Pemilik Semesta Cinta | Misteri Sang Ksatria Cinta Part – 1

77 264

Dengan terhenyak, Alberta melemparkan tas laptopnya ke kasur empuk di mana dia biasa tidur. Ia marah kepada dirinya sendiri. Ia selalu bertanya, mengapa mata dan hatinya tak pernah mampu melupakan sosok yang membuatnya hanyut dalam segenap rasa dan angan. Sosok yang selalu membuat diri berhasyrat untuk selalu mencintainya. Mengapa sosok ini sangat sulit dilupakan.

Saat laptop itu dilempar, dia benar-benar kalut dan keki. Entah mengapa! Sosok wanita yang terus membayangi dirinya itu, telah membuatnya lemah dan luruh dalam segenap angan yang sulit dia hindari. Kesulitan itu akan terasa semakin rumit karena sosok itulah yang sulit digapainya. Dia bukan wanita biasa. Dia pemilik semesta cinta di bathin terdalamnya.

Momen penting yang menyebabkan Alberta sedih dan kalut di siang hari itu, karena entah mengapa, Tablet yang dia biasa bawa, tiba-tiba menampilkan short film dalam sebuah akun yang menjadi mihrabnya. Film itu sejatinya bertutur tentang hal yang biasa. Mengisahkan tentang betapa sedihnya seorang wanita jika ditinggal pergi oleh laki-laki yang dicintainya. Hanya karena ditulis diatasnya just for myself, maka, dengan penuh ke-Ger-an, ia menganggap bahwa film itu, menginspirasi sang pengirim, bahwa seolah-olah ia harus meninggalkan dirinya yang sangat dicintainya itu.

Mihrab Penuh Misteri

Dalam mihrab itu, Alberta tanpa ragu, akhirnya menulis sepenggal kalimat dengan menyatakan: problemnya, aku tak mau menjadi manusia yang membuat orang lain, terlebih kamu yang aku cintai, luka karena mengenang apa yang terjadi sebelumnya. Kecuali kalau orang yang dicintaiku itu, memilih kebahagiannya sendiri, dengan cara aku harus berlalu darinya. Jika itu yang terjadi, maka, biarlah aku bukan akan mengenangnya, tetapi, akan tetap menjaga semua rasa yang aku miliki. Sampai kapanpun rasa dimaksud, tampaknya akan sangat sulit akan lewati.

Kamu harus tahu, aku akan tetap mengabdi kepada rasaku sendiri. Aku tidak akan mengabdi pada rasa orang lain, termasuk atas rasa dirimu. Cinta dan segenap rasa yang aku miliki terhadapmu adalah milikku. Bukan milikmu. Pengabdian atas semua rasa ini akan aku lakukan dengan atau tanpa siapapun yang kurindukan, termasuk dirimu. Aku akan tersenyum bahagia saat kebahagiaan itu benar-benar nyata pada dirimu. Meski takdir tak mengharuskan aku atau kamu berada dalam posisi berdampingan. Wahai kekasihku, yakinlah bahwa kau akan tetap hidup dan menyanyi bahagia, meski hanya dalam rumah bathinku.

Rumah bthinku atasmu, tak pernah sirna ditelan waktu. Aku juga tak mungkin memdatkan jiwaku untuk sesuatu yang menurut ukuranku tidak produktif. Dan sejak di mana aku mengenal lalu aku menyatakan betapa aku mencintaimu, seluruh rongga dalam bathinku telah penuh diisi dirimu.

Mengenang Kebahagiaan

Mengenangmu adalah kebahagiaan terindah yang aku miliki. Jangan ragu, pergilah dengan segenap kebaikan yang kamu miliki. Biarlah aku tetap di sini menantimu dengan segenap keramaian musisi yang kukreasi sendiri. Ia akan tetap menyanyi bahagia dalam lubuk terdalamku. Yakinlah nama dan segenap rasa yang kau miliki, akan selalu menjadi energiku.

Energi yang menjadi dorongan akan pentingnya menjalani hidup ini demi menggapaimu. Menggapaimu memang mimpi. Tetapi saat aku merencanakan penggapaianku sendiri, meski hanya sebatas mimpi, sebenarnya adalah kebahagiaan juga. Jadi, bagiku, memilikimu secara fisik atau tidak, tetap aku bahagia. Karena membayangkan dirimupun, sudah termasuk ke dalam kebahagiaanku.

