapus attachment yang mungkin meragukan–khususnya jika laman atau file yang dikirim dari sumber yang tidak dikenal. Sebagai contoh, jangan mendownload atau mengunduh animasi yang menggiurkan dari situs yang tampaknya sangat tidaklah profesional. Dan jangan pernah mengklik pada link di dalam pesan yang tampaknya aneh atau tak seperti biasanya, meski link tersebut dikirim oleh ‘teman’.

Metode yang umum digunakan oleh penyerang adalah menyamar sebagai teman Anda dan kemudian mengirim pesan dengan file yang terinfeksi dengan malware ke pengguna yang lain.

Cerdas saat mendownload

Internet Security Threat Report terbaru menunjukkan bahwa jumlah serangan berbasis web harian di 2011 mencapai 93 persen lebih tinggi dibanding tahun 2013. Ini telah menegaskan pentingnya menghindari mendownload file yang tak dapat Anda pastikan aman, termasuk freeware, game dan program executable lainnya. Setiap file dengan ekstensi *.exe atau *.com seperti ‘coolgame.exe’.

Jika Anda harus mendownload file dari Internet, pastikan untuk selalu memindai setiap program sebelum menjalankannya. Simpan seluruh download ke dalam satu folder saja, lalu jalankan pemeriksaan virus/malware pada apapun yang ada di folder tersebut sebelum menggunakannya.

Berhati-hatilah dengan attachment email dan link

MessageLabs Intelligence Report April 2014 mengindikasikan, 1 dari 168 email mengandung malware berbahaya. Periksa seluruh attachment email yang telah masuk terhadap malware, meskipun karyawan Anda mengenali dan mempercayai si pengirim.

malware pada attachment dan software
malware pada attachment dan software

Penyerang masa kini semakin sering menerapkan metode yang sangat terarah, di mana mereka meriset korban penting di dalam setiap isi perusahaan. Dan menggunakan serangan berbasis sosial engineering yang telah disesuaikan untuk meraih akses ke dalam jaringan milik si korban. Kode berbahaya tersebut kemudian akan masuk ke dalam sistem dengan hadir seolah-olah dari sumber yang Anda kenal.

Selain itu, pastikan program email tidak secara otomatis mendownload attachment. Silakan mengacu ke opsi pengamanan atau menu preferensi milik program email Anda untuk instruksi lebih lanjut.

Gunakan solusi pengamanan yang bisa diandalkan

Solusi pengamanan saat ini, apakah hadir sebagai software ataukah lewat layanan yang terpusat – bisa melakukan lebih dari sekadar pencegah virus. Mereka memindai file secara reguler untuk mengetahui perubahan yang tidak lazim pada ukuran file, program yang sesuai dengan database malware milik software itu, attachment email mencurigakan, dan tanda-tanda peringatan lainnya. Ini merupakan langkah terpenting yang dapat dilakukan oleh usaha kecil untuk menjaga komputer bersih dari malware.

Tetaplah up to date

Sebuah solusi keamanan hanyalah sebagus berapa sering ia diupdate. Virus, worm, trojan horse dan malware baru lainnya lahir setiap hari, dan variasi mereka bisa terlewatkan oleh software yang tidak diperbarui.

Solusi yang baik adalah yang melakukan hal ini secara langsung, tetapi kalau Anda ingin mengurangi beban tersebut sepenuhnya. Anda juga dapatmenggunakan layanan terpusat, yang akan secara otomatis melakukan update secara transparan lewat koneksi Internet. Untuk membantu menjaga sistem milik karyawan tetap mutakhir dan konsisten dengan kebijakan perusahaan, baik saat mereka berada di kantor ataupun di lapangan.

Pastikan Anda mengedukasi karyawan pada poin-poin ini dan mengimplementasikan kebijakan yang memastikan bahwa perusahaan Anda mengikuti panduan-panduan di atas untuk Keamanan Data.

Mungkin dibutuhkan investasi waktu dan uang di awal. Namun tindakan pencegahan akan menghemat lebih banyak waktu dan uang di masa depan demi Keamanan Data. Jangan biarkan perusahaan Anda menghadapi risiko menjadi korban serangan malware. (dhirga)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.