Inspirasi Tanpa Batas

Menyusuri Indahnya Taman Nasional Indonesia Part-2

0 23

Konten Sponsor

Kurang lebih 17.000 pulau terdapat di Indonesia, yang menyebar dari sabang sampai merauke. Tak heran jika Indonesia dikenal akan kekayaan alamnya yang terdapat deraneka ragam flora dan fauna didalamnya. Sekitar 51 taman nasional terdapat di Indonesia, berikut beberapa taman nasional terbaik yang ada di Indonesia.

1. Taman Nasional Tanjung Puting

taman nasional tanjung puting
sumber

Taman Nasional Tanjung Putting merupakan taman yang berada di Kalimantan Tengah. Taman nasional ini memiliki luas keseluruhan mencapai 415.040 hektar yang terletak di Pangkalan Bun, Kabupaten Kota Waringin, Provinsi Kalimantan Tengah.

Taman Nasional Tanjung Putting tergolong kedalam taman yang masih sangat alami. Di tempat ini kamu akan menyaksikan secara langsung orang utan asli Kalimantan yang menpunyai bulu kemerahan dan tanpa ekor.

Ditaman nasional ini kamu bias menyambangi tempat rehabilitasi orang utan yang terletak di Tanjung Harapan, Camp Leakey dan Pondok Tanggui. Pada bulan juli hingga Agustus menjadi bulan yang sebaiknya kamu hindari untuk mengunjungi taman nasional ini. Selain dari bulan itu akan menjadi waktu terbaik untuk berkunjung ke taman nasional ini.

2. Taman Nasional Bunaken

taman nasional bunaken
sumber

Taman nasional Bunaken berdiri pada tahun 1991, dangan luas mencapai 890.65 kilometer persegi. Menjadi perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang dan ekosistem daratan, menjadikan taman nasional ini sebagai habitat bagi 390 spesies terumbu karang.

Dengan 97% kawasan habitat laut menjadikan taman nasional inirumah bagi berbagai spesies ikan, moluska, reptile dan mamalia laut. sementara 3% sisanya merupakan daratan. Daratan yang terdiri dari Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Beberapa jenis satwa yang terdapat di daratan pesisir adalah kera hitam Sulawesi, rusa dan kuskus. Di taman nasional ini juga terdapat hutan bakau yang kaya dengan berbagai jenis kepiting, udang, moluska, camar, bangau, dara laut dan cangak laut. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pada bulan Mei hingga Agustus.

3. Taman Nasional Wakatobi

taman nasional wakatobi
sumber

Taman Nasioanal Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara dengan luas area sekitar 1.39 juta hektar. Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu yang cantik di Indonesia, dengan keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. Taman nasional wakatobi juga merupakan salah satu taman konservasi laut tertinggi di Indonesia.

Wakatobi juga terkenal dengan kekayaan koral nya, 750 spesies koral dari 850 korang yang ada di seluruh dunia terdapat di taman nasional ini. Tidak hanya itu, wakatobi juga sangat ideal bagi habitat berbagai jenis biota laut dengan adanya sekitar 25 gugusan terumbu karang yang dimilikinya.

Diving, snorkeling, berenang, dan memancing akan jadi aktfitas yang bias kamu lakukan di taman nasional ini.

4. Taman Nasional Pulau Komodo

taman nasional pulau komodo
sumber

Taman Nasional Pulau Komodo didirikan pada tahun 1980, merupakan taman yang berfungsi untuk melestarikan spesies kadal terbesar di dunia, yakni Komodo. Dengan luas sekitar 173.300 ha meliputi dataran dan lautan.

Pada tahun 1991, UNESCO menetapkan taman nasional komodo menjadi salah satu situs warisan dunia. Taman nasional ini terletak di kawasan Wallacea Indonesia, kawasan yang terbentuk dari pertemuan dua benua yang membentuk deretan kepulauan gunung berapi.

Di taman nasional ini setidaknya terdapat 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia. Selain itu juga, terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini adalah pada bulan Maret hingga Juni, atau pada bulan Oktober hingga Desember.

5. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

taman nasional teluk cendrawasih
sumber

Taman Nasional Teluk Cendrawasih terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua. Dengan luas area mencapai lebih dari 1 juta hektar, tamannasional ini mencakup ekosistem terumbu karang, hutan mangrove, hutan tropis dan pantai.

Di taman nasional ini terdapat sekitar 209 jenis ikan, berbagai jenis penyu, duyung paus hingga hiu sekalipun. Di area taman nasional ini juga terdapat goa alam peninggalan zaman purba, sumber air panas, dan tempat tempat bersejarah lainnya. Waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional ini sekitar bulan Mai hingga Oktober.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar