Take a fresh look at your lifestyle.

Orkestra Cinta Adam di Jabal Rahmah| Mencari Tuhan di Kaki Ka’bah Part- 26

38 92

City Tour di Kota Mekkah – Orkestra Cinta Adam di Jabal Rahmah. Setelah Shofi kembali ke Maktab, dua hari setelahnya, rombongan haji di mana Crhonos bergabung, merencakan melakukan city tour. Mereka akan berkunjung ke beberapa tempat bersejarah dalam dunia Islam di Mekkah. Crhonos sendiri sedikit banyak telah merasa fresh. Terlebih ketika Shofi kelihatan lebih segar dibandingkan dengan beberapa minggu sebelumnya.

Semalaman sepulang dari rumah sakit, Crhonos tidur pulas. Ia mulai merencanakan untuk ikut mengunjungi tempat-tempat tertentu, yang dalam berbagai literatur, sering dianggap memiliki nilai historisnya sendiri. Pada hari itu, mereka akan mengunjungi jabal nur, jabal rahmah, Masjid Namirah, Ji’ranah dan jabal qurban. Ke tempat-tempat inilah mereka akan bergerak.

Saat itu, masing-masing jama’ah sudah bebas memakai pakaian apapun. Kebanyakan jama’ah memakai topi wisata dan kaca mata hitam. Tas yang dibawa kebanyakan hanya bersipat hand carry. Jama’ah tampak menunjukkan jati dirinya sebagai manusia yang dalam anggapan kita, tentu semua hujjaj baru, memperoleh kemabruran dalam pelaksanaan ibadah haji.

Terik Matahari yang menyentuh angka 45 derajat celsius, terasa tidak ramah bagi masyarakat yang biasa tinggal di daerah tropis. Terlebih saat itu, banyak sekali angin yang menyebabkan debu berterbangan dengan begitu bebasanya. Jika tidak memiliki stamina yang kuat, sangat  mungkin terken penyakit demam dan filek berat. Tampak beberapa haji yang berasal dari negara tetangga Arab, mulai meninggalkan Kota Mekkah. Jama’ah haji asal Indonesia, tidak sedikit yang pulang ke Indonesia, atau mereka yang berangkat ke Medinah.

Di Jabal Nur Membayangkan Nabi Muhammad

Sebelum berangkat city tour, yang rencananya akan dimulai ke Jabal Nur [gunung cahaya], Crhonos dipanggil Shofi. Tangan Shofi menggapai dengan lembut memanggil anaknya. Ia dinasehati bapaknya tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan saat sampai ke tempat penuh nilai sejarah dalam dunia Islam. Di antara Nasihat Shofi itu adalah keinginannya agar anaknya benar-benar dapat mengimaginasi Nabi Muhammad dalam rukun hidup. Inilah Nabi fenomenal, kata Shofi. Kamu mesti mampu melakukan asosiasi atas kehadirannya di tempat di mana kamu mengunjunginya.

Muhammad adalah Nabi yang menjadi cincin [pemimpin] para Nabi dan rasul. Ia menjadi pemimpin bagi seluruh kenabian dan kemanusiaan sekaligus. Dialah sosok yang menjadi asas bagi terciptanya seluruh ciptaan Tuhan dalam suatu nalar filosofi mirar al Allah. Dengan nafas yang terus tersengau, Shofi berkata:

“Anak-ku. Jabal Nur, sering disebut sebagai Jabal Hira’. Menurut sejarah yang berhasil aku baca, jarak antara Kota Mekkah dan gunung dimaksud, diperkiarakan sekitar 6 kilo meter. Ia Terletak di bagian Utara kota Mekkah. Ketinggian gunung dimaksud kurang lebih 200 meter. Di bawahnya terdapat telaga yang tidak berair. Panjangnya 8 meter dengan kedalaman 6 meter.  Diperkirakan sekitar 20 meter dari puncak Jabal Nur, di situlah terdapat Gua Hira. Ia adalah gunung yang sangat bersejarah karena di situlah wahyu pertama turun kepada Nabi Muhammad.”

