Pantau Kompetitor Bisnis Anda Dengan Strategi Ini

0 38

Pantau Kompetitor Bisnis Anda Dengan Strategi Ini – Rasa penasaran terhadap strategi dan juga gerak langkah yang ditempuh oleh para pesaing bisnis Anda bukanlah insting yang tak wajar. Namun, hukum mencegah Anda untuk bisa memata-matai pesaing Anda. Hanya karena Anda menghendaki informasi yang lebih banyak mengenai perusahaan mereka.

Memantau Secara Legal

Namun, Anda dapat melakukan beberapa hal yang legal dalam mata hukum untuk menggali lebih banyak informasi mengenai rencana serta langkah mereka.

1. Surat kabar lokal
Bacalah surat kabar lokal yang memuat berita yang memuat informasi atau juga pembaruan mengenai pesaing Anda. Ini cara termudah. Namun, Anda hanya akan mengetahui rencana yang akan segera dilaksanakan jadi janganlah terlalu cepat berpuas diri.

2. Gali lebih banyak dari vendor
Gunakan percakapan yang santai saat ingin bercakap-cakap guna menggali informasi. Anda dapat menyelidiki serta mendapatkan informasi dari vendor Anda mengenai rencana yang dimiliki perusahaan lain.

3. Kunjungi pameran
Jika ada pameran, kirimkanlah sejumlah orang untuk menghadirinya untuk mengunjungi dan mengamati booth mereka. Biasanya para pegawai yang bertugas akan menceritakan berbagai rencana dan informasi ke depan untuk menarik para pelanggan.

4. Penyelidikan dengan tur pabrik
Jika mereka memiliki sebuah pabrik dan menawarkan tur ke dalam bagi pengunjung, janganlah anda sia-siakan kesempatan itu. Kunjungi pabrik mereka serta kumpulkan sebanyak mungkin informasi dari orang yang Anda kirimkan.

5. Mengirim pembeli rahasia
Pembeli rahasia akan bertindak layaknya sang agen rahasia. Beli produk mereka dan temukan kualitas serta informasi yang dibutuhkan. Mereka akan memberikan informasi juga penjelasan kepada konsumen.

6. Penelitian ke situ web mereka
Bacalah semua isi situs web mereka. Sebagian perusahaan sering menyebarluaskan petunjuk mengenai rencana dan visi mereka ke depan, hal ini dapat menjadi alat penunjuk mengenai arah gerakan mereka selanjutnya.

7. Cermati lowongan kerja mereka
Iklan lowongan pekerjaan yang dipublikasikan pesaing juga berperan dalam menunjukkan arah perkembangan dalam perusahaan mereka. Bisa jadi hal tersebut adalah satu potong dari gambar besar yang memuat strategi mereka.

8. Audiens jejaring sosial
Banyak orang mendapatkan informasi detail dari audiens situs web pesaing Anda. Cobalah menemukan berbagai orang itu dan dapatkan informasi menyeluruh yang Anda butuhkan.

9. Penyelidikan melalui Quora
Jika Anda belum menjadi pengguna Quora, tampaknya sekarang Anda harus mencobanya. Quora memuat data yang lumayan lengkap. Mereka juga memiliki sejumlah file yang mereka akan berikan pada investor. Ini akan memberikan informasi mengenai langkah dan rencana mereka. Pertajam pengamatan Anda.

10. Periksa Slideshare
Mereka mungkin lupa untuk menghapus Slideshare mereka. Di stus Slideshare, kita biasanya akan menemukan data lengkap mengenai proyeksi, kalkulasi serta data penting lainnya. Ini harus dimanfaatkan.

11. Kunjungi LinkedIn
Amati situs LinkedIn. Di sini, mereka akan mempublikasikan kabar terbaru perusahaan, video pendek, informasi pra peluncuran produk, serta banyak data spesifik lainnya. Amati gerakan mereka dan  juga gunakan informasi yang Anda miliki untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik.

12. Riset mengenai dokumen publik
Banyak perusahaan biasanya memiliki dokumen-dokumen yang bisa diumumkan ke publik untuk sejumlah tujuan. Anda dapat mengakses dokumen ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Catatan Setelah Formulir Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.