Hanya kalau boleh nitip sesuatu, demi rasa yang kau miliki, demi cinta yang kau semai, demi jiwa yang tetap harus bahagia, demi hidup yang harus tetap lurus, jagalah rasa orang yang dengan tulus dan teruji waktu akan rasa cintanya kepadamu. Meski tentu aku tahu itu bukan untukku. Selebihnya, jika ada rasa lain selain dirinya, biarlah itu hanya menjadi milikku. Charli Siera.  Cerita Bersambung.

  1. mar'ah sohlehah berkata

    Mencintai seseorang boleh akan tetapi tidak boleh berlebihan.karena belum tentu orang yang kita cinta itu jodoh kita.

  2. Fatima Tuzahro berkata

    Assalamualaikum wr.wb
    Cinta itu anugerah tuhan, manusia tidak bisa menghindar dari cinta. Terkadang, karena ketulusan cinta bisa membuat seseorang rela menyakiti dirinya sendiri dengan cara memendam perasaannya dan membiarkan orang yang dicintainya bahagia bersama orang lain atau biasa dikatakan dengan pengorbanan. Memang tak bisa dipungkiri, orang yang tulus mencintai seseorang pasti akan selalu mengingatnya. Dalam hadis Rasulullah saw pun dijelaskan bahwasannya “orang yang sedang jatuh Cinta cenderung selalu mengingat dan menyebut orang yang dicintainya”. Namun, sebaiknya Cintailah kekasihmu sewajarnya saja karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci. Bencilah sewajarnya karena bias saja suatu saat nanti ia akan menjadi kekasihmu. (HR. Al-Tirmidzi).

  3. Fatima Tuzahro berkata

    Assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Cinta itu anugerah, ketulusan cinta kadang memang bisa membuat orang rela mengorbankan dirinya tersakiti dengan memendam perasaannya dan membiarkan orang yang dicintai bersama yang lain. Karena baginya kebahagiannya adalah saat melihat yang dicintainya bahagia. Memang tak bisa dipungkiri, orang yang tulus mencintai seseorang pasti akan selalu mengingatnya. Seperti dalam hadis Rasulullah saw bahwasannya ” saat orang sedang jatuh cinta lebih cenderung mengingat dan menyebut nama yang dicintainya “. Namun, cintailah seseorang sewajarnya saja dalam arti jangan berlebihan, karena bisa jadi yang dicintai saat ini menjadi musuhmu kelak dan jangan pula terlalu membenci, karena bisa jadi suatu saat menjadi yang dicinta.

  4. Ikha Solekha MPI-A/3 berkata

    Rasa cinta terhadap lawan jenis adalah fitrah yang diberikan oleh Allah, kembali ke kita bagaimana menjaga cinta yang fitrah itu agar tetap menjadi fitrah bukan malah sebaliknya cinta itu menjadi fitnah buat kita sendiri

  5. Nisrina Aulia berkata

    Cinta yang sangat besar membuat kemarahan Alberta terhadap dirinya sendiri, karena ia tidak mampu melupakan seseorang yang amat dicintainya dan akan tetap menjaga semua rasa yang dimilikinya itu untuk orang yang dia cintai.

  6. Bayu Hermawan berkata

    Assalamualaikum,
    Bicara soal cinta memang tidak akan pernah ada habisanya. Cinta merupakan sesuatu yang perlu untuk diperjuangkan, namun cinta tak harus selalu memiliki karena hasrat ingin memiliki itu lebih kepada ego. Alberta ini sosok lelaki dengan kepribadian yang unik, karena dia lebih memilih untuk memendam perasaaannya dan tetap setia,tabah,tegar,kuat. Dari segi pendidikan artikel ini sangat bagus karena mengajarkan kita tentang cinta yang sesungguhnya itu bukan sekedar hasrat ingin memiliki saja, Alberta merupakan sosok pejuang cinta yang tangguh dan bisa menjadi contoh tentang bagaimana setianya seorang lelaki.

  7. khofifah rahmayanti berkata

    menurut saya,alberta adalah seorang pria yang setia karena cintanya yang begitu besar terhadap seorang wanita,akan tetapi wanita tersebut tidak bisa mendampinginya walaupun sebenarnya dia juga menaruh rasa kepada alberta dan ingin bersatu,dan hal tersebut tanpa sepengetahuan alberta.Alberta terus saja mengingat dan memikirkannya karena ia ingin memperjuangkan cintanya tersebut.