Sejujurnya, aku ingin ke sana. Tetapi, kamu tahu, aku tidak boleh banyak gerak. Menghindari sekuat mungkin debu yang menempel ke dalam rongga mulut dan hidungku. Karena itu, biarlah aku di sini. Bawa ibumu. Ajak dia berwisata religi. Jaga dia. Anggap saja bahwa dia menjadi anak-mu dalam konteks menjaganya. Pasti banyak yang dia tanyakan.

Sama banyaknya, ketika dia melihat sesuatu, dia ingin memilikinya.  Bayangkan ketika ibumu merengek, bahwa itu adalah rengengakkanmu kepadanya sewaktu masih kecil. Belilah apa yang dia inginkan, sama seperti ibumu yang selalu membeli apa saja yang kamu inginkan sewaktu masih kecil. Ini uang … aku masih punya. Dengan meneteskan air mata, Crhonos berkata:

Tidak perlu pak … aku masih punya uang. Jauh lebih banyak daripada uang yang bapak pegang. Pegang saja itu buat bapak. Bapak ingin dibeliin apa dari sana. Ia menggelengkan kepala. Tidak ada. Aku bukan saja tidak memiliki hasyrat akan apapun, tetapi, bahkan aku tak lagi memiliki kuasa termasuk atas diriku sendiri. Janganlah kau sombong berjalan di sana. Di situlah Nabi kita menjalani titah kerasulannya.

Begitu sampai di jabal nur, Crhonos membayangkan bagaimana Nabi Muhammad masuk ke dalam gua hira. Gua yang hanya mampu diisi tidak kurang dari 3 orang untuk melaksanakan shalat didalamnya. Arah gua ini, persis menembus Ka’bah. Ia membayangkan bagaimana Nabi diangkat menjadi seorang Nabi sekaligus seorang rasul. Di sinilah kata Crhonos Islam meletakkan dirinya sebagai agama tauhid, sekaligus agama perjuangan kemanusiaan.

Di Jabal Rahmah Kutuliskan Kesetiaanku

Selesai dari jabal Nur, jamaah bergerak menuju Jabal Rahmah [gunung kasih sayang]. Inilah gunung yang sewaktu Crhonos sangat belia, diyakini sebagai tempat di mana Adam dan Hawa dipertemukan kembali oleh Tuhan. Namun, setelah ia menjadi dewasa, keyakinan di mana nenek moyangnya itu berrtemu di gunung ini, tidak terlampau kuat diyakininya.

Gunung ini terletak di padang Arafah. Suatu arena di mana Adam dan Hawa, menurut Crhonos dewasa, sadar akan kesalahan yang dilakukan mereka. Di tempat ini, Adam mengakui berbagai kesalahannya dan merencanakan untuk tidak mengulanginya. Sementara itu, Gunung dengan ketinggian mencapai 32 meter dengan panjang 300 meter ini, diyakini Crhonos sebagai tempat memadu kasih sayang antara Adam dan Hawa.

Gunung yang menyimpan banyak batu besar ini, membalut romantisme kamanusiaan. Suatu orkestra cinta dua insan yang menemukan Tuhan sebagai sebenar-benarnya Tuhan. Tuhan yang melingkupinya dan melingkupi seluruh jagad raya. Tuhan yang bukan hanya sekedar membentuk dirinya dalam wujud fisik kemanusiaan, tetapi, juga memberinya bekal dan potensi dirinya sebagai hamba Tuhan. Di puncak gunung kasih sayang, Crhonos menuliskan sesuatu:

Ya Allah di gunung ini, aku menuliskan sesuatu yang menurutku sangat berharga. Aku ingin mengatakan bahwa, kasih sayang yang pernah dibalutkan hamba-Mu, Adam dengan istrinya, Hawa, telah menjadi penentu sejarah kemanusiaan. Karena cinta merekalah, kami ada. Karena mereka pula dunia dan berbagai orkestra hidup tersedia. Jadikanlah kami dalam golongan hamba-Mu yang selalu memuja kasih sayang kemanusiaan, sebagai refleksi atas kememuajaanku kepada cintah dan kasih sayang-Mu.

