Menjamin Mutu Pendidikan Kita

0 23

Menjamin mutu pendidikan kita: Pendidikan merupakan elemen terpenting bagi kemajuan suatu bangsa. Pendidikan yang baik mampu melahirkan tunas- tunas bangsa yang besar sebagai aset keberlangsungan suatu bangsa. Pendidikan yang bermutu menjadi penting agar output pendidikan kita mampu melahirkan sumber daya manusia yang mampu berkompetisi dalam segala bidang. Khususnya dalam menghadapi kondisi global saat ini. Hal ini tentu akan tercapai manakala ada jaminan berkaitan dengan mutu pendidikan. Mutu dapat didefinisikan sebagai produk yang sempurna dan bernilai.

Berkaitan dengan pendidikan, mutu menjadi sesuatu yang amat penting untuk dicapai. Hal ini karena pendidikan yang bermutu akan melahirkan manusia- manusia bermutu pula. Meskipun begitu, mutu pendidikan ini akan dipengaruhi oleh hal- hal yang berkaitan dengan komponen pendidikan. Misalnya: peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan proses penyelenggaraan pendidikan. Jika semua komponen dimaksud mampu berjalan secara integrative, maka bukan hal mustahil mutu pendidikan kita mampu dicapai dengan baik.

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, mengamanatkan kepada kita, khususnya kepada para pemangku kebijakan bagaimana mutu pendidikan ini mampu ditingkatkan sekaligus juga mampu dioptimalkan.

Sistem ini kemudian harus dibangun dengan tujuan untuk memastikan setiap penyelenggaraan pendidikan kita, termasuk didaerah pelosok mampu berjalan sesuai dengan apa yang diamanatkan Undang- Undang Pendidikan kita.

Membangun Sistem Jaminan Mutu

Sistem penjaminan mutu ini harus dibangun dengan mengkolaborasikan pihak internal dan eksternal. Pihak internal dimaksud adalah mereka yang terlibat langsung dalam satuan pendidikan tertentu (warga sekola) sedangkan pihak eksternal adalah pemerintah baik dari tingkat pusat maupun pemerintah daerah.

Mutu pendidikan yang baik akan mampu dicapai manakala di dukung oleh lembaga pendidikan (sekolah) yang bermutu. Sekolah yang bermutu adalah sekolah yang dalam keseluruhan prakteknya berorientasi kepada kepuasan customer, dalam hal ini adalah masyarakat.

Sistem yang dibangun dalam rangka menjamin pendidikan mesti dikelola sekaligus diimplementasikan secara sistematis, integratif, dan tentu memiliki sustainability (berkelanjutan). Mengapa demikian? Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan, baik sistem dan implementasinya telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan.

Selain itu, hal ini dirasa penting sebagai upaya setiap satuan pendidikan memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu dan optimal sesuai kebutuhan nyata di masyarakat. ***Lanlan Muhria

Komentar
Memuat...