Take a fresh look at your lifestyle.

Model Pengembangan Pendidikan di Sekolah Dasar Islam

1 48

Pengembangan Pendidikan Sekolah Dasar merupakan kunci paling dasar dalam mencapai kemajuan bangsa. Pendidikan, selain sebagai sebuah investasi jangka panjang, tentu memiliki peran strategis dalam pembentukan sumber daya manusia yang unggul. Pendidikan yang berkualitas inilah yang nantinya mampu menjadi ujung tombak kemajuan bangsa. Lahirnya sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas merupakan capaian proses pendidikan yang tidak bisa dapat secara instant. Sumber daya manusia dimaksud, tentu akan datang sekaligus tercipta dari sebuah proses panjang dunia pendidikan.

Kreatifitas dan inovasi pendidikan tentu menjadi sangat penting dilakukan. Mengapa? Hal ini diperlukan guna mengimbangi perkembangan dinamika sosial dan pembangunan yang terus berjalan semakin cepat. Sadar atau tidak, hari ini kita harus mengakui bahwa pendidikan berkualitas unggul yang di cita- citakan masih jauh dari harapan.

Model Pengembangan Pendidikan Sekolah Dasar Islam

Implementasi model pengembangan Pendidikan Sekolah Dasar tentu harus menjadi perhatian serius bagi mereka yang terlibat dalam proses pendidikan. Terlebih di Sekolah Dasar berbasis Islam. Sejauh yang mampu penulis baca dari berbagai sumber dan kajian, model Pengembangan Pendidikan Sekolah Dasar Islam harus berfokus pada philosofi dasar pendidikan. Filosofi dimaksud yakni mengedepankan produktivitas individu peserta didik dengan ciri kemandirian dalam proses pembelajaran. Peserta didik tidak hanya ditempatkan sebagai objek didik tetapi, mereka dalam waktu yang bersamaan  dapat menjadi subjek pendidikan.

Untuk mencapai cita- cita ideal pendidikan, hal paling dasar yang perlu dilakukan adalah penataan sistem. Sistem dimaksud berkaitan erat dengan aktivitas kependidikan. Sistem ini merupakan suatu sistem yang terdiri atas komponen- komponen yang bekerjasama menuju tujuan bersama. Upaya integrasi inilah yang kemudian harus menjadi core vallue di Sekolah Dasar Islam. Konsep demikian, dalam pandangan penulis, akan mampu memperlihatkan kekhasan pengembangan ilmu di Sekolah Dasar Islam.

Kekhasan Sekolah Dasar Islam

Beberapa ke-khas-an yang penulis maksud, misalnya akan terlihat dalam hal: Pertama, tertatanya lingkungan sekolah yang agamis. Peningkatan ketaatan beragama warga sekolah akan terlihat dalam sikap dan perilaku yang sejalan dengan nilai luhur yang terkandung dalam ajaran agama. Nilai- nilai luhur dimaksud juga akan mampu di internalisasikan secara inklusif dalam konsep kebangsaan dan kebhinnekaan.

Kedua, Struktur Kurikulum yang Komprehensif. Kurikulum dibangun dan dikembangkan dengan tujuan, baik input maupun output pendidikan mampu dicapai dengan cara- cara yang terstruktur dan sistematis, sehingga dalam implementasinya setiap warga sekolah akan memegang teguh pada visi dan misi yang sudah disepakati bersama. Visi dan misi berikut cara pencapaiannya harus di rumuskan secara sistematis agar tidak terjadi tumpang tindih kebijakan yang justru malah akan membuat tercapainya tujuan pendidikan menjadi terhambat.

Ketiga, Sistem Tata Kelola. Tata kelola Sekolah Dasar Islam harus dibangun berdasarkan prinsip- prinsip keterbukaan, kebersamaan, dan kerjasama. Sekolah, dijalankan dan dikembangkan melaluli implementasi manajemen yang matang. Program kerja sekolah dirumuskan secara jelas, baik dari sisi bidang kegiatan, tujuan, sasaran, pelaksanaan, sampai tahap evaluasi program kerja dimaksud. Perencanaan peningkatan kualitas pendidikan di prioritaskan dan di rumuskan secara tertulis dalam bentuk rencana strategis.

Jika hal ini mampu dilakukan maka, bukan hal mustahil Sekolah Dasar Islam ini mampu menjadi harapan pendidikan kita untuk generasi prestatif dimasa yang akan datang. Generasi prestatif dimaksud, bukan hanya generasi yang mampu menguasai ilmu pengetahuan saja, tetapi, kajian- kajian serta pemahaman yang komprehensif tentang agamanya mampu di implementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari- hari.

Oleh: LANLAN MUHRIA

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. khozim berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb
    menurut saya untuk lebih mengembangkan pendidikan lagi, bukan hanya sekedar pendidikan saja yang di utamakan melainkan juga sikap moral. karena menurut saya bahwa tujuan pendidikan itu adalah untuk pencerahan intelektual yang di dalamnya mengandung religius,jujur,sopan santun,saling menolong,karna dengan adanya hal seperti ini akan menimbulkan kemandirian kepada siswa kelak nanti.