Di bawah dan di sekitar jabal rahmah, terhampar batu-batu besar. Di sekitarnya terdapat sebuah masjid yang terbuka. Di sinilah Nabi Muhammad melakukan wukuf sambil berkendaraan di atas untanya. Unta bernama Qush Waa’ selalu menjadi saksi ketulusan penghambaan Muhammad atas Tuhannya. Masjid ini sering disebut dengan nama Ash Shakh Raat.

Setelah itu, jamaah juga dituntun masuk ke Masjid Al Khief.  Ini adalah Masjid Jami’ di Mina. Biasanya, digunakan untuk shalat berjamaah di hari raya haji, dan shalat berjamaah di hari-hari Tasyrik. Masjid ini dianggap memiliki kelebihan, karena dalam salah satu hadist, Nabi Muhammad dalam periwyatan Imam Thabrani dari sanad Ibnu Abbas menyebutkan bahwa Rasululah bersabda:  “Telah shalat di masjid khief sebanyak 70 Nabi. Salah satu di antara Nabi dimaksud adalah Nabi Musa”

Crhonos terus termangu, membayangkan di mana dan dalam bentuk apa, para Nabi itu melaksanakan shalat. Ia kemudian berdiri dengan tegap, lalu menyatakan Allah Maha Besar ….. By. Charly Siera –Bersambung

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

  1. Lenny Erdiani Choerun Nissa berkata

    Di part 26 ini sofi menasehati chronos supaya ketika ia tiba di jabal nur dan jabal rahmah ia terus mengingat perjuangan rasululullah dalam menegakan agama islam. Shofi juga berpesan kepada chronos agar selalu menjaga ibunya dengan baik.

  2. Rif'atul Ula berkata

    Dari Part ini mengajak Kita agar,mencintai sesuatu karena Allah SWT. Mencintai makhluk sebagai upaya perwujudan cinta Kita kepada Allah SWT. ALLAHU AKBAR

  3. dezidni tazqiah MPI 3s berkata

    Assalamualaikum. Dalam novel part 26 ini Crhonos telah merasa fresh. Terlebih ketika Shofi kelihatan lebih segar dibandingkan dengan beberapa minggu sebelumnya karna dia di larikan di rumah sakit. Chornos dan keluarga beserta rombongan hajinya berencana untuk melakukan city tour untuk berkunjung ke beberapa tempat bersejarah dalam dunia islam. Akan tetapi Shofi tidak trmengikuti city tour karena dokter berpesan agar tidak banyak bergerak. terimakasih

  4. dezidni tazqiah MPI 3s berkata

    Assalamualaikum. Dalam novel part 26 ini Crhonos telah merasa fresh. Terlebih ketika Shofi kelihatan lebih segar dibandingkan dengan beberapa minggu sebelumnya karna dia di larikan di rumah sakit. Chornos dan keluarga beserta rombongan hajinya berencana untuk melakukan city tour untuk berkunjung ke beberapa tempat bersejarah dalam dunia islam. Akan tetapi Shofi tidak mengikuti city tour karena dokter berpesan agar tidak banyak bergerak.

  5. fajar maulana berkata

    Menyebutkan asal mula gua Hira yakni “Anak-ku. Jabal Nur, sering disebut sebagai Jabal Hira’’. Menurut sejarah jarak antara Kota Mekkah dan gunung dimaksud, diperkiarakan sekitar 6 kilo meter. Ia Terletak di bagian Utara kota Mekkah. Ketinggian gunung dimaksud kurang lebih 200 meter. Di bawahnya terdapat telaga yang tidak berair. Panjangnya 8 meter dengan kedalaman 6 meter. Diperkirakan sekitar 20 meter dari puncak Jabal Nur, di situlah terdapat Gua Hira.. Ya gua Hira merupakan Gua tempat Nabi tahanuts.

  6. Siti Hamidah Tadris IPS A / 1 berkata

    Dalam part 26 ini, menceritakan suasana setelah selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji. Setelah keluarga shofi selesai melaksanakan runtutan ibadah haji, sekarang mereka mengunjungi tempat-tempat penuh history. Salah satunya adalah jabal rahmah tempat bertemunya nabi adam dan siti hawa.

