Menjamin Mutu Pendidikan Kita

6 17

Menjamin mutu pendidikan kita: Pendidikan merupakan elemen terpenting bagi kemajuan suatu bangsa. Pendidikan yang baik mampu melahirkan tunas- tunas bangsa yang besar sebagai aset keberlangsungan suatu bangsa. Pendidikan yang bermutu menjadi penting agar output pendidikan kita mampu melahirkan sumber daya manusia yang mampu berkompetisi dalam segala bidang. Khususnya dalam menghadapi kondisi global saat ini. Hal ini tentu akan tercapai manakala ada jaminan berkaitan dengan mutu pendidikan. Mutu dapat didefinisikan sebagai produk yang sempurna dan bernilai.

Berkaitan dengan pendidikan, mutu menjadi sesuatu yang amat penting untuk dicapai. Hal ini karena pendidikan yang bermutu akan melahirkan manusia- manusia bermutu pula. Meskipun begitu, mutu pendidikan ini akan dipengaruhi oleh hal- hal yang berkaitan dengan komponen pendidikan. Misalnya: peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan proses penyelenggaraan pendidikan. Jika semua komponen dimaksud mampu berjalan secara integrative, maka bukan hal mustahil mutu pendidikan kita mampu dicapai dengan baik.

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, mengamanatkan kepada kita, khususnya kepada para pemangku kebijakan bagaimana mutu pendidikan ini mampu ditingkatkan sekaligus juga mampu dioptimalkan.

Sistem ini kemudian harus dibangun dengan tujuan untuk memastikan setiap penyelenggaraan pendidikan kita, termasuk didaerah pelosok mampu berjalan sesuai dengan apa yang diamanatkan Undang- Undang Pendidikan kita.

Membangun Sistem Jaminan Mutu

Sistem penjaminan mutu ini harus dibangun dengan mengkolaborasikan pihak internal dan eksternal. Pihak internal dimaksud adalah mereka yang terlibat langsung dalam satuan pendidikan tertentu (warga sekola) sedangkan pihak eksternal adalah pemerintah baik dari tingkat pusat maupun pemerintah daerah.

Mutu pendidikan yang baik akan mampu dicapai manakala di dukung oleh lembaga pendidikan (sekolah) yang bermutu. Sekolah yang bermutu adalah sekolah yang dalam keseluruhan prakteknya berorientasi kepada kepuasan customer, dalam hal ini adalah masyarakat.

Sistem yang dibangun dalam rangka menjamin pendidikan mesti dikelola sekaligus diimplementasikan secara sistematis, integratif, dan tentu memiliki sustainability (berkelanjutan). Mengapa demikian? Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan, baik sistem dan implementasinya telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan.

Selain itu, hal ini dirasa penting sebagai upaya setiap satuan pendidikan memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu dan optimal sesuai kebutuhan nyata di masyarakat. ***Lanlan Muhria

  1. A. Saeful Islam berkata

    Ada banyak manfaat menyimak berbagai pemikiran. Seyogyanya kita tetap menjadi diri kita sendiri. sesuai peta hidup kita yang hendak kita pilih. perlu banyak waktu untuk menjadi pengikut atau menelusuri aloiran pemikieran yang terlus mengalir meliuk-liuk bak lahar dingin yang turun dari kawah sebuah gunung berapi. terkadang kita menjadi korban. teruslah mengikuti, teruslah berfikir. Tapi teruslah waspada dan hati-hati.

  2. BETTY NOVITA SARI berkata

    An: BETTY NOVITA SARI
    T.IPS A SEM 3 IAIN SYEKH NURJATI CIREBON JAWA BARAT
    NIM: 1415104018

    Alhmdullillah setelah saya baca inti dari hal ini tentang mutu pendidikan ini memang sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia nya. Realita yang kita hadapi sekarang adalah kurangnya rasa keinginan yang kuat dari orang tua dan yang lebih rusak nya lagi tidak ada kemauan atau niat dari sang anak tersebut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pikiran tentang perempuan yang nanti nya kerja ujung-ujung nya di dapur. Mulai sekarang setelah kita baca artikel ini rubahlah paradigma atau pemikiran tersebut. Pendidikan akan dapat merubah nasib bangsa dikala manusia nya itu lebih berpikir kritis dan manusia yang berkualitas.
    Ayo majukan pendidikan rangkul anak anak jalanan yang tidak bisa sekolah kita membuat sanggar belajar yang menarik. Jangan lakukan hal hal yang akan merusak mutu pendidikan. Melalui pendidikan pula secara tidak langsung kita telah mengemas atau mendesain nasib bangsa di masa yang akan datang. Dan saya juga akan sampaikan terkait dengan 3 komponen pendidikan yang harus saling berjalan yaitu afektif, kognitif, dan psikomotorik. Dan kita harus kembangkan proses pendidikan ada 4 pilar UNESCO:
    1. LEARNING TO KNOW
    2. LEARNING TO TO
    3. LEARNING TO BE
    4. LEARNING TO LIFE TOGETHER Terimakasih semoga bermanfaat.

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Ya dan ini harus menjadi kesadaran bersama

      1. alialamsyah
        alialamsyah berkata

        aminn.. semoga kita semua sadar peran pendidikan sangat penting dalam hidup ini.

    2. alialamsyah
      alialamsyah berkata

      Indonesia sendiri tidak bisa berdiri tampa peran pendidikan yang dimulai dari pesantren kemudian dalam prosesnya mengadopsi pendidikan yang lebih formal, semoga kita tetap istiqomah menuntut ilmu, tidak berat membawanya walaupun sudah serasa penuh,,, paradigma tentang perempuan yang nanti nya kerja ujung-ujung nya di dapur harus di kikis habis, perempuan cerdas melahirkan anak-anak cerdas.

    3. Lanlan Muhria berkata

      Terima kasih Betty Novita Sari. Ya. Kuncinya adalah bagaimana semua elemen yang ada dalam praktek pendidikan kita mampu berjalan beriringan dan berkolaborasi dari mulai konsepsi sampai pada tataran implementasi. Pendidikan kita harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral. Ending nya adalah pada poin ke empat dalam 4 pilar pendidikan, Learning to Life Together.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.