Inspirasi Tanpa Batas

Miliki Visi Dan Ide Ciri Entrepreneur Hebat

0 11

Sebuah pendekatan yang populer untuk para entrepreneur yang terinspirasi kini tampaknya ialah dengan menyudutkan seluruh orang yang mau mendengarkan, dengan suatu dialog mengenai “ide” menarik mereka yang terkini dan terbarukan. Kemarahan pertama biasanya berakhir dengan pertanyaan, “Seberapa banyakkah uang yang Anda anggap cukup?” Perlu Anda mengerti bahwa ide adalah komoditas dan sungguh tak bisa dinilai dengan apapun.

Selama dekade terakhir, para pakar telah menyempurnakan seni curah gagasan dan teknik menghasilkan ide yang lainnya. Para pelaksana dan para investor kini semakin banyak yang terpapar pada ide dalam jumlah yang terbilang banyak. Hasilnya adalah bahwa berbagai macam ide takkan lagi sulit ditemukan dan tidak lagi menjadi pembeda dalam sebuah persaingan.

Pemimpin yang visioner, di sisi lain, takkan begitu mudah untuk ditemukan. Seorang pemimpin visioner ialah seseorang yang dapat mencerna banyak idea di depannya dan merangkai sebuah rencana impelementasi yang akan membuat perbedaan dalam dunia nyata. Misalnya, mungkin seorang pemimpin visioner mendapatkan berbagai macam ide dari teman-temannya. Namun ia mampu memusatkan tenaga dan perhatian pada sebagian ide yang hanya menunjukkan inovasi yang nyata.

Pemimpin Visioner

Apa si yang membedakan seseorang yang berkutat dengan idea dari seorang pemimpin visioner? Sebagian besar pakar setuju bahwa seorang pemimpin visioner tidak hanya mempunyai ide namun juga penglihatan mengenai ke mana visi itu akan mtertuju. Ia juga memiliki nilai-nilai inti yang kokoh, hubungan yang penting dan menunjukkan tindakan-tindakan inovatif seperti di bawah ini:

  • Komitmen terhadap seluruh prinsip inti. Pemimpin visioner menunjukkan sebuah aliran energi, niat baik yang besar dan integritas pribadi yang juga tinggi. Biasanya ini mengarah pada fokus ide-ide yang berhubungan , mengarah pada inovasi nyata, daripada berpindah dari satu ide ke yang lainnya dengan mencari keajaiban.
  • Komunikasi inspiratif dan positif. Orang-orang yang memiliki visi biasanya memulai dengan mengkomunikasikan gambaran inspiratif masa depannya, dan kemudian mengintegrasikan ide-ide inovatif pribadi menjadi sebuah rencana dan menunjukkan bagaimana cara menuju ke sana. Pemimpin visioner terbaik mampu sederhanakan yang pelik sehingga para investor tak lagi ragu mengucurkan dananya.
  • Membangun hubungan yang kuat dengan orang yang kuat. Hubungan yang baik dan kokoh merupakan kunci bagi setiap pemimpin. Mereka menganggap orang sebagai aset. dan mendengar sembari berbicara. Gaya kepemimpinan mereka kini bukan otokratis, di mana orang diperintah dan didominasi tetapi kini mereka lebih condong untuk memperlakukan mitra, investor dan pelanggan sebagai sebuah keluarga.
  • Bersedia untuk mengambil tindakan berani. Tindakan-tindakan ini bagaimana pun juga selalu tampak mewujudkan keseimbangan rasio (otak kanan) dan intuisi (otak kiri). Pemimpin visioner ini sering berpikir di luar pendekatan konvensional dan dan bergerak maju mendekati perubahan jangka panjang dan inovasi. Mereka secara proaktif dan berpartisipasi daripada bersikap reaktif terhadap kondisi yang sedang berlangsung.
  • Memancarkan karisma. Orang-orang dengan visi nyata bisa mengkomunikasikan ide dengan karisma spiritual yang bisa memberi kekuatan pada orang di sekitar mereka untuk melangkah lebih jauh ke depan, untuk memecahkan masalah teknis, menandatangani keanggotaan tim, atau menginvestasikan sumber daya saat kearifan konvensional menunjukkan sebaliknya. (dhirga)
Komentar
Memuat...