  7. Elok Firdausiana berkata

    Dibagian part 26 ini, akhirnya kondisi Shofi mulai membaik, selanjutnya Chornos dan keluarga beserta rombongan hajinya berencana untuk melakukan city tour untuk berkunjung ke beberapa tempat bersejarah dalam dunia islam, namun hanya Shofi yang tidak ikut karena pesan dokter agar Shofi tidak boleh kelelahan dan untuk sementara Shofi diperintahkan untuk istirahat. Chornos dan keluarga terlihat lebih fresh stelah melihat keadaan Shofi yang membaik dibandingkan dengan beberapa minggu sebelumnya. Dalam city tour Chornos dan keluarga disajikan mengenai cerita2 sejarah Nabi disetiap tempat yang mereka kunjunginya.
    Di dalam part ini juga bahwasannya kita harus tetap menghormati dan mengayomi orang tua kita yang usianya sudah lanjut dan semakin hari sifatnya seperti kekanak-kanakan seperti halnya kita dulu waktu masih kecil, kita sebagai anak harus mampu mengayomi orang tua kita yang usianya sudah lanjut sebagai bakti kita terhadap orang tua kita

  8. Sukinih berkata

    setelah saya membaca novel part 4 ini. banyak pelajaran dan hikmah uang kita ambil dan kita harus berusaha dalam keadaan apapun atau masalah yang diberikan oleh allah swt larena sesungguhnya allah selalu bersama orang orang yang sabar . dan akan tetapi lagi bahwa akan kembali bahwa semuanya pasti ada hikmahnya.

  9. Aida Nur Aisyah berkata

    Assalamu’alaikum wr.wb
    Bismillahirahmanirahim
    Pada part 26 ini, keadaan Shofi mulai membaik. Namun, Shofi tidak mengikuti city tour karena dokter berpesan agar tidak banyak bergerak. Selama city tour, Chronos dan keluarga disuguhkan sejarah perjuangan nabi Muhammad SAW.
    Dalam part ini pula kita diajarkan bahwa akan ada saatnya dimana orangtua kita akan semakin lanjut usia dan sifatnya menjadi kekanak-kanakan. Di saat seperti itu, kita harus tetap mengayominya. Ingatlah bahwa dulu juga kita seperti itu kepada orang tua kita.
    Sekian
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  10. M. DIDI WAHYUDI berkata

    Semalaman sepulang dari rumah sakit, Crhonos tidur pulas. Ia mulai merencanakan untuk ikut mengunjungi tempat-tempat tertentu, yang dalam berbagai literatur, sering dianggap memiliki nilai historisnya sendiri.

  11. Isah Siti Khodijah berkata

    Bismilahirahmanirahim
    Asalamualaikum wr wb
    Semua jamaah melakukan Tour City ke tempat2 bersejarah dalam dunia Islam. Mereka akan mengunjungi Jabal Nur, Jabal Rahma, Masjid Namira, Ji’ranah dan Jabal Qurban.
    1. Di jabal Nur membayangkan Nabi Muhammad. Jabal nur sering disebut, jabal Hira’ , Chronos membayangkan bagaimana Nabi diangkat menjadi Seorang Nabi sekaligus Rasul. Maka, kita sebagai umat Nabi harus menjungjung tinggi pengorbanan nabi kepada kita semua, cintailah Allah dan Nabi nya.
    2. Di jabal Rahmah kutuliskan Kesetiaanku. Tempat dimana Adam dan Hawa dipertemukan. Ditempat inipun Adam mengakui berbagai kesalahannya dan tidak mengulangnya.
    Begitu banyak pelajaran yang dapat saya ambil dari pelajaran di part ini, yakni kita harus memiliki kesetiaan yang tulus kepada pasangan kita dan jangan sekali kali melanggar perintah Allah swt.
    Terimakasih
    Wasalamualaikum wr wb

  12. Farrin nurul aina berkata

    Para jamaah melaksanakan city tour yant dimulai dari jabal nur yaitu di gua hira dimana tempat pertama Nabi mendapatkan wahyu pertama. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke jabal Rahma tempat bertemunya Adam dan Hawa. Dari kisah Adam dan Hawa kita bisa tau sejauh apapun kita dipisahkan dengan seseorang apa bila dia memang jodoh kita Allah akan mempertemukan kembali dengan cara-Nya yang kita saja tidak menduga. Takdir Allah memang indah untuk hamba-hambanya yang selalu taat

  13. Farrin nurul aina berkata

    Para jamaah melaksanakan city tour yant dimulai dari jabal nur yaitu di gua hira dimana tempat pertama Nabi mendapatkan wahyu pertama. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke jabal Rahma tempat bertemunya Adam dan Hawa. Dari kisah Adam dan Hawa kita bisa tau sejauh apapun kita dipisahkan dengan seseorang apa bila dia memang jodoh kita Allah akan mempertemukan kembali dengan cara-Nya yang kita saja tidak menduga.