  8. Dea yusrun hasanah berkata

    Setiap orang berhak mencinta orang yang dicintainya akan tetapi jangan terlalu berlebihan mencintai karena akan menyakiti diri sendiri

  9. Fathurrakhman Aji berkata

    Mencintai itu sesuatu yang harus terus diperjuangkan walaupun cinta itu tidak harus memiliki, dan mencintai seseorang itu jangan sampai merusak kebahagiaan orang yang dicintai jika memang dia sudah memiliki seseorang dihatinya, maka dari itu dalam sebuah kisah pasti perlu perjuangan, kita sebagai manusia hanya dapat berusaha dan ber’doa untuk sebuah tujuan yang nyata, jikala diperbolehkan atau tidaknya itu kita serahkan hanya kepada Allah SWT.(Tawakal)

  10. Ummie Habibah (T.IPS A/1) berkata

    Assalamualaikum
    Menurut saya cinta itu adalah perjuangan, dimana harus ada salah satu pengorbanan, entah itu pengorbanan dalam segi ditinggalkan atau meninggalkan. Seperti alberta, menurut saya dia adalah sosok laki-laki yang hebat, kuat, tegar dan setia. Akan tetapi kita tidak boleh terlalu berlebihan mencintai seseorang, walaupun orang tersebut adalah orang yang sangat kita cintai tetapi tetap kita tidak boleh juga melupakan Allah yang maha pemberi rasa cinta tersebut.
    Sekian.
    Wassalamualaikum..

  11. Putri Alfaniyah berkata

    Mencintai itu tidak harus memiliki. Tetap lah berjuang karena setiap perjuangan tidak akan pernah ada kata sia-sia. Jika apa yang kita perjuangkan benar-benar tepat dan menunjukkan adanya perkembangan baik. Cinta mungkin terkadang akan memberikan luka. Namun, luka akan membuatmu lebih dewasa.

  12. ELOK ALFAIN LUTHFIE berkata

    Assalamu’alaikum menurut saya alberta adalah seorang pria yang setia karena cintanya begitu besar terhadap seorang wanita akan tetapi wanita tersebut tidak bisa mendampinginya walaupun sebenarnya dia juga menaruh rasa pada alberta dan ingin bersatu, dan hal tersebut tanpa sepengetahuan alberta. Alberta terus saja mengingat dan memikirkannya karena ia ingin memperjuangkan cintanya tersebut.

  13. Lisa Febriyanti berkata

    Cinta itu sebuah perjuangan.. Yang dimana perjuangan itu adalah kekuatan kesetiaan masing2 dua hati yang berbeda… Antara cinta dan kesetiaan pada akhirnya akan di uji.. Tinfggal bagaimana kita mertahankan cinta tersebut .. Perjuangkan dan pertahankan cinta yang layak ..

  14. Mawaddah Fairuz Zakiyah berkata

    Cinta itu perasaan ilmiah yg timbul karena aliran darah memuncak setiap kali mendengar maupun melihat apa yg ia kagumi. Namun, pada hakekatnya tidak ada perasaan cinta yang benar-benar kita miliki nyata dan abadi kecuali kecintaan kita kepada Rabb Illahi. Pada filsafatnya, manusia adalah zat yang membutuhkan ketentraman jiwa setiap kali raga tidak bisa berekspresi. Rasa suka, sayang, cinta dalam ilmu filsafat pendidikan hanya bisa diimplementasikan apabila kedua pihak saling merasakan dan membutuhkan, namun lebih sering kita menutup diri agar bisa didefinisikan oleh orang lain tanpa mau mengungkapkannya. Dan berargumen dengan dirinya sendiri bahwa apa yang ia lakukan sudah benar dan orang lain pasti bisa memahaminya padahal kenyataannya segala sesuatu itu harus diungkapkan dalam berbagai tindakan tidak hanya perspektif dan menyimpan di dalam pikiran maupun hatinya sendiri.

  15. Evy Lusiana berkata

    cinta itu mudah datangnya, untuk itu kita boleh mencintai seseorang akan tetapi jangan melebihi cinta kita terhadap Allah. Karena cinta yang terlalu berlebihan terhadap seseorang itu tidak akan menolong kita ketika di hari akhir.

  16. Siswanto sianak kampoeng MPI-B berkata

    Seseorang yang terlena dengan cinta akan tidak sadar. Biasanya disekelilingnya diabaikan. Kalau disakiti baru sadar dengan temen. Cinta dunia jangan terlalu, cinta Allah itu harus dilebihkan.

