Inspirasi Tanpa Batas

Objek Wisata Situ Pejaten di Cirebon yang Nyaman untuk dikunjungi

0 86

Konten Sponsor

Mendengar kata wisata tentu akan merasa menggairahkan semangat kita. Kesegaran alam sudah terbayang-bayang dalam pikiran. List kunjungan ke sebuah objek wisata tentu tidak boleh terlewatkan. Mulai dari pantai hingga puncak banyak di minati para pemburu wisata.

Selain dijadikan tempat untuk berziarah, kota Cirebon juga tidak sedikit memiliki objek wisata. Salah satu diantaranya ialah situ Pejaten. Situ ini merupakan sebuah objek wisata perbukitan yang terletak di wilayah Kabupaten Cirebon. Tepatnya di Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon Utara. Jarak dari kota Cirebon sekitar 17 km. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Situ Pejaten merupakan aset Desa yang sangat poensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata yang sangat terjangkau dan nyaman. Situ Pejaten merupakan bagian wilayah administratif Desa Cikalahang yang memiliki luas ± 5,5 Ha. Wilayah situ ini awalnya area penambangan pasir, batu kapur dan cadas yang termsuk dalam kategori galian C yang dikelola masyarakat sekitar. Namun pada akhir tahun 2009, Situ Pejaten berubah bentuk dan fungsi menjadi suatu area yang dapat dijadikan objek wisata.

Situ Pejaten terletak diantara perbatasan Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka dengan ketinggian 300 Mdpl. Dikelilingi sumber air yang melimpah, sehingga dapat menjadi sumber pengairan untuk masyarakat. Tidak hanya itu saja, sebelum memasuki area ini ada Rumah Makan Ikan Bakar yang dapat mendukung faktor kepariwisataan disekitar wilayah tersebut. Hal ini memudahkan pengunjung untuk beristirahat dan makan bersama keluarga.

.Namun masalah yang dialami ialah kurang minatnya wisatawan mengunjungi situ ini. Kurangnya pengelolaan juga menjadi penyebab masalah ini.Pihak Desa akan membuat kawasan situ Pejaten menjadi lebih menarik. Dengan sumber air yang melimpah, pepohonan yang hijau, suasana yang sejuk dan panorama dibawah bukit gunung Ciremai, akan memanjakan wisatanya. Selain itu, situ ini juga berencana dibangun wisata yang berbasis teknologi modern (waterboom/park). Melihat cocoknya area tersebut dan anjuran Menteri Kebudayaan dna Pariwisata RI yang mendukung untuk di bentuknya rencana tersebut. Situ Pejaten lebih bisa dikembangkan menjadi salah satu kawasan objek wisata dan Kabupaten Cirebon menjadi Kota Pariwisata. Selain itu juga akan meningkatkan tarap hidup masyarakat Kabupaten Cirebon.

Setelah sekian lama alih fungsi situ Pejaten, diharapkan dapat memberikan suatu integritas wilayah dalam mendukung struktur kehidupan masyarakat. Dapat menjadi area Desa wisata. Itulah harapan dari masyarakat di Desa ini.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar