Merambah Karir Dalam Dunia Entrepreneurship

Merambah Karir Dalam Dunia Entrepreneurship
0 14

Mendapatkan pekerjaan tak harus dilakukan dengan berkeliling mencari lamaran pekerjaan atau menawarkan kualitas dan prestasi ke berbagai perusahaan besar. Jika orang lain saja bisa menarik minat orang untuk bekerja kepadanya, kenapa Anda tidak mencoba melakukan hal yang serupa. Ya, dengan menjadi pengusaha.

Melihat contoh kesuksesan para entrepreneur di berbagai bidang yang mereka tekuni tentu sangat menginspirasi, sekaligus membuktikan jika seseorang dari kalangan manapun dan latar belakang apapun berhak dan mampu meraih kesuksesan hingga ke level dunia.

Namun, sebelum memulai langkah karir ke dalam dunia entrepreneurship. Karakteristik pengusaha yang tak pernah kenal lelah dalam usahanya dan kepribadian diri yang serta ilmu yang mendukung, keterampilan, dan bekal merupakan faktor-faktor untuk memulai usaha. Setelah menentukan tujuan, target, dan jenis usaha yang akan dijalankan. Anda juga perlu mempertimbangkan hal-hal berikut yang tentunya dapat memastikan kelancaran proses usaha.

Kehidupan Seorang Entrepreneur

Hal utama yang berkaitan dengan gaya hidup atau lifestyle. Kebiasaan Anda sehari-hari, cara berbicara, cara berpikir, dan cara Anda bergaul akan menentukan bagaimana seseorang akan memperlakukan kliennya. Dunia bisnis biasanya lekat juga dengan kerjasama dan hubungan bisnis yang kompetitif. Nah, dalam masalah ini tentu tak dapat sembarangan.

Pasti tak ada yang mau, jika klien kabur karena disebabkan merasa kurang dihormati atau merasa tak nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan. Jadi, pelajari dulu sikap yang layak dan pantas, dan kemudian biasakanlah untuk menerapkannya dalam kehidupan Anda sehari-hari sehingga nantinya tidak akan kebingungan atau tampak kaku jika menghadapi klien.

Kebiasaan lain yang harus dipupuk juga sejak awal adalah kemampuan bersosialisasi dan mudah menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkungan yang baru. Bisnis dan entrepreneur sangat berkaitan antara koneksi dan relasi. Proses pemasaran dan pengembangan bisnis akan lebih mudah dijalankan jika sang pemilik bisnis tersebut memiliki banyak koneksi, relasi, dan kolega.

Kehidupan seorang entrepreneur memang akan disibukkan dengan berbagai acara penting. Mulai dari rapat-rapat intern hingga bepergian ke berbagai kota. Namun, tetap saja jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk menutup diri dan bekerja sendiri tanpa teman. Oleh karenanya, aturlah jadwal dengan rapi, hati-hati, dan sesuai keinginan serta memenuhi target. Jangan sampai Anda hanya terfokus pada tujuan dan masalah pekerjaan saja tanpa memikirkan kesenangan dan kepuasan diri sendiri, atau sebaliknya. (dhirga)

(Dunia Entrepreneurship)

Komentar
Memuat...