  17. Dea yusrun hasanah berkata

    Cinta alberta itu sungguh luar biasa memang setiap orang berhak mencinta orang yang dicintainya akan tetapi jangan terlalu berlebihan mencintai karena akan menyakiti diri sendiri

  18. Malikul arzak (IPS A/1) berkata

    cintailah seseorang sewajarnya, jangan sampai cuma gara-gara cinta kita lupa kepada allah yang memberikan kita cinta dan lupa akan masa depanya sendiri. namun patut diberi apresiasi karena alberta adalah sosok yang setia

  19. Nenis Nursona Jamil berkata

    Assalamualikum
    Hati laki-laki kadang selembut salju, kadang sekeras batu. Disaat tertentu kadang berpikir melebihi logika dan kemampuan berpikir yang ia miliki, ruang hati laki-laki kadang luas seluas alam semesta, sesejuk udara di pagi hari, tapi kadang sempit, sesempit daun kelor, pengap bau dan panas.
    Ketauhilah hidup ini pendek, gunakan waktu yang sempit ini dengan penuh rasa cinta dan tanggung jawab, toh semuanya akan berbalik pada kita. Intinya semua dari kita mesti punya asa dan harapan tapi kita harus sadar akan kapasitas kemampuan kita. Jangan putus asa berjuang dan berjuang. Cinta sejati bukan dari orang lain tapi cinta sejati ada pada diri kita, dan mulai dari diri kita.

  20. Arini berkata

    Assalamu’alaikum
    Cinta tak harus memiliki kadangkala jika kita mencintai seseorang kita tak harus bersama seseorang itu dan alfabeta adalah sosok laki laki yang setia dia mempertahankan hatinya pada satu wanita. Terima kasih

  21. Siti Haryanti / T.IPS A semester 1 berkata

    Lelaki seperti alberta ini sangat hebat , dia mampu untuk memendam perasaannya kepada wanita yang dicintainya . Meskipun rindu seringkali datang dan membuat dirinya tersiksa . Sifat yanf dia miliki biasanya dimiliki oleh wanita , dan lelaki biasanya lebih mudah untuk mengungkapkan perasaannya kepada wanita yang dicintainya . Mengikhlaskan seseorang yang kita cintai memang sulit tetapi alberta , dia mempunyai hati yang sangat halus . Dia akan tetap bahagia dan ikhlas meskipun takdir tak berpihak kepadanya untuk menjadikan dia dan wanita yang dicintainya itu berjodoh . Cinta memang butuh perjuangan dan pengorbanan seperti halnya alberta .

  22. Dadan handriansyah Ips 1/A berkata

    Mencinta wanita memang boleh. Namun, harus tau batasan agar tidak melebihi batas kewajaran. Sehingga kita tidak dikuasai oleh Cinta yang yang berlebihan, karena cinta yang lebih hanya untuk Allah. Terlebih cinta sudah membuat Alberta marah stres dan berimajinasi tidak karuan yang membuat dia tidak pokus dalam belajar dan mimpinya masa depan.
    Terimakasih.

  23. Dadan handriansyah T.Ips 1/A berkata

    Mencinta wanita memang boleh. Namun, harus tau batasan agar tidak melebihi batas kewajaran. Sehingga kita tidak dikuasai oleh Cinta yang yang berlebihan, karena cinta yang lebih hanya untuk Allah. Terlebih cinta sudah membuat Alberta marah stres dan berimajinasi tidak karuan yang membuat dia tidak pokus dalam belajar dan mimpinya masa depan.
    Terimakasih.

    1. Dadan handriansyah T.Ips 1/A berkata

      Mencinta wanita memang boleh. Namun, harus tau batasan agar tidak melebihi batas kewajaran. Sehingga kita tidak dikuasai oleh Cinta yang yang berlebihan, karena cinta yang lebih hanya untuk Allah. Terlebih cinta sudah membuat Alberta marah stres dan berimajinasi tidak karuan yang membuat dia tidak pokus dalam belajar dan mimpinya masa depan.
      Terimakasih.

  24. dadan handriansyah berkata

    karena cinta dia menjadi stres yang akhirnya dia lupa akan pendidikan dan juga membuat dia tidak pokus akan hal nya belajar. Namun perlu di apresiasi dia adalah sosok yang setia.

  25. Mukhammad Hasanudin berkata

    Menurut saya,alberta merupakan sosok yang tangguh dalam urusan cinta dia menirima kenyataan kesetiaanya berujung tak berarti baginya ,tapi karena kesetiaanya dia terus berjuang dan berjuang akan cintanya tak peduli rintangan ,tantangan yang ada di terus berjuang meskipun kesetiaanya kebahagiaanya tak berujung dengan senyuman ,di balik kejadian yang di alami alberta kita bisa menyimpulkan terimalah apa adanya karena allah tau yang terbaik buat kita semua.terimakasih

