Orkestra Rumah Tangga, Ciptakan Persepsi Positif dari Kegaduhan

0 18

Pernak-pernik rumah tangga selalu berwarna dan tidak akan pernah satu warna selamanya. Perbedaan warna itu yang akan menjadikan rumah tangga itu dinamis dan selalu mendorong pembaruan cinta dan kasih sayang antara suami, istri dan anak.

Warna-warni rumah tangga itu dapat menjelma sebagai sebuah ketegangan dalam komunikasi suami dan istri, perbedaan persepsi dalam mendidik anak, mis komunikasi dalam penggunaan uang belanja, tuntutan liburan yang belum terpenuhi oleh sang suami, kesibukan kerja yang menyita acara keluarga, beda pilihan barang yang dibeli, dan banyak hal yang menjadikan percikan ketegangan rumah tangga.

Ketegangan itu muncul tenggelam seiring egoisme diantara suami istri yang kadang pasang dan terkadang surut. Semuanya dapat diselesaikan ketika keduanya dapat menemukan satu titik komitmen tentang sisi lain perbedaan itu ada kesamaan.

Pernak-pernik, warna-warni sampai ketegangan dalam rumah tangga merupakan satu keniscayaan yang dialami oleh siapapun yang melalu rumah tangga itu. Ibarat sendok dan piring, ketika keduanya digunakan maka tidak mungkin tidak menghasilkan suara gemerincing, denting, atau bising. Gemerincing, dentingan dan kebisingan suara yang dihasilkan dari peraduan antara sendok dan piring bukanlah sebuah keributan yang tidak wajar, namun suara itu menunjukkan aktivitas makan yang menghantarkan seseorang kenyang.

Nasi dan lauknya diambil oleh sendok, dihantarkan oleh tangan ke  mulut lalu dilahap makanan itu, kenyanglah perut. Adapun sentuhan dan gesekan antara sendok dan piring tercipta karena sinergitas antara keduanya untuk menciptakan satu aktivitas yang produktif.

Analogi di atas dapat dipahami bahwa dalam berumahtangga tidaklah selamanya harus mulus tanpa ketegangan dan gesekan beberapa saat. Semuanya semata-mata untuk memperkuat daya nalar suami dan istri untuk lebih mengenal karakter satu sama lain. Ketegangan karena perbedaan persepsi itu harus dikelola dengan baik dan segera dirunut titik masalah yang menjadi penyebab, yang pada akhirnya suami istri dapat menyadari bahwa semuanya akan menjadi vitamin untuk kesehatan dalam rumah tangganya.

Ciptakan Persepsi Positif dari Kegaduhan

Seramai apapun dalam rumah tangga, suami dan istri yang dalam hal ini bertindak sebagai leader dan manager. Harus selalu kompak dan bersinergi dalam membangun persepsi publik. Kegaduhan dan keributan dalam rumah tangga tidak boleh bocor sampai mengakibatkan tetangga tahu masalah di dalam itu. Kegaduhan yang terjadi cukup suami dan istri yang tahu.

Publik harus tetap memiliki persepsi positif terhadap rumah tangga internal itu. Ciptakan bahwa ketika tetangga tahu pun gemerincing sendok, garfu dan piring itu semata-mata bahwa anggota keluarga ramai bahagia karena sedang menyantap hidangan yang nikmat. Persepsi itu harus dibangun agar tetangga tetap memiliki penilaian positif meskipun kegaduhan itu terjadi.

Orkestra rumah tangga memang unik. Ia tidak mudah diciptakan tetapi pasti ada. Kunciny adalah komitmen suami istri yang senantiasa siap menghadapi berbagai kondisi rumah tangga. Pada satu sisi bisa saja terjadi posisi ketidakstabilan terjadi pada diri suami, maka sang istri harus mampu menenangkan dan mengajak kembali ke dunia harmonis penuh kehangatan.

Begitu pula ketika posisi terganggu secara psikologi sang istri, suami harus mampu menghantarkan istri sebagai pribadi yang penuh penghormatan, penuh kemanjaan dan penuh kelembutan. Ketegangan diantara suami dan istri akan menjadi hal menarik jika salah satunya siap untuk mengalah. Keutuhan rumahtangga itu milik keduanya, tidak salah satunya. Orkestra itu harus senantiasa mengalun manis dengan ritme yang penuh harmoni, sehingga siapapun yang mendengar dendangan melodi rumahtangga itu tetap indah untuk didengar. Orkestra rumah tangga harus diciptakan tapi jangan berlebihan sehingga hilang makna dan mengurangi derajat kemesraan itu.[Nanan Abdul Manan]


Tentang Penulis

Nanan Abdul Manan, lahir di Kuningan tanggal 11 Februari 1982. Penulis adalah Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan. Untuk mengetahui lebih lengkap Lihat Biografi Lengkapnya

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.