Menyihir Dunia dengan Kata

0 61

Kata tidak pernah berdiri hanya sebagai lambang atau simbol. Kata adalah magma yang bisa membuat apapun bagi kehidupan manusia. Kata bahkan dapat menyihir dunia dengan kata akan jauh ebih efektif dibandingkan dengan sihir apapun. Mengapa? Sebab kata adalah isi dan makna. Ia juga adalah filosofi dan titik baru dalam pembuatan peradaban.

Tidak mungkin suatu peradaban terbingkai dan terbangun dengan baik, jika tidak pernah ada kata. Kata adalah titik awal semua bangunan keilmuan. Tanpa kata, semua cita-cita keilmuan seseorang akan menjadi sia-sia.

Terence McKenna yang dikutip web why don’t you try this  edisi Jum’at, 13/12-2013 menarik untuk difahami. Di web dimaksud, sebuah tuisan berjudul “chang your word, change your world  menyebut kata sebagai berikut. Kata adalah sifat sintaksis dari suatu kenyataan. Rahasia sebenarnya dari sihir adalah suatu kenyataan bahwa dunia terbuat dari kata-kata. Dan jika Anda tahu kata-kata yang dibuat oleh dunia ini, Anda dapat menjadikan dunia sesuai dengan keinginan Anda.

Masih dalam tulisan yang sama di web ini, di kalangan masyarakat Budhis dikenal suatu ungkapan sebagai berikut: Suatu kata pasti akan memiliki kekuatan baik untuk menghancurkan maupun untuk menyembuhkan atau membangun. Ketika kata-kata benar dan baik yang digunakan, maka pengguna kata dapat mengubah dunia menjadi baik dan benar. Tentu begitupun sebaliknya.

Kata dalam Term Filosofi

Secara filosofi, kata dapat juga diterjemahkan dengan suatu realisasi kesatuan baik perasaan maupun pemikiran. Kata karena itu, dapat juga diterjemahkan sebagai alat  komunikasi agar setiap manusia memiliki kesanggupan untuk memahami apa yang disampaikan orang lain kepada kita atau sebaliknya. Kata karena itu, dapat menjadi kekuatan untuk kepentingan apapun dalam membangun hubungan kemanusiaan di antara sesama umat manusia.

Artikel ini sendiri, tersusun atas rangkaian kata. Daam konteks psikoogis keilmuan, orang yang memiliki banyak penguasaan terhadap kata, maka, pasti dapat dipandang manusia cerdas. Pilihan terhadap kata, juga akan menjadi isyarat penting dalam posisi mana seseorang memperoleh kedudukan di mata manusia yang lain.

Piihan kata yang baik yang berhasil kita buat, bukan saja akan menyihir orang lain untuk tertarik membaca dan mengikuti pikiran kita, tetapi, juga akan menunjukkan derajat kemanusiaan seseorang di mata manusia lainnya. Itulah mengapa, kata dapat mempengaruhi pikiran kita dan pikiran orang lain yang membaca atau mendengarkan obrolan kita. By. Fazrian Ramadlan Sumarna

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.