  26. Mukhammad Hasanudin berkata

    Menurut saya,alberta merupakan sosok yang tangguh dalam urusan cinta dia menirima kenyataan kesetiaanya berujung tak beratti baginya ,tapi karena kesetiaanya dia terus berjuang dan berjuang akan cintanya tak peduli rintangan ,tantangan yang ada di terus beruang meskipun kesetiaanya kebahagiaanya tak berujung dengan senyuman ,di balik kejadian yang di alami alberta kita bisa menyimpulkan terimalah apa adanya karena allah tau yang terbaik buat kita semua.terimakasih

  27. Siti Haryanti / T.IPS A Semester 1 berkata

    Assalamualaikum,
    menurut saya , Lelaki seperti Alberta ini sangat hebat , dia mampu memendam perasaannya kepada wanita yang dicintainya . meskipun rindu seringkali datang dan membuatnya tersiksa . sifat yang dimiliki oleh Alberta biasanya dimiliki oleh wanita , karena lelaki biasanya lebih mudah untuk mengutarakan perasaannya kepada wanita yang dicintainya . mengiklaskan seseorang memang yg kita cintai memang tak mudah , tetapi Alberta dia mempunyai hati yang sangat halus , dia akan tetap bahagia dan ikhlas meskipun takdir tak berpihak kepadanya untuk bersanding dengan wanita itu . cinta memang butuh perjuangan dan pengorbanan seperti halnya Alberta yang akan tetap menanti sang pujaan hati dating dikirim oleh tuhan .

  28. Rizka mawadah / T. IPS A semester 1 berkata

    Assalamualaikum menurut saya cerita di atas menceritakan tentang pria yang sedang jatuh cinta pada seorang wanita tapi dia tidak pernah mengatakan isi hati nya pada si wanita itu, nilai pendidikan yang terkandung adalah jika kita menyukai seseorang hendaknya kita mengatakan sama seperti hal nya belajar jika kita suka maka kejarlah dan raihlah.

  29. Rudi permana berkata

    Assalammualaikum,menurut saya artikel ini bagus sekali,karena menceritakan seorang lelaki bernama alberta yang mempunyai sikap unik dari diri lelaki pada umumnya.Kita pasti sudah tahu bahwa seorang lelaki dengan mudahnya mengungkapkan isi hati kepada wanita yang dicintai tetapi sosok alberta ini ditulis oleh penulis dengan perilaku unik yaitu lebih memendam perasaannya dan sekaligus mengikhlaskan tambatan hatinya jika tidak berjodoh dengannya.Jikalau dilihat dari segi pembelajaran artikel ini sangat mendidik karena dimana seharusnya lelaki mempunyai watak seperti alberta dengan ketenangan tidak terburu buru mengungkapkan isi hatinya,karena mungkin saja banyak pertimbangan atau mungkin ia fokus ke hal lain misalnya sedang menuntut ilmu,kalian mungkin tahu bagaimana efek dasyatnya jatuh cinta dan dasyatnya kegalauan cinta

    1. Cecep Sumarna
      Cecep Sumarna berkata

      Yes saya senang dengan kalimat2 yang anda urai

  30. Sri haryati berkata

    Alberta adalah sosok laki2 yg sangat mencintai kekasih nya dia mengikhlaskan orang yg dia sayang bahagia meskipun bukan dengan dirinya.
    Kesetia’an hati seseorang yg tak pernah pudar walau ditelan waktu.

    1. Ali Alamsyah
      Ali Alamsyah berkata

      Ya … bagaimana coba kalau itu anda

  31. Nurmila Herdianty / T. IPS A Semester 1 berkata

    Assalamualaikum..
    Menurut saya, Dalam cinta harus ada pengorbanan sama seperti halnya Alberta yang sangat tulus mencintai kekasihnya namun ia harus mengikhlaskan kekasihnya untuk menemukan kebahagiannya sendiri. Walaupun begitu, perpisahan bukanlah akhir dari kehidupan seseorang melainkan langkah awal seberapa kuat orang tersebut meneruskan kehidupan ini tanpa ada seseorang yang ia cintai disampingnya.

    1. Cecep Sumarna
      Cecep Sumarna berkata

      makanya, bagi mereka yang tidak siap berkorban, maka, jangan sekali-kali mau bercinta

  32. siti a'isyah berkata

    alberta sosok laki laki yang setia mencintai santi dengan tulus tetapi dia ikhlas akan ketentuan tuhan. dia selalu berdoa di setiap waktu agar ia bisa bersatu dengan orang yang di cintainya.