  14. Fifit Fitri Nur'aeni/Ips/1B berkata

    Assalamualaikum
    Pada pary 26 semua jamaah melakukan tour mendatangi tempat bersejarah dan wajah sofie pun begitu segar dari sebelumnya . Sofi tetap menyampaikan hadist hadist kepada chranos.
    Setelah itu, jamaah juga dituntun masuk ke Masjid Al Khief. Ini adalah Masjid Jami’ di Mina. Biasanya, digunakan untuk shalat berjamaah di hari raya haji, dan shalat berjamaah di hari-hari Tasyrik. Masjid ini dianggap memiliki kelebihan.

  15. Silmy Awwalunnis
    Silmy Awwalunnis berkata

    Setelah Shofi kembali ke Maktab, rombongan Crhonos melakukan city tour ke beberapa tempat bersejarah dalam dunia Islam di Mekkah. salah satunya adalah Jabar Nur lalu shofi berkata “Anak-ku. Jabal Nur, sering disebut sebagai Jabal Hira’. Menurut sejarah yang berhasil aku baca, jarak antara Kota Mekkah dan gunung dimaksud, diperkiarakan sekitar 6 kilo meter. Ia Terletak di bagian Utara kota Mekkah. Ketinggian gunung dimaksud kurang lebih 200 meter. Di bawahnya terdapat telaga yang tidak berair. Panjangnya 8 meter dengan kedalaman 6 meter. Diperkirakan sekitar 20 meter dari puncak Jabal Nur, di situlah terdapat Gua Hira. Ia adalah gunung yang sangat bersejarah karena di situlah wahyu pertama turun kepada Nabi Muhammad.” yang merupakan pembelajaran serta pendidikan kempali untuk chronos.

  16. Muhamad Udin berkata

    Bismillahirrohmanirrohim
    dalam part ini nilai pelajaran yang kita dapat ambil yaitu ketika shofi berbicara, Bayangkan ketika ibumu merengek, bahwa itu adalah rengengakkanmu kepadanya sewaktu masih kecil. Belilah apa yang dia inginkan, sama seperti ibumu yang selalu membeli apa saja yang kamu inginkan sewaktu masih kecil.

  17. Indah kusumawati (mpi-4) berkata

    Part 26. Keadaan pak shopi membaik, setelah 2 hari sepulangnya dari rumah sakit para jamaah melakukan aktivitas tour city di mekkah. Tpi pak shopi tidak ikut, karena harus menjaga kesehatannya deng beristrahat. Pak shopi berpesan kpd cronos untuk mengajak ibunya saja dan apapun yg ia minta kabulakan sja seperti waktu cronos kecil yg meminta apapun ibunya selalu memenuhi keinginannya. Lalu pak shopi tak lupa untuk menasehati anaknya itu agar tidak berjalan dengan kesombongan karena tempat yg akan di kunjungingya itu penuh dengan hostori para nabi yg menghamba kepada Allah swt tanpa ada rasa sombong. Dan cronos menuruti nasehat bapaknya itu. Tmpat yg akan di kunjungi adalah jabal nur jabal rahmah. Jabal nur adalah gunung suci dan jabal rahmah adalah gunung kasih sayang dmn adam dan hawa di situ di pertumakan. Cronos terus berdoa di tempat sejaraha itu untuk mendapatkan segala kebaikan dan mendapatkan rahmat dari allah. Subhanallah

  18. Siti Sutihatin MPI/4 berkata

    Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan ibadah haji, para jamaah, termasuk Crhonos dan keluarganya, mengikuti city tour mengunjungi berbagai tempat bersejarah. Salah satunya adalah jabal rahmah yang diyakini sebagai tempat di mana Adam dan Hawa dipertemukan kembali oleh Tuhan.

  19. Fera Agustina -MPI/4 berkata

    Dalam part 26 ini agendanya rombongan haji Crhonos bergabung, merencakan melakukan city tour. Mereka akan berkunjung ke beberapa tempat bersejarah dalam dunia Islam di Mekkah. Dan alkhamdulillah ke adaan shofi mulai membaik

  20. Rahmat Maulana (MPI-4) berkata

    Dalam part 26 ini, keadaan shofi pun mulai membaik, ketika itu rombongan haji melakukan kunjungan ketempat-tempat bersejarah yang berada di sekitar wilayah arab salah satunya yaitu jamal rahmah (gunung kasih sayang). Dan dalam novel part ini crhonos sudah mulai tidak merasakan kegelisahan dan kekhawatirannya lagi karena melihat shofi ada dalam keadaan senang dan bersemangat dalam ibadahnya terutama dalam hal kesehatan yang mulai membaik.
    Mudah-mudahan kita semua senantiasa bisa mengingat AllahSWT. dimanapun kita berada.
    Mudah-mudahan kita semua senantiasa bisa mengingat Allah.

  21. Firman Maulana mpi smt 4 berkata

    Part 26
    Alhamdulillah kesehatan shofi menjadi sedikit membaik dan meskipun dengan terpaksa ia harus tidak mengikuti rombongan chronos yg sesang menuju perjalanan ke city tour, dalam part ini bisa kita ambil pelajaran bahwa meskipun kita sedang melakukan city tour kita harus tetap menjaga kekhusyuhan dalam menjalankan ibadah.

  22. MAFTUHAH MPI/4 (1415109011) berkata

    setelah shofi dan crhonos kembali ke maktab, keesokan harinya rombongan haji akan melakukan city tour yang akan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dalam dunia islam yang ada di mekkah. tempat pertama yang dikunjungi yaitu jabal nur, setelah sampai di jabal nur kemudian shofi memanggil crhonos dan memberi nasihat kepada crhonos tentang apa yang harus dilakukan di tempat itu. setelah dari jabal nur, kemudian rombongan haji menuju ke jabal rahmah tempat dimana nabi adam dan siti hawa dipersatukan kembali

  23. siti halimah MPI/4 berkata

    Bismillahirrahmanirrahim, , part 26
    Jabal nur merupakan sebuah gunung dimana rasulullah diberi wahyu dan disipula chronos membayangkan seperti apakah rasulullah itu. Dan jabal rahmah merupakan gunung kasih sayang dimana adam dan hawa dipertemukan, chronospun menuliskan pesan yang menurutnya sangat berharga

  24. Sri Rahayu MPI/4 (1415109025) berkata

    Bismillah……..
    Pada part 26 ini yang dapat saya cermati adalah kebahagian pada diri Shofi, Chronos, Vetra dan Siti, karena mereka dalam keadaan sehat dan segar setelah lelah melaksanakan rangkaian ibadah haji dan semua itu dikerjakan dengan penuh tawakal kepada Allah SWT. Dengan demikian mereka pun merencanakan untuk mengunjungi tempat-tempat yang memiliki sejarah yang tinggi.
    Barokallah…………..

  25. Asiro (1415109002) MPI/4 berkata

    Bismillahirrahmaanirrahiim…
    Dalam novel part 26 ini yang berjudul “Orkestra Cinta Adam di Jabal Rahmah”, membuat Chronos berimajinasi akan kesucian cinta dan romantisme adam dan istrinya (hawa) yang dipertemukan kembali di jabal Rahmah (gunung kasih sayang) yang menorehkan sejarah adanya jemaah haji hadir disitu, selain itu juga Crhonos membayangnkan bagaimana kenabian Nabi Muhammad dengan untanya berada di jabal nur (gunung cahaya).

  26. Winda Dwi Nurrachmawati (1415109032) MPI-4 berkata

    Dalam part 26 ini, menceritakan suasana setelah selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji. Setelah melaksanakan ibadah haji chronus dan keluarga melaksanakan perjalanan spiritual ketempat-tempat yang penuh historis. Karena setelah dua hari shofi dirawat dirumah sakit keadaannya sudah lebih baik dari sebelumnya shofi tidak ikut serta dalam perjalanan spiritualitas ketempat-tempat penuh historis. Salah satunya Jabal Rahmah salah satu tempat yang memiliki histori yang tinggi. Namun, sebelum chronus jalan untuk perjalanan city tour banyak terjadi perbincangan mengenai sejarah-sejarah islam shofi kepada chronus dan beberapa pesan shofi disampaikan kepada chronus slah satunya ialah imajinasi mengenai Rasulullah dalam kehidupan.

  27. Ega Sugandi (1415109003) MPI/4 berkata

    keluarga cronos beserta rombongan berencana melakukan city tour ke tempat-tempat bersejarah diantaranya Pada hari itu, mereka akan mengunjungi jabal nur, jabal rahmah, Masjid Namirah, Ji’ranah dan jabal qurban.namun city tour ini tidak diikuti oleh shofi karena tubuhnya yang sudah lemah takut akan membuat kesehatanya melemah jadi shofi berpesan kepada anaknya untuk mememani ibunya dan menjaganya seraya memngingat ia waktu masih kecil, crhonos meneteskan air matanya karena apa yang telah dikatakan oleh shofi, lalu crhonos dan rombongan pergi menuju ketempat-tempat yang bersejarah yang mempunyai cerita yang didalamnya tersimpan jejak jenak para nabi dan rasul

  28. Sri Hardianti MpI/4-1415109024 berkata

    bismillah…
    dalam part dua puluh enam ini setelah shofi kesehatannya lumayan membaik, keluarga choronos akan melaukan city tour mereka yaitu ke temapt tempat penuh dengan sejarah disana,seperti jabal rahmah, jabal nur, masjid namirah dan lain sebagainya..
    shofi sangat bersemangat melaksanakan solat solat disana pun chronos.

  29. Nur Aliffah MpI/4 berkata

    dalam part 26 ini, rombongan jama’ah haji melakukan city tour. dalam city tour ini kekhusuan ibadah kita tidak boleh berkurang, kita harus tetap khusus dalam melaksanakan ibadah haji.

  30. Muhammad Yasir Arafah MPI/4 (1415109012) berkata

    Bismillahirrahmanirrahim, pada part ini keadaan shofi mulai membaik. Agenda keluarga chronos dan rombongan yaitu city tour, atau melakukan kunjungan ketempat-tempat yang bersejarah yang berada di Makkah. Rona bahagia terpancar dari muka chronos yang bisa melihat shofi bisa membaik.

  31. dinny alfiana. s MPI4 berkata

    dalam part 26 ini, rombongan jamaah haji yang diikuti Chronos dan keluarga berniat untuk melakukan city tour, yang mana perjalanan kali ini akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah bagi umat islam seperti jabal rahmah, jabal nur, masjid namirah dsb. sebelum perjalanannya, shofi memberikan pesan pada anaknya, chronos untuk benar-benar dapat mengimaginasi Nabi Muhammad dalam rukun hidup. dan Shofi berharap agar anknya itu mampu melakukan asosiasi atas kehadiran Muhammad di tempat di mana ia mengunjunginya.

  32. Siti Nurbaeti (1415109022)-MPI/4 berkata

    Alhamdulillah kesehatan Shofi mulai membaik meskipun dengan terpaksa ia tidak mengikuti city tour tersebut. Dengan membaca part 26 dalam novel ini saya mendapatkan pelajaran bahwa sekalipun kita sedang city tour tapi kekhusyukan harus tetap ada

  33. Wiwin Darwini MPI/4 berkata

    Setelah melaksanakan haji para rombongan haji melakukan city tour, mereka berkunjung kebeberapa tempat bersejarah dalam islam yang ada disana. Ketika berada di jabal Nur, Crhonos membayangkan bagaimana dahulu Nabi Muhammad masuk ke dalam gua hira. Gua yang hanya mampu diisi tidak kurang dari sekitar 3 orang. Ia membayangkan bagaimana Nabi diangkat menjadi seorang Nabi sekaligus seorang rasul. Crhonos beranggapan bahwa disinilah Islam meletakkan dirinya sebagai agama tauhid, sekaligus agama perjuangan kemanusiaan. Masya Allah, Allah maha Besar…

  34. Yunita Nur RahmawatiMPI/4 (1415109034) berkata

    Alkhamdulillah pada akhirnya kondisi shofi membaik dan membuat chronos beserta keluarganya bahagia dan rombongan haji melakukan city tour ke tempat-tempat bersejarah diantaranya jabal rahmah tempat bertemunya nabi adam dan siti hawa, jabal nur, Masjid Namirah, Ji’ranah dan jabal qurban dan Setelah dari jabal nur para jamaah menuju jabal rahmah, yang mana ditempat inilah nabi adam bertaubat dan berjanji tidak akan mengulangi dosanya.

  35. pujiatii/MPI4 berkata

    city tour, mengunjungi tempat-tempat bersejarah peningggalan nabi Muhammad seperti jabbal nur dan jabbal rahmah, shofi banyak memberikan beberapa nasihat kepada chronos mengenai pentingnya nilai-nilai sejarah, dan Di antara Nasihat Shofi itu adalah keinginannya agar anaknya benar-benar dapat mengimaginasi Nabi Muhammad dalam rukun hidup, chronos benar-benar sangat menikmati perjalanan city tournya dengan mengimajinasikan bagaimana ketika Nabi muhammad diangkat menjadi seorang nabi dan Rasul, dan bagaimana saat adam dan hawa dipertemukan kembali oleh Tuhan. keadaan ini membuat chronos masih termangu dan menikmati beberapa kejadian yang pernah terjadi dulunya dengan imajinasi.

  36. Lu'lu Atul alawiyah (1415109010) MPI/4 berkata

    Bismillahirrohmanirrohim…
    alhamdulillah kesehatan shofi pun semakin membaik. Para jamaah haji pun berkeinginan untuk berkunjung ke tempat-tempat sejarah salah satunya yaitu jabal rahmah. tempat ini menjadi tempat bertemunya Adam dan Hawa, Jabal Rahmah juga memiliki banyak keistimewaan salah satunya, bukit ini menjadi tempat diturunkannya wahyu terakhir kepada Nabi Muhammad SAW tatkala Beliau melakukan Wukuf. Wahyu tersebut termuat dalam QS Al-Maidah (5): 3 yg artinya ” Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku ridhai Islam itu jadi agama bagimu.”

  37. uyunurrohmah MPI semester4 berkata

    Alhamdulillah kesehatan shofi mulai membaik dan keluarga shofi mulai fresh dan semangat untuk mengikuti city tour ketempat bersejarah di kota Makkah. Rencananya city tour para jamaa ke jabal nur, jabal rahmah, masjud namirah, ji’ranah dan jabal quban. Pada saat di jabal nur chronos mulai berpikir tentang nabi muhammad ketika berada di gua hira’ di jabal nur. Gua hira hanya bisa dimasuki oleh tiga orang dan chronos melaksanakan shalat di gua tersebut. Setelah dari jabal nur para jamaah menuju jabal rahmah, yang mana ditempat inilah nabi adam bertaubat dan berjanji tidak akan mengulangi dosanya. Dan pada tempat ini pula nabi muhammad wukuf dengan mengendarai untanya yang dinamakan Qush Waa’ . Setelah itu para jamaah menuju masjid khief yang terletak di sekitar jabal rahmah yang mana rasul pernah bersabda “telah shalat di masjid khief ini 70 nabi salah satunya nabi Musa.

  38. Ririn Nur'aeni (MPI/4) berkata

    bimillah di part 26 inii..
    kesehatan shofi mulai membaik, keluarga cronos beserta rombongan berencana melakukan city tour ke tempat-tempat bersejarah diantaranya jabal rahmah tempat bertemunya nabi adam dan siti hawa, jabal nur, Masjid Namirah, Ji’ranah dan jabal qurban. Setelah itu, jamaah juga dituntun masuk ke Masjid Al Khief. Ini adalah Masjid Jami’ di Mina. Biasanya, digunakan untuk shalat berjamaah di hari raya haji, dan shalat berjamaah di hari-hari Tasyrik. Masjid ini dianggap memiliki kelebihan.