Saat Tak Ada Uang, Mungkinkah Liburan Panjangmu Menyenangkan?

0 38

Liburan telah di depan mata bagi orang-orang yang bergulat didunia pendidikan (sekolah)  baik guru ataupun murid-muridnya. Bulan Desember ini juga merupakan libur panjang bagi pekerja-pekerja kantoran. Mulai dari liburan maulid nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari senin. Kemudian seminggu kemudian libur Natal (Meski jatuh pada hari minggu, namun ada sebagian perusahaan yang meliburkan karyawannya di hari seninnya) dan minggu berikunya libur tahun baru. Haruskah Liburan di Rumah?

Nah, Apa yang anda fikirkan tentang liburan?? Tentu selain punya banyak waktu untuk beristirahat dirumah, yang anda bayangkan saat menghadapi liburan panjang adalah pulang ke kampung halaman, berjalan-jalan bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat. Liburan yang seperti iu akan sangat identik dengan persiapan budget (keuangan) yang lumayan besar. Lalu, bagaimana jika waktu liburan datang pada saat anda belum gajian, atau bahkan anda ingin menghemat pengeluaran. Masihkan liburan anda menyenangkan?

 Tentu saja liburan akan selalu menyenangkan baik saat banyak uang ataupun saat tak ada uang. Liburan tetap memiliki kesan yang menyenangkan dan dirindukan jika dimaknai positif saat menjalaninya. Berikut ini penulis akan sedikit memberikan solusi-solusi saat waktu liburan anda tak sesuai harapan. Maksudnya saat waktu liburan datang ketika anda sedang mengalami kanker (kantong kering). Bukan berarti liburan itu tidak bisa dinikmati loh….

Nah ini dia sedikit tips yang mungkin bisa jadi referensi saat liburan tanpa harus mengeluarkan budget besar, bahkan tanpa harus ngeluarin uang tapi tetep seru.

Manfaatkan Untuk Beristirahat

Saat bekerja tubuh dan fikiran tentu akan digunakan kurang lebih 6 jam normal. Saat malam datang terkadang pekerjaan masih menumpuk untuk anda kerjakan diluar jam kerja. Nah, waktu liburan panjang adalah kesempatan bagi anda untuk dapat mengistirahatkan tubuh, merileks kan fikiran, dan memanjakan tubuh meski hanya dengan sekedar tidur lebih banyak.

Merenovasi Tata Ruang Rumah

Apa sih maksudnya merenovasi disini? Merenovasi bukan berarti harus membangun rumah menjadi lebih bagus atau melakukan perubahan-perubahan yang besar. Cukup dengan membersihkan rumah mulai dari menyapu, mengepel, kemudian membersihkan barang-barang yang terlihat kotor dan berdebu ataupun yang lainnya. Kemudian, waktu luang yang anda miliki saat liburan anda gunakan pula untuk sedikit merenovasi tata letak barang-barang anda agar diruangan yang sering anda tempati untuk beristirahat saat pulang dari pekerjaan menjadi berbeda (wajah baru). Selain bersih anda akan dapatkan ruangan yang baru dan itupun dapat merileks kan fikiran anda saat anda harus kembali bekerja nanti.

Melakukan Rekreasi Sederhana Tanpa Perlu ke Tempat Wisata

Waktu liburan yang identik dengan pergi berlibur ke tempat-tempat wisata juga mengharuskan kita untuk menyiapkan uang yang banyak menghadapi persiapan menjelang liburan. Reksreasi yang anda lakukan baik itu dengan keluarga, kerabat, teman dekat ataupun anda sendiri juga dapat menyenangkan tanpa harus pergi ke tempat wisata.

Mengapa demikian? Tempat wisata dapat kita temui di sekitar tempat tinggal kita loh. Misalnya, jika pada waktu liburan panjang kemudian kita pulang ke kampung halaman. Maka waktu rekreasi anda bisa dilakukan misalnya dengan pergi ke sungai sambil makan bersama dengan keluarga, memancing, berkebun, pergi ke sawah dan lain-lain. Lalu bagaimana dengan yang tinggal di kota? Untuk yang tinggal dikota yang mungkin tak ada sawah, sungai, kebun, pegunungan maka hal yang disarankan agar rekreasi dilakukan tanpa harus merogoh kocek dalam adalah dengan melakukan hal-hal yang jarang anda lakukan karena anda sibuk bekerja. Misalnya dengan bersilaturahmi ke saudara atau tetangga terdekat.

Lagi-lagi, Liburan memang selalu dirindukan. Selalu terasa menyenangkan jika kita memaknainya dengan positif . Isi waktu liburan anda dengan hal-hal positif pula agar liburan menjadi lebih bermakna. (Yayu H Aspandi)


Tenyayu-haspanditang Penulis

Perempuan yang lahir pada 30 Juni 1992 ini bernama Yayu Sri Umaroh Handayasari. Perempuan yang akrab disapa Yayu merupakan putri ke empat dari pasangan H. Maman dan Ibu Umirah. Meski lahir dan besar di Desa terpencil di Kota Kuningan namun semangatnya dalam berkarya dan mengeksplor diri terus ia kembangkan. Pada tahun 2014 ia lulus menjadi Sarjana Pendidikan Matematika di perguruan tinggi negri di Cirebon. Waktunya semasa kuliah tidak hanya dihabiskan untuk belajar di kelas, tapi ia juga senang berinteraksi dengan beberapa mahasiswa-mahasiswa aktifis kampus dengan mengikuti berbagai Organisasi-organisasi baik intra maupun ekstra.

Perjalanan karirnya yang baru seumur jagung, mulai dari tour leader, guru prifat, guru di SMK, administasi di sebuah perusahaan yang kesemuanya hanya berlangsung beberapa bulan saja menghantarkannya pada profesi yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Tantangannya yang ia hadapi kini adalah bagaimana mengabdikan gelar sarjana nya untuk mengembangkan Desa tempat kelahirannya.

Komentar
Memuat...