    1. lyceum
      lyceum berkata

      mantap-mantap

  33. Elin Yulianingsih berkata

    Assalamu’alaikum..
    Menurut saya ketulusan cinta yang ada dalam hati seseorang memang takkan mudah tergoyahkan meskipun rintangan slalu mengahadang dalam setiap perjalanan cintanya. Bak langit yang tak pernah memberi alasan kenapa ia bisa berdiri tegak meskipun tanpa penyangga, begitupun dengan cinta, cinta tak pernah memberi alasan mengapa ia mencinta meski tak mendapat balasan dari yang dicinta.

  34. Elin yulianingsih berkata

    Assalamu’alaikum..
    Menurut saya ketulusan cinta yang ada dalam hati seseorang memang takkan mudah tergoyahkam meskipun rintangan dihadapannya tak dapat terhitung oleh jari. Bak langit yang tak pernah memberi alasan mengapa ia bisa berdiri tegak diatas meskipun tanpa penyangga begitu juga dengan cinta, cinta tak pernah memberi alasan mengapa ia tetap mencinta meskipun yang dicinta tak membalas cintanya.

  35. Elin yulianingsih berkata

    Assalamu’alaikum..
    Menurut saya ketulusan cinta yang ada dalam diri seseorang memang tak bisa terkalahkan oleh apapun. Meskipun banyak rintangan namun cinta itu akan tetap tumbuh. Langit tak pernah memberi alasan mengapa ia bisa tegak diatas meskipun tanpa penyangga begitpun dengan cinta, cinta tak pernah memberi alasan mengapa ia tumbuh meskipun tanpa balasan dari yang dicintanya.

    1. lyceum
      lyceum berkata

      waaah keren, anda sudah mulai menjadi pujangga

  36. Sri Anisah berkata

    Alberta merelakan nafsu untuk tetap memiliki kekasih yang amat ia cintai . meski luka akan sebuah perpisahaan tertanam pada dirinya . Ia tetap mengikhlaskannya demi kebahagiaan yang terkasih .. Cara membahagiakan dirinya sendiri dengan mengenang kebahagiaan yang pernah mereka lalui .

    1. lyceum
      lyceum berkata

      thank a lote for your comment. Itulah cinta … tak kan lekang di makan waktu

  37. Khoiron Alkaromah berkata

    Khaeron T.Ips B1
    Pengorbanan dan ketulusan cinta memang tak pernah bisa dihindari, jangankan untuk melupakan untuk sendiri pun akan selalu ingat akan kehadiran seorang yang dicintai nya…

    1. lyceum
      lyceum berkata

      Thanks for your attention. Please share it, for your friends if you think this sesion useful to our life.

  38. Toto WIjaksana - PAI-A/III berkata

    Alberta adalah sosok pria yang rela menjadi bayangan meski dirinya mampu menjadi wujud pribadi yang nyata.

  39. DESSY OKTAVIANY berkata

    alberta leleaki yang sangat tulus mencintai seseorang tapi ia ikhlas walau cinta nya tidak berujung indah

    1. Lanlan Muhria berkata

      begitulah cinta

  40. Sopian Asep Nugraha - PAI A berkata

    Kesucian hati yang terdapat pada diri Alberta, ketenangan jiwa yang tertampak pada diri Alberta, serta kemurahan sikap Alberta yang terpancar pada pribadinya semuanya terbingkai dalam alunan cinta suci Alberta. Seorang laki-laki yang mampu mengedapkan sebuah prinsip optimistis akan cinta yang dimilikinya, sebuah prinsip yang tak butuh sebuah pengakuan atas gejolak cinta dan rindu yang sekian lama membungkus hatinya. namun kesadaran dirinya lah yang mampu mengartikan dan mensinergikan akan kekuatan cinta. Cinta yang tak harus diungkapkan, cinta yang tak harus dipublikasikan, cinta yang tak harus nyatakan. Karena ia sadar atas makna cinta yang hakiki cinta yang penuh kebahagiaan itu bukanlah yang demikian, tapi cinta yang mampu membawa ke arah sebuah peradaban ialah cinta yang harus disyukuri dan dinikmarti.

  41. Badruzzaman PAI-A Semester 1 berkata

    Alberta adalah sosok lelaki pecinta sejati dengan kesucian cintanya dia berjuang untuk mendapatkan sosok wanita pujaannya, meski kekecewaan dan kehampaan yang dia rasakan sekarang.

  42. Aldi Nurcahya PPI Semester 1 berkata

    Alberta sosok lelaki, ia begitu mencintai kekasihnya
    Sayangnya, harapan dan angan – angan yangan menjadi dambaan harus kandas karena sesuatu hal. So what next?we can see second part.
    Cinta sejati tak pernah mati, kecuali ia ada pengganti yang siap mengisi dan memberi warna tersendiri.

  43. AM. Praja Kusuma / PAI-B / 1 berkata

    kebesaran hati dan kesetiaan alberta membuatnya mempercayai bahwa dia akan selalu bahagia dan tetap bernyanyi dengan menginjakan kaki di bumi.

  44. Nama : Aah Murtofa'ah dan M. Nawawi, NIM. 14166310002 dan 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

    Salah satu ciri dari manusia normal adalah rasa cinta kepada pasangan, salah satunya Alberta, dia menaruh hati kepada Santi. ini sesuai dengan fitrahnya dan diperkuat dengan firman Allah QS.30:21, yang artinya
    “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”.
    Karena cinta Alberta menjadi kuat dan lemah

    Baca Selengkapnya https://www.lyceum.id/misteri-sang-ksatria-cinta-part-1/

  45. wiryanto berkata

    baru masuk nih,
    ikuti alur dulu,
    sebuah perjuangan

  46. M. Heriyanto (PAI A/I) berkata

    Alberta laki-laki yg cintanya bertepuk sebelah tangan..

  47. Alfin Bisma Herda Pai B berkata

    Awal cerita yang membuat pembaca seolah-olah sedang menikmati sebuah tontonan didepan mata, Masih penasaran dengan cerita selanjutnya.

  48. Nuri Rizki Maulani rihaningsih Hidayat 14166310027 berkata

    sejatinya seorang laki-laki daat menggenggam apa yang telah diyakininya, begitu juga dengan Alberta yang sudah mengepalkan tekad untuk sang pujaan hati. cinta dan keyakinan hendaknya saling berpangku tangan jangan sampai me,mbekukan hati dan terlebih jika berpaling. jika Alberta yakin akan cinta yang penuh harap itu maka hendaknya menjadi selimut jiwa walau sang pujaan hati nun jauh disana.

  49. Nama : M. Nawawi, NIM. 14166310008, PRODIu : PAI, Smt : 1(satu) berkata

    Salah satu ciri dari manusia normal adalah rasa cinta kepada pasangan, salah satunya Alberta, dia menaruh hati kepada Santi. ini sesuai dengan fitrahnya dan diperkuat dengan firman Allah QS.30:21, yang artinya
    “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”.
    Karena cinta Alberta menjadi kuat dan lemah

    1. Nama : M. Nawawi, NIM. 14166310008, PRODI : PAI, Smt : 1(satu) berkata

      Salah satu ciri dari manusia normal adalah rasa cinta kepada pasangan, salah satunya Alberta, dia menaruh hati kepada Santi. ini sesuai dengan fitrahnya dan diperkuat dengan firman Allah QS.30:21, yang artinya
      “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”.
      Karena cinta Alberta menjadi kuat dan lemah

  50. Lupita Fitriana M. berkata

    Cinta Alberta tulus,, karna pengorbanan nya untuk melihat yg di kasihi bahagia. Namun alangkah baiknya jika Alberta berusaha membuka hati untuk yg lain. Karena kita tetap harus melanjutkan kehidupan lagi.

  51. suhadi 14166310029 (PAI-B) berkata

    *Perasaan yang berlebihan tentang penapsiran sesuatu yang terfikirkan yang belum jelas ujung pangkalnya akan membuat orang emosi. Oleh karena itu jangan BAPER*

  52. suhadi 14166310029 (PAI-B) berkata

    Perasaan yang berlebihan tentang penapsiran sesuatu yang terfikirkan yang belum jelas ujung pangkalnya akan membuat orang emosi. Oleh karena itu jangan BAPER

  53. Didi Tarsidi 14166310005 (PAI-A) berkata

    Dalam bercinta mesti ada keikhlasan, dan ikhlas dalam mencinta telah ditunjukan oleh Alberta. Ikhlas memberi tak harap kembali, Alberta ikhlas mencintai orang yang dicintainya dan ketika dia ditinggalkan oleh orang yang dicintainya, dia mencoba untuk ikhlas melepasnya karena bagi Alberta kebahagiaan orang yang dicintanya lebih penting daripada kebahagiaannya.

    1. Eltendi Dhirgan
      Eltendi Dhirgan berkata

      Ikhlas…….. Ikhlas memberi tak harap kembali, satu hal yang mudah diucapkan namun sulit untuk diterapkan. Apalagi jika itu berhubungan dengan rasa cinta.

      Orang yang kau cintai pergi dan tak akan kembali. Bisakah kita merelakan pergi hal hal seperti ini ?

  54. ketulusan cinta alberta merupakan bukti sebuah kesetiaan pada wanita idamannya, ia lebih mementingkan kebahagiaan wanita yang ia cintai daripada memiliki seutuhnya. namun alangkah lebih baiknya jika alberta berusaha untuk move on agar perasaannya tidak di hantui rasa galau.

  55. Mei Yani Rahayu (PAI-B) berkata

    Mencintai tak harus memiliki, melihat yang dicintainya bahagia itu sudah cukup membalas rasa cintanya. itulah cinta sosok lelaki sejati, Alberta, such a great man… Cintanya Tulus meski tak harus bersanding dan dimiliki…

  56. Rifqoh Khasanah (PAI-A) Semester 1 berkata

    Alberta adalah sosok lelaki sejati yang lebih mementingkan kebahagiaan wanita yang sangat dicintainya, inilah yang dinamakan pengorbanan cinta, karena menurut Alberta cinta tak harus memiliki tetapi cukup memberi, jadi Alberta lebih memilih memberi kebahagiaan orang yang dicintainya dari pada memilikinya.

  57. Saefullah (PAI-A) Semester 1 berkata

    Alberta merupakan sosok pria yang memperjuangkan cinta sejatinya dengan sepenuh hati

  58. Mahbub (PAI-B) Semester I berkata

    Albert adalah sosok seorang yang sedang galau yang dirundung perasaan kasmaran pada seorang wanita yang tidak mungkin akan mendapatkan asmaranya,namun dia tidak mau hanyut dalam keadaannya yang masih semu,dia mencoba untuk lebih tegar dan mencapai sesuatu yang lebih realistis.

  59. Yeti Ernawati berkata

    Alberta adalah laki2 yg terlanjur terlalu dalam mencintai seseorang sehingga dia susah buat moveon, jd ketika ada sesuatu yg mirip2 kisahnya dia langsung baper.. ?? (prodi PAI-A smstr 1)

  60. Syarifah berkata

    Cinta Alberta seperti tak tersampaikan dengan sempurna.. dia setia pada Charly yg kemungkinan Charly tidak sepenuhnya pada Alberta..

  61. Neng Lia Y berkata

    Cinta alberta begitu tulus dn jauh dr egois hingga mendoakn orng yg sangat di cintainya bahagia meski bukn dengannya sekalipun..☺

    1. Sopian Asep Nugraha - PAI A berkata

      Kesucian hati yang terdapat pada diri Alberta, ketenangan jiwa yang tertampak pada diri Alberta, serta kemurahan sikap Alberta yang terpancar pada pribadinya semuanya terbingkai dalam alunan cinta suci Alberta. Seorang laki-laki yang mampu mengedapkan sebuah prinsip optimistis akan cinta yang dimilikinya, sebuah prinsip yang tak butuh sebuah pengakuan atas gejolak cinta dan rindu yang sekian lama membungkus hatinya. namun kesadaran dirinya lah yang mampu mengartikan dan mensinergikan akan kekuatan cinta. Cinta yang tak harus diungkapkan, cinta yang tak harus dipublikasikan, cinta yang tak harus nyatakan. Karena ia sadar atas makna cinta yang hakiki cinta yang penuh kebahagiaan itu bukanlah yang demikian, tapi cinta yang mampu membawa ke arah sebuah peradaban ialah cinta yang harus disyukuri dan dinikmarti.

  62. Ipih hidawati berkata

    Mohon maaf komen diatas salah….. ??? alberta trnyata laki-laki. Alberta laki laki yg sgt mencintai wanitanya. Akn tetapi akn lbh baik utk brsikap wajar dalm mencintai…

  63. Ipih hidawati berkata

    Alberta sosok wanita yg setia, akn tetapi akn lebih bagus kalo alberta move on dr laki laki itu… Msh bnyk laki laki yg akn mencintai nya dgn baik dan tulus…. Move on jgn bertahan dgn kesedihan

    1. Admin Lyceum
      Admin Lyceum berkata

      Alberta adalah sosok laki-laki..
      terimakasih atas komentarnya..!!

      1. Elin Yulianingsih berkata

        Assalamu’alaikum..
        Kesetiaan cinta yang ada dalam hati seseorang memang takkan mudah tergoyahkan meskipun rintangan slalu mengahadang di setiap perjalanan cintanya.
        Bak langit yang tak pernah memberi alasan mengapa ia berdiri tegak meskipun tanpa penyangga. Sama halnya dengan cinta, cinta tak pernah memberi alasan mengapa dia mencinta meski tak mendapat balasan dari yang dicinta.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.