Munculnya Kosakata Baru Saat Krisis Ekonomi

0 56

Munculnya Kosakata Baru Saat Krisis Ekonomi – Pengangguran, krisis utang Eropa, serta masalah resesi ekonomi pada tahun yang lalu ini sangat akrab di telinga. Kondisi tersebut mendorong pembuat kamus Collins English Dictionary memasukkan istilah-istilah ekonomi dalam kosakata baru.

Para penyusun kamus tersebut menyadari, berbagai istilah tersebut banyak menggugah ingatan pada kondisi ekonomi global masa kini. Penyebabnya, perekonomian global yang masih juga belum beranjak keluar dari krisis sesuai harapan oleh banyak pihak. Di antara istilah baru dalam bidang ekonomi yang dimasukkan dalam daftar kosakata baru pada kamus Collins English Dictionary adalah ”funenployment”, ”PIIGS” serta ”broken society”.

Pada kamus yang diterbitkan HarperCollins tersebut ”funemployment” didefinisikan sebagai keadaan menikmati suasana meski sedang tak bekerja akibat pemutusan hubungan kerja (PHK). Sedangkan ”PIIGS” merupakan singkatan untuk Negara Portugal, Italia, Irlandia, Yunani, dan Spanyol, negara yang paling berisiko dari krisis utang di Benua Eropa. Sementara istilah ”broken society” atau ”resesi sosial” menggambarkan penurunan dari nilai-nilai moral akibat krisis.

Istilah baru lainnya adalah ”ghost estate” yang menggambarkan suatu pembangunan perumahan namun keburu ditinggalkan si empunya karena tak mampu menyelesaikannya. Istilah lain yang cukup populer dalam masa pemulihan dari krisis ekonomi dua tahun belakangan adalah dengan ”Chindonesia”. Penerbit kamus bahasa Inggris berbasis di London itu menyatakan. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan kekuatan China, India, dan juga Indonesia dalam percaturan ekonomi.

Ketiga negara tersebut yang dianggap mencerminkan ada pergeseran fokus perdagangan dunia dari berbagai negara yang selama ini sudah dianggap mapan seperti Eropa dan Amerika Serikat (AS). Selain hal tersebut, pertumbuhan ekonomi China, India, dan Indonesia juga adalah yang paling tinggi selama krisis dua tahun lalu. Dengan pertumbuhannya di atas rata-rata negara berkembang lainnya.

Istilah PIIGS

Khusus istilah ”PIIGS” dianggap cukup pantas masuk dalam daftar kosakata baru karena besarnya perhatian publik maupun dari investor terhadap negara anggota Uni Eropa itu. Kelompok ”PIIGS” sedang berjuang melawan defisit anggaran sehingga memaksa pemerintahnya untuk melakukan penghematan besar-besaran untuk dapat mengurangi utang.

Portugal misalnya dengan defisit anggaran mencapai 9,3% pada 2009 memaksa negara tersebut menerima suntikan dana miliaran dolar dari Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB). Dan  juga Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF). Persentase defisit tersebut jauh di atas batas minimal Zona Euro yang mensyaratkan defisit sebesar 3% dari produk domestik bruto (PDB).

Selain hal tersebut, lembaga pemeringkat internasional itu juga menurunkan rating utang Portugal menjadi AA- yang merefleksikan terjadinya keterpurukan kinerja anggaran belanja di Tahun 2009. Di bidang teknologi informasi, situs jejaring sosial Twitter yang belakangan menjadi situs mikroblogging cukup berpengaruh. Juga menempatkan kosakata baru pada kamus Collins English Dictionary melalui istilah ”tweetheart”.

Istilah tersebut menurut kamus yang dirilis baru-baru ini menggambarkan seseorang pengguna Tweeter dan juga banyak dikagumi oleh pengguna lain. Selain itu, masih banyak kata-kata lain yang masuk kota kata baru dalam kamus tersebut seperti dengan ”iPad”, dan ”intexticated”.

”iPad” yang masuk kosakata di kamus edisi terbaru Collins dimakani sebagai salah satu produk revolusioner dari sebuah perusahaan komputer Apple. Yang menawarkan kemudahan baru untuk penggila gadget dengan berbagai aplikasi praktis dan untuk mendukung gaya hidup. Sedangkan ”intexticated” diartikan sebagai kondisi terganggunya pengguna komputer karena suatu sebab saat mereka membaca atau menulis sebuah pesan di komputer.

Komentar
Memuat...