Home » Kesehatan » Berita Kesehatan » Orang Indonesia Paling Malas Berjalan Kaki Di Dunia? Berikut ini Fakta Penelitiannya

Share This Post

Berita Kesehatan / Realitas

Orang Indonesia Paling Malas Berjalan Kaki Di Dunia? Berikut ini Fakta Penelitiannya

Orang Indonesia Paling Malas Berjalan Kaki Di Dunia? Berikut ini Fakta Penelitiannya

Para peneliti di Universitas Stanford mempublikasikan hasil penelitianya di Jouranal Of Natur, Hasil penelitian tersebut mengungkapkan fakta bahwa Orang Indonesia paling malas berjalan kaki. Temuan ini diteliti oleh sejumlah ilmuwan Amerika Serikat yang mengkaji data ponsel dari ratusan ribu orang di seluruh dunia.

Penelitian yang dipusatkan di Universitas Stanford menggunakan data menit per menit dari 700.000 orang yang menggunakan aplikasi Argus. Aplikasi Argus sendiri adalah aplikasi pemantau aktivitas pada telepon seluler. Hasil dari penelitian terungkap bahwa adanya kesenjangan di setiap negara antara penduduk yang paling rajin beraktivitas dan paling malas bergerak. Padahal seperti kita tahu, semakin besar kesenjangan itu, semakin besar pula taraf obesitasnya.

Lihat saja bagaimana negara Swedia yang memiliki kepadatan penduduk cukup menghawatirkan dan Swedia adalah salah satu negara dengan celah tersempit. Namun, Negara ini merupakan negara dengan taraf obesitas terendah dunia. Para peneliti terkejut meliahat fakta bahwa kesenjangan ini terjadi akibat aktivitas yang didorong oleh kegiatan berbasis gender. Perbandingan jumlah langkah per hari sangata nampak, fakta bahwa masyarakat umummnya paling banyak berjalan kaki pada pagi dan sore hari.

Rekomendasi untuk anda !!   The Global Inovation Index 2017 : Swiss Tampil Sebagai Negara Paling Inovatif di Dunia

Namun berbeda dengan negara negara Jepang. Hampir tidak ada kesenjangan antara  laki-laki dan perempuan di Negara ini. Dampaknya taraf obesitasnya sangat rendah, Karena Wanita dan laki-laki berolahraga sama rajinnya. Lalu Bagaimana dengan Indonesia?  Para peneliti mengungkapkan Bahwa Indonesia berada di rate tertinggi paling malas berjalan kaki.

Kalkulasi penelitian menunjukan bahwa orang-orang di Hong Kong menempati urutan teratas dalam daftar penduduk paling rajin berjalan kaki. Rata-rata publik Hong Kong berjalan kaki sebanyak 6.880 langkah setiap hari. Adapun penduduk paling malas sedunia adalah orang Indonesia yang berada pada posisi terbuncit dengan mencatat 3.513 langkah per hari.

Resiko Perempuan Obesitas karena Memiliki Kesenjangan Sosial Tinggi di Negaranya

Banyak negara yang memiliki kesenjangan sosial cukup tinggi, negara-negara seperti Indonesia, Amerika Serikat dan Arab Saudi. Dimana kaum perempuannya menghabiskan waktu lebih sedikit untuk beraktivitas dalam sehari. Ketika kesenjangan aktivitas tersebut , kegiatan perempuan berkurang jauh lebih dramatis dibandingkan kegiatan kaum pria. Karena itu, keterkaitan dengan obesitas memengaruhi perempuan lebih besar.

Rekomendasi untuk anda !!   Temuan Baru dari Sapi Untuk Mengalahkan Virus HIV

Namun perlu diketahui juga Bahwa Data ponsel memperlihatkan kota-kota yang trotoarnya lebih bagus, seperti New York dan San Francisco, penduduknya lebih rajin berjalan kaki dibanding kota-kota yang bertumpu pada kendaraan sebagai wahana berkeliling. Lihat saja di Indonesia, bagaimana fasiltas umum belum memadai, hal ini jadi salah satu faktor yang membuat Malas berjalan kaki.

Dengan dipublikasikannya hasil penelitian ini, semoga menjadi bahan acuan untuk pemerintaah memperbaiki hak pejalan kaki di negara kita. Dan dengan hasil penelitian ini juga setidaknya kita tahu bahwa Obesitas dipicu karena malas bergerak salah satunya berjalan kaki. Padahal Obesitas dapat mengakibatkan serangan jantung dan diabets. [Ali Alamsyah Putra]

Sumber Bacaan :

  • Journal Of Nature 
  • BBC News

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>