Orang Tua Harus Waspada Terhadap Mainan dan Game Yang Memata-matai Anak

1 25

Orang tua mana yang tidak bahagia melihat anaknya bahagia. Salah satu hal yang membuat anak bahagia adalah mainan. Namun, tidak semu mainan itu aman bagi anak. Karena itulah orang tua perlu ekstra hati-hati dalam memilih mainan untuk anak-anaknya. Peru orang tua tahu, bahwa banyak bagian dari mainan yang harus dipertimbangkan secara baik sebelum diberikan kepada anak. Mengapa? karena mainan bisa menimbulkan cidera, atau bahkan mengintai data anak tersebut.

Saat ini sudah banyak mainan yang bisa menibulkan cidera bagi anak. Namun, yang menghawatirkan adalah hadirnya mainan yang bisa memata-matai anak. Seperti yang di lansir Telegraph, bahwa Badan keamanan AS mengatakan : “penjahat dapat menggunakan teknologi cangih pada games dan mainan cerdas untuk mengumpulkan informasi sensitif tentang anak-anak, seperti lokasi, nama dan penampilan mereka.

Bahaya Penculikan dan Pencucian Otak

Tentu dengan teknologi yang cangih jangan sampai orang tua mengabaikan mainan yang terhubung dengan internet dan dapat membuat anak-anak “berisiko” menjadi sasaran penjahat karena pencurian identitas atau eksploitasi anak.

Perlu orang tua ketahui juga, bahwa mainan “Smart” biasanya berisi sensor, mikrofon, kamera, komponen penyimpanan data, dan kemampuan multimedia lainnya – termasuk pengenalan suara dan pilihan GPS.

Fitur-fitur ini bisanya mengambil privasi dan keamanan anak-anak yang sangat berisiko, karena banyaknya informasi pribadi yang mungkin tanpa disadari diungkapkan oleh si pengguna. Contohnya Mainan yang dapat mengumpulkan informasi pribadi seperti nama anak, sekolah, hobi, dan suka dan tidak suka, yang bisa digunakan untuk tujuan criminal.

Contoh Kasus Mainan VTech

Beberapa tahun silam, tanpa disadari ada masalah dengan Sebuah produk  mainan dari VTech.  Perusahaan ini pada tahun 2015 mengalami haking informasi. Penjahat cyber membobol VTech pada tahun 2015 dan mengakses rincian lebih dari 6,4 juta anak-anak dari 15 negara.

Contoh lain, Mainan Cerdas Fisher-Price. Salah satu mainan anak-anak yang paling populer di tahun 2015, ditemukan memiliki masalah yang bisa memberi perincian pribadi kepada peretas tentang seorang anak.

Cara menjaga Anak dari Bahaya Game dan Mainan Cerdas

Dengan begitu, orang tua disarankan untuk membaca persyaratan yang disertakan dengan mainan cerdas dan game, agar memastikan data tidak dibagikan kepada pihak ketiga. Selain itu, orang tua juga harus membaca ulasan konsumen dan membeli produk dari pembuat yang mereka percaya.

Cara lain untuk menjaga agar anak tetap aman saat menggunakan mainan cerdas atau game yaitu memastikan update keamanan terbaru selalu diterapkan. Cari produk yang menggunakan enkripsi end-to-end dan hanya menghubungkan perangkat untuk mengamankan jaringan internet seperti home Wi -Fi. Orangtua disarankan untuk memantau anak saat mereka menggunakan mainan yang terhubung  dengan internet dan mematikan perangkat saat tidak digunakan. [Ali Alamsyah]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

  1. Eltendi Dhirgan berkata

    Untuk pengguna android atau apple disarankan hanya menginstall aplikasi langsung dari google play. Jangan download file *apk yang tersedia di website website non official. Untuk menghindari kejadian spy seperti ini.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.