Ngopi Pagi Hari, Selain Membuatmu Rileks Kaya Akan Manfaat Kesehatan

1 415

Suka Minum Kopi?  Secangkir kopi hitam pahit dapat memberikan pengaruh dan Manfaat cukup besar bagi siapa pun mereka yang mengkonsumsinya. Karena untuk mendapatkan manfaat kopi memang harus dinikmati secara murni atau tanpa campuran apapun. Jangan salah kopi murni memiliki dampak yang baik bagi kesehatanan. Sebaliknya, mencampurkannya dengan gula, susu atau Krimer malah akan memberikan efek tidak baik bagi tubuh kita.

Lalu Bagaimana pengaruh ngopi pagi dan apa manfaatnya Buat kamu? berikut ini ada beberapa manfaat ngopi di pagi hari, diantaranya :

1. Dapat Menurunkan Resiko Diabetes Tipe-2

Menurut Kirchheimer dalam WebMD, semakin banyak kopi yang diminum, ternyata semakin baik hasil yang akan diperoleh. Hal tersebut di perkuat oleh riset Universitas Harvard tentang manfaat kopi bagi kesehatan selama 18 tahun. Dengan menganalisa data dari sekitar 126 ribu orang. Hasilnya, Yaitu dengan meminum kopi 1-3 cangkir sehari 10 persen resiko diabetes berkurang. Sedangkan dengan meminum kopi 6 cangkir atau lebih, ternyata dapat mengurangi resiko seorang pria dari serangan diabetes tipe 12 hampir 54 persen, sedangkan untuk wanita bisa berkurang hingga 30 persen.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Parkinson dan Lainnya

“semakin banyak meminum kopi, memang akan diperoleh hasil yang semakin baik. Dan bagi mereka yang tidak meminum kopi, memiliki resiko terkena kanker kolon, sirosis hati, bahkan batu empedu”. Thomas DePaulis., Phd, (ilmuwan dari Vanderbilt University’s Institute for Coffee Studies). Penelitan terbaru lainnya menunjukkan bahwa kopi dapat memberi keuntungan bagi kesehatan jantung, mengurangi resiko penyakit jantung sampai 53 persen.

3. Dapat Membantu Mengobati Penyakit

Kandungan Cafeein kopi sangat bermanfaat dalam mengurangi sakit kepala, khususnya migrain, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi meningkatkan perlindungan terhadap rongga perutnya sendiri. Selai itu Ada bukti yang menunjukkan bahwa kopi juga dapat membantu mencegah serangan asma, bahkan dapat mengatur di saat kekurangan obat.

4. Membantu Kita Mengontrol Depresi

Kopi juga ternyata dapat mengontrol depresi, seperti yang di ungkap sebuah penelitian penelitian dari Brazil. Dalam penelitian menunjukkan sejumlah kecil kopi (1-2 cangkir sehari) memiliki manfaat bagi kesehatan, mampu menenangkan pikiran, dan mengontrol depresi. Meskipun pernyataan sebelumnya menyatakan bahwa meminum kopi dapat menghambat pertumbuhan seseorang.

5. Mengurangi Berat Badan

Anti Oksidan alami yang terdapat dalam kopi, dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sesuai dengan penemuan fakta baru oleh Fulgencio Saura-Calixto dan M. Elena Diaz-Rubio dalam ACS ‘ Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang mengatakan “kopi bubuk masak dapat menjadi sumber serat yang baik”. Karena dalam setiap cangkir mengandung hampir 2 gram serat yang mudah larut.

Bagi mereka yang menjalani diet sangat sadar akan manfaat serat dalam usaha mengurangi berat badan. Perlu di ketahui, kandungan serat yang terdapat pada kopi bubuk masak lebih tinggi dibandingkan minuman umum lain, seperti anggur atau pun jus jeruk.” Tapi ingat hindari gula!

Dikutip dari  National Cancer Institute (NCI) pada Tahun  2012 silam.  Hasil penelitian Neal Freedman dari divisi Epidemiologi Kanker dan Genetika, NCI. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 400 ribu pria dan wanita dewasa di Negara Amerika Serikat. Mengenai pengaruh antara minum kopi dan risiko kematian. Hasilnya yaitu, Mereka peminum kopi cenderung tidak meninggal karena beberapa penyakit, seperti jantung, penyakit pernafasan, stroke, diabetes, infeksi dan kanker. Hasil ini sangat berbanding terbalik dengan hasil studi lainnya yaitu “risiko kematian akibat merokok dan mengkonsumsi alkohol lebih signifikan”

Manfaat lain menikmati kopi di pagi hari yaitu rasa rileks sebelum memulai berbagai macam aktivitas. Selain itu, kandungan kafeinnya dapat membantu kamu tetap terjaga selama beraktivitas. Nah, karena itulah, gak ada salahnya jika kamu meluangkan waktu beberapa menit setiap pagi untuk ngopi. Namun perlu diingat kembali, dari sekian banyak manfaat tersebut hanya kamu dapat jika mengonsumsi kopi murni saja tanpa tambahan Zat lain (Bukan Kopi Sachet Instant). Dan sebaiknya Sarapan dahulu sebelum menikmati secangkir Kopi.(aL/dari berbagai sumber)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. Muhamad Rida Subagja 1415104070 TIPSB semester 3 IAIN Cirebon berkata

    dari dulu sampai sekarang saya selalau menjauhi kopi, dikarenakan ibuku berkata, jangan suka minum kopi nantinya bakal bikin otak pusing dan sakit perut, tetapi ketika sudah mengetahui hal ini, saya akan mencoba mempraktekan apa yang telah dipaparkan diartikel ini. terus bagaiamana dampak kopi yang telah dicampuri oleh zat yang lainnya?? apaka sangat berbahaya ataukah tidak??. jika berbahaya, bagaimana solusinya untuk kopi yang dijual per kemasan diwarung warung??

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.