Jangan Nekat Menikah Di Usia Yang Masih Muda

0 193

Nikah merupakan urusan berat. Jangan sampai kita terkompori oleh motivasi tentang menikah, lalu nekat untuk nikah muda. Padahal kita belum punya persiapan dan belum layak untuk menikah di usia yang masih muda.

Orang dewasa yang sudah banyak pengalaman dan penuh pertimbangan, pasti akan mengingatkan anak muda untuk tidak menikah karena nekat. Menikahlah dengan berani. Apa bedanya nekat dengan berani? Nekat itu tanpa persiapan sama sekali. Sedangkan berani, meski ada rasa takut, kita bisa melawan ketakutan itu karena sudah ada persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari. Yang harus diketahui, bahwa persiapan yang paling penting dalam pernikahan bukanlah finansial, tapi mental. Bukan juga persiapan tempat tinggal, tapi kesiapan untuk komitmen dan tanggung jawab.

Sikap beranilah yang harus ditumbuhkan. Kalau memang sudah siap berkomitmen membangun hubungan dengan orang yang kita sayangi, dan siap bertanggung jawab atas komitmen itu, maka segeralah memutuskan untuk mengambil jalan terhormat ini. Tapi jika belum siap, janganlah gegabah mengambil keputusan besar, karena dikhawatirkan nanti kita tidak bisa menjalankan komitmen itu dengan baik.

Yang sering terjadi adalah ketakutan-ketakutan yang tidak beralasan. Bahkan tak jarang seseorang sering dibayangi ketakutan-ketakutan yang di besar-besarkan. Hal itu memang wajar, karena kita hendak memasuki dunia baru, hidup bersama orang baru, menanggung tugas dan tanggung jawab baru yang berat dan lebih besar dibandingkan saat hidup masih melajang.

Satu hal yang perlu kita ingat, bahwa hampir semua orang yang sudah menikah juga menghadapi hal yang sama. Kebanyakan merekapun belum memiliki pengalaman sebelumnya. Mungkin diri kita juga mengalami hal yang sama, mengalami stress dan ketakukan yang sama. Namun setelah dijalani, mereka bisa-bisa saja menjalani semua itu.

Orang yang paling nekat, sebenarnya adalah orang yang sudah tahu bahwa dirinya belum siap menikah, tetapi dia tetap menjalani hubungan dengan kekasihnya dan memaksakan diri untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Ai??Biasanya orang nekat sepereti ini, saat sudah menjalani rumah tangga, akan mengalami kebimbangan. Dia akan bingung dengan keadaan-keadaan yang harus dihadapi dalam kehidupan berumah tangga. Jika tidak kuat mental, dia akan menyerah.

Hal tersebut menjadi salah satu pemicu terbesar retaknya rumah tangga pasangan yang menikah muda. Maka dari itu, persiapkanlah semuanya. Mulai dari mental, jiwa dan lain sebagainya. Walaupun tadi dikatakan bahwa persiapan mental lebih tekankan, tetapi persiapan finansial juga sangat penting untuk dipersiapkan supaya semuanya dapat berjalan dengan baik.

Inti dari semuanya adalah tergantung dari bagaimana niat kita. Jika ingin menjalaninya, maka kuat saja tekad dalam jiwa, bahwa kita akan menunaikan anjuran dari Allah dan Rosul-Nya, dan kita akan memulai ibadah yang sangat besar nilai pahalanya, dan persiapkanlah semuanya, mental, jiwa, finansial, semuanya harus benar-benar matang. Jangan melangkah dalam keraguan, karena keraguan akan membuat kita ragu lagi untuk melangkah selanjutnya dan akan menimbulkan keraguan-keraguan lain.

Komentar
Memuat...