Pahami Apa Itu CPM Facebook dan Cara Meningkatkannya

Banyak yang kurang paham apa itu cpm facebook, bagi yang menjalankan iklan di Facebook perlu untuk memahaminya. CPM fb adalah biaya yang ditanggung pertayangan iklan. Menghitung rata-rata CPM dapat melacak keperluan optimalisasi kampanye.

Ads umumnya memuat sejumlah iklan atau headline dan lain-lain. Di dalamnya terdapat beberapa opsi pembayaran untuk menjalankan iklan di beberapa media sosial atau website. Kemudian agar memahami lebih lanjut, yuk simak bahasan di bawah!

Pengertian dari CPM di Facebook

Bingung apa itu cpm facebook, apa artinya dan apa kegunaannya? CMP singkatan dari cost per mille. Umumnya CPM adalah tagihan yang akan dibayarkan per tayangan iklan pada Facebook Ads. CPM ini merupakan perhitungan metrik untuk seribu impression pendapatan iklan.

Dalam istilah marketing digital, cpm digital marketing merupakan besaran biaya yang dibayar perusahaan untuk tiap iklannya jika mendapat 1.000 tayangan. Jadi CPM facebook adalah salah satu metode yang dipakai untuk menentukan harga iklan.

Apakah CPM di Facebook itu Penting?

Setelah tahu apa itu cpm facebook, berikutnya apakah CPM ini penting? CPM iklan sangat berperan penting. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa CPM adalah salah satu metode untuk menentukan harga.

Selain itu, CPM juga berperan penting untuk meningkatkan brand awareness pada tujuan iklan. Hal ini berkaitan dengan iklan yang ditampilkan nantinya akan mencolok pada sebuah website atau platform lain. Sehingga, tanpa harus mengetuk iklan, pembaca sudah tahu.

Adanya CPM ini juga membuat perusahaan dapat membandingkan efektifitas pemasangan iklan. Pengiklan dapat melihat performa iklan yang ditayangkan. Dengan begitu, apabila terdapat angka CPM renda di beberapa platform, maka dapat ditingkatkan pada platform tersebut.

Rata-Rata CPM di Facebook

Adapun CPM di Facebook ini beragam dan tergantung pada beberapa industri. Namun, CPM dapat berkisar pada 11 dollar dan paling rendah pada 2 dollar. Pemilihan CPM juga bergantung pada bisnis yang dijalankan.

Umumnya banyak pebisnis yang ingin cpm di fb mereka rendah. Sehingga dari hal tersebut pebisnis mampu mendapat tayangan lebih banyak dengan biaya rendah. Untuk mendapat perkiraan yang akurat perlu melihat tolak ukur bisnis. 

Cara Meningkatkan CPM di Facebook

Setelah paham apa itu cpm facebook, berikutnya akan membahas cara meningkatkan CPM. Apa arti cpm telah dibahas sebelumnya, dan kegunaannya sangat bagus untuk meningkatkan viewers bisnis. Untuk bisa meningkatkan CPM, perhatikan langkah berikut:

1. Perbaiki Target Calon Konsumen/Audiens

Untuk meningkatkan rata-rata CPM pada bisnis, perlu diperbaiki target konsumen atau audiens. Pada saat membuat iklan, tentu akan berfokus agar konsumen target memperhatikan iklan kemudian berinteraksi. 

Apabila rata-rata CPM iklan fb pada bisnis tergolong tinggi, maka perlu menyaring konsumen target. Sehingga dari proses penyaringan tersebut dapat terjangkau audiens yang banyak dan sesuai dengan tujuan iklan.

Targetkan konsumen yang tepat, perlu diperhatikan beberapa karakteristiknya, yakni:

  • Melihat usia audiens.
  • Jenis kelamin dari audiens target.
  • Jangkauan lokasi audiens.
  • Hobi, minat, dan pekerjaan dari audiens.
  • Jika perlu, perhatikan kebiasaan berbelanja dari para audiens di Facebook.

2. Buat Iklan Lebih Relevan

Jika sudah menyaring target audiens, kemudian buatlah iklan yang relevan dengan target audiens tersebut. Bila ingin audiens berinteraksi dengan iklan yang tampil, maka haruslah sesuai dengan kebutuhan mereka.

Audiens atau calon konsumen akan tertarik dengan iklan yang muncul jika sesuai dengan apa yang dibutuhkan mereka. Menentukan siapa yang ditargetkan dapat menentukan pembuatan iklan yang relevan. Sehingga dengan itu audiens akan banyak berinteraksi.

3. Lakukan Pengujian Iklan

Berikutnya, selain memahami apa itu cpm facebook. Perlu kita pahami agar iklan diuji terlebih dahulu agar kita mengetahui bagaimana performanya di media. Jika belum maksimal maka dapat diperbaiki lagi agar optimal.

Pengujian iklan ini dapat melihat apakah iklan dapat menarik minat para pembeli atau tidak. Sehingga dari hal tersebut dapat diketahui kekurangan dari iklan yang ditayangkan untuk segera dikoreksi kembali.

Jika dirasa iklan kurang menarik, dapat diubah kalimat atau elemen lain agar mencolok mata pembaca. Selain itu, dapat merubah warna atau latar belakang pada iklan yang dipasang. 

4. Perbaiki Copy Ads

Dalam pengujian iklan, tidak hanya elemennya atau grafiknya saja yang diperhatikan. Salinan pada iklan atau copy ads nanti yang mebuat interaksi dengan audiens. Apabila cpm iklan masih tergolong tinggi, mungkin perlu penyempurnaan copy ads.

Umumnya pada sebuah iklan nantinya akan menyoroti sebuah produk baru atau manfaat baru dari produk yang diiklankan. Maka salinan pada iklan tersebut harus tepat sasaran dan menarik audiens. 

5. Tingkatkan Frekuensi Iklan

Jika CPM masih tinggi, maka perlu ditingkatkan lagi frekuensi iklan. Seberapa sering orang melihat iklan akan berpengaruh terhadap CPM. Apabila iklan terus ditayangkan tentu audiens akan merasa terganggu dengan iklan tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut, pertimbangkan pembatasan frekuensi tayangan iklan untuk audiens. Batasan tersebut dapat memastikan bahwa audiens hanya bisa melihat iklan dalam beberapa kali tayangan saja.

PENUTUP

Demikian apa itu cpm facebook serta cara meningkatkannya. Perhatikan tiap tips lain yang dapat dilihat di blog https://posterbit.com/ dalam meningkatkan CMP tersebut agar iklan dapat optimal nantinya. Adanya CPM ini sangat memudahkan para